Mengenal Estetika Bentuk Dalam Arsitektur

G+

loading...
loading...
Estetika merupakan sesuatu yang sangat penting dalam menciptakan keindahan bangunan yang kita ciptakan. Disamping dapat menarik perhatian orang banyak, estetika juga memiliki nilai yang tinggi dalam memotivasi orang banyak untuk melihat keindahan rumah.
Didalam filsafat estetika, ada permasalahan estetis yang berkenan yaitu: nilai estetis, pengalaman estetis, perilaku orang yang mencitakan, dan seni.

Estetika selain sebagai filsafat/teori estetik kadang-kadang juga dianggap sebagai ilmu yaitu ilmu tentang hal yang indah dan ilmu yang keindahan yang dapat dilihat oleh panca indra. Menurut Baumgarten,kata estetika berasal dari kata yunani yaitu aistetika(hal hal yang dapat dilihat oleh panca indra) dan aisthetis (pengelihatan indra). Berbeda dengan pendapat yang dikemukakan oleh Jerome stolnitz yang berpendapat bahwa estetika sering dilukiskan penelahan filsafat tentang keindahan dan kejelakan.

Estetika dalam arsitektur merupakan seni visual yang menjadi nilai nilai yang dapat menyenangkan matadan pikiran,yaitu nilai bentuk dan ekspresi yang menyenangkan. Pada bangunan-bangunan yang akan dirancang,nilai estetis dapat dipancarkan dari 3 sumber utama yaitu
1.    sosok bangunan
2.    olahan tampak bangunan
3.    olahan lingkungan sekitar bangunan.

Didalam estetika keindahan terdiri dari keindahan bentuk dan keindahan  ekpresi. Keindahan bentuk seperti:

1.kesatuan
    Kesatuan merupakan tersusunnya beberapa unsur menjadi satu kesatuan yang utuh dan serasi. Untuk mencapai kesatuan ada bebebrapa cara yang dapat dibuat. Misalnya:
                                                                                                                           
-.Dengan bentuk geometris (piramida, kubus, bola, kerucut, silinder) yang dapat     dikenali dan mempunyai bentuk yang utuh.
-.Dengan subordinasi yaitu dengan mengecilkan unsure unsure minor untuk menonjolkan unsure yang lebih penting.
-.Dengan dominansi yaitu dengan memperbesar atau menonjolkan unsure unsur yang lebih besar atau lebih penting


2. keseimbangan
Keseimbangan adalah suatu nilai yang ada pada setiap objek yang daya tarik visualnya dikedua sisi pusat daya tarik seimbang. Keseimbangan terdiri atas 2 bagian yaitu:
-. Bentuk keseimbangan sismetris yang cocok untuk bangunan dengan fungsi yang sama tetapi terbagi dua.
-  bentuk keseimbangan asimetris. Namun keseimbangan ini sangat rumit.

3. komposisi
komposisi merupakan susunan dari beberapa unsur yang tersusun secara seimbang dan serasi.

4.    irama
irama dalam seni visual adalah pengulangan ciri secara sistematis dari unsur unsur yang mempunyai hubungan yang dikenal. Hal-hal yang membentuk irama antara lain: pengulangan (bentuk yang sama muncul berulang kali), irama progresif (tidak ada bentuk yang sama atau jarak yang sama yang diulangi), irama terbuka dan tertutup (pengulangan bentuk yang sama ditambah dengan penutup oleh tanda yang pasti (irama terbuka) pengulangan bentuk yang diberikan awalan dan akhiran (irama tertutup)).

5.    urutan-urutan  
urutan adalah peralihan atau perubahan pengalaman.urutan urutan dalam keindahan yaitu
                                                                                                                   
-. Awal persiapan untuk menghadapi apa yang akan dialami.
-. Pengarahan tidak mutlak harus ada.
-. Klimaks pengakhiran biasa terletak pada sumbu.
Sedangkan urutan dalam stuktur  adalah system yang dipakai secara konsekuen untuk seluruh bangunan.

          Sedangkan keindahan ekpresi adalah misalnya:
1.    karakter
2.    warna
3.    gaya
4.    bahan.   
          Untuk mengenal tekstur dan warna kita harus mengetahui apa itu tekstur dan warna.

    tekstur

tekstur merupakan bagian yang sangat penting didalam elemen desain yang fungsinya sama bagi suatu perencanaan yang maksimal.
Tekstur terdiri atas 2 bentuk yaitu:
a.    tekstur halus(dibedakan elemen yang halus atau warna)
b.    tekstur kasar(terdiri dari elemen yang berbeda corak,bentuk atau warna).

    warna

warna didalam arsitektur digunakan untuk menekankan karakter suatu objek memberikan aksen pada bentuk dan bahannya. Aspek dalam warna dapat ditinjau dari 2 aspek yaitu:

warna ditinjau dari aspek fisika (gelombang cahaya) warna ditinjau dari aspek fisiologi atau faal(efek rangsangan cahaya pada mekanisme mata)

oleh karena itu estetika memegang peranan penting dalam membangun suatu bangunan agar konsep dan bangunan itu menjadi indah dan memiliki keindahan.
Demikian artikel saya kali ini yang membahas mengenai Mengenal Estetika Bentuk Dalam Arsitektur. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian. Terima kasih. Baca Selanjutnya :
loading...
loading...
loading...