Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Tanda-tanda radang tenggorokan yaitu apabila menelan terasa sakit dan muncul suara parau atau serak.
Pengobatan Radang Tenggorokan:
Untuk mengobati sakit radang tenggorokan secara alami, cobalah cara-cara berikut ini:
1. Berkumur dengan air seduhan daun patikan kerbau.

2. Leher dibalut dengan kain basah, dan kemudian ditutup dengan kain kering. Baiknya si penderita tinggal dalam rumah supaya tidak kena angin.

3. Apabila batuk pakailah obat ini :
Bawang merah : 5 biji
Gula mangkok (hancur) : 5 sendok makan
Air : 1 gelas
Cara meramu: bawang merah diiris-iris, direbus bersama-sama dengan gula dalam air, hingga airnya tinggal setengahnya. kemudian disaring.
Pemakaian: Air rebusan ini diminum tiap jam sesendok makan.

4. Sementara itu orang yang menderita sakit tenggorokan tidak boleh merokok dan memakan yang merangsang, juga tidak boleh mencium bau minyak kayu putih atau sejenis dengan itu.

Anda juga bisa mencoba cara berikut untuk mengatasi penyakit radang tenggorokan secara alami:

Berkumur dengan air garam
Beberapa studi membuktikan berkumur air asin hangat (air putih+garam) beberapa kali dalam sehari dapat meredakan pembengkakan atau radang tenggorokan, membuang dahak, iritan, dan bakteri.

Cara membuatnya :
Sediakan air hangat satu gelas belimbing (250 ml) kemudian tambahkan garam dapur 1 sendok teh (sendok kecil) lalu aduk sampai rata.

Pemakaian:

Berkumur selama 30-60 detik, dengan kepala menengadah ke atas agar mengenai tenggorokan, lalu secara perlahan semburkan udara dari tenggorokan sehingga berbunyi “ghrook, ghrook” seperti orang ngorok. (hati-hati melakukannya jangan sampai masuk ke saluran nafas, kalau hanya tertelan tidak mengapa.)
Berkumur tiga kali dalam sehari.

Dengan Menggunakan Madu
Madu terbukti memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Juga, karena konsistensi madu, sangat menenangkan untuk sakit tenggorokan, batuk dan penyakit bronkial. Madu telah digunakan selama berabad-abad oleh orang-orang terdahulu. Jadi madu untuk radang tenggorokan bukanlah konsep baru.

Campurkan satu sendok makan madu dalam air hangat kemudian diminum selagi hangat. Tidak hanya akan menenangkan tenggorokan, tetapi juga akan membantu melapisi tenggorokan dan melawan bakteri tertentu yang mungkin bersembunyi.

Semoga tulisan tentang pengobatan radang tenggorokan ini bermanfaat.

Artikel Terkait

loading...