Rahasia Simpel Untuk Sukses Buat Anda

Rahasia sukses sebenarnya simpel: Disiplin. Hal ini dikemukakan oleh Dan S. Kennedy dalam bukunya, No B.S. Time Management. Tetapi meski simpel menjalaninya tidaklah mudah. Inilah yang membuat banyak orang gagal disiplin yang akhirnya gagal untuk sukses. Lalu bagaimana agar bisa disiplin? 

Sadari pentingnya waktu. Jika kita menyadari betapa waktu itu penting, kita akan memiliki konsep yang berbeda tentang waktu, mampu menghargai waktu, mampu mengontrol penggunaan waktu, dan mampu meningkatkan potensi kita secara optimal. Dengan demikian akan mudah menemukan apakah waktu kita digunakan secara semestinya atau membuang-buangnya. Mampu memanfaatkannya atau membuang kesempatan. Mampu mengontrolnya atau mengalir begitu saja. Untuk meningkatkan kesadaran itu, langkah pertama adalah menyadari masalah yang dihadapi dan kemungkinan gagalnya. Di samping itu sadari pula adanya kesempatan dan peluang untuk sukses.

Putuskan. Kesuksesan adalah hasil dari suatu keputusan. Tak bisa mengandalkan pada kebetulan. Karena itu harus berani membuat keputusan ke arah yang diinginkan. Lalu kembangkan sesuai dengan perkembangan waktu.

Action. Ada tiga macam action. Pertama, memulai sesuatu atau implementasi, mengikuti, dan menyelesaikan. Ketika kita membuat suatu keputusan, kita harus memulai melakukan sesuatu agar bisa mencapainya. Di situlah pentingnya action. Tanpa action keputusan tak akan pernah dijalankan.

Ketiga hal tersebut bisa mudah bisa sulit. Karena itu perlu disiplin untuk melakukannya. Disiplin sebaiknya tidak bergantung pada dorongan orang lain tetapi harus datang dari dalam diri sendiri. Jika kita disiplin, keajaiban bisa datang. Itulah sebabnya Brian Tracy menulis The Miracle of Self-Discipline: No Excuses! Atau Theodore Roosevelt menyebutkan, “With self-discipline most anything is possible”. Dengan disiplin yang datang dari dalam diri sendiri hampir segala keinginan bisa mungkin diraih.

Artikel Terkait

loading...

Comments