Cara Meningkatkan Produktifitas Bisnis Anda


Produktivitas merupakan kunci keberhasilan. Mengapa? Dengan semakin produktif, semakin besar kemungkinan untuk gagal alias melakukan kesalahan. Dan dengan semakin sering gagal atau salah, maka semakin dekat pula jalan menuju sukses.


Tiga unsur penting produktivitas adalah:
1. Bekerja dengan giat dan cerdas.
2. Bekerja dengan orang-orang produktif yang positif.
3. Bekerja dengan sistem yang efisien.

Satu, bekerja dengan giat dan cerdas.
Bekerja giat dan cerdas merupakan langkah awal produktivitas. Bekerja giat saja mungkin tidak cukup untuk menjadi produktif. Bekerja dengan giat dan cerdas sangat memungkinkan seseorang untuk menjadi produktif. Kerja cerdas memberikan kesempatan untuk berkembang secara optimal, bahkan maksimal. Kerja cerdas berarti meng-update diri akan perkembangan-perkembangan terbaru dan mengimplementasikannya di dalam pekerjaan kita. Kerja cerdas juga berarti selalu mencari cara-cara baru untuk menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin, setanggap mungkin, dan sebaik-baiknya.

Dua, bekerja dengan orang-orang produktif yang positif.
Perusahaan-perusahan besar dunia selalu memilih “the right person with the right character for the job.” Demikian pula kita semua. Sebaiknya bekerja dengan orang-orang berkarakter positif daripada “sekadar” pintar belaka. Karakter memang bisa pelan-pelan diubah namun tidak pernah bisa berubah 180 derajat. Sebaliknya, ketrampilan dan pengetahuan bisa dengan mudah diajarkan dan ditularkan asalkan punya niat dan minat untuk belajar dan memperbaiki diri. Memilih orang-orang produktif berpikiran positif merupakan tantangan tersendiri. Orang-orang produktif yang positif merupakan motor kerja keras dan cerdas. Mereka membuat produktivitas semakin tinggi dan bekerja dalam suasana yang lebih positif.

Tiga, bekerja dengan sistem yang efisien.
Bekerja dengan sistem yang efisien sangat membantu meringankan pekerjaan, apalagi jika menyangkut hal-hal yang bisa diotomatisasikan. Dengan berbagai aplikasi software dan website yang bisa dijadwalkan, apa lagi yang tidak bisa diotomatisasikan di zaman sekarang ini? Buatlah sistem sebagaimana SOP alias Standard Operating Procedure. Jalankan hidup dan kerja sebagaimana sebuah perusahaan yang efisien dan produktif. Kuantifikasikan yang bisa dihitung dan tetaplah memegang teguh target yang telah ditetapkan.

Selamat berproduktivitas tinggi!

Artikel Terkait

loading...

Comments