Inilah Obat Tradisional Gondongan/Bengkak Babi

G+

loading...
loading...
Penyakit gondongan yang sering menyerang anak-anak usia 5 hingga 14 tahun ini terjadi karena pembengkakan kelenjar di bawah telinga. Gondongan juga bisa terjadi pada orang dewasa hingga pembengkakan pada testis dan payudara. Gondongan disebabkan infeksi pada kelenjar air liur. Gejala awal gondongan yaitu demam, sakit kepala, dan selera makan berkurang. 

Setelah itu terasa nyeri di sekitar telinga dan sakit saat menelan makanan. Pembengkakan yang terjadi di sekitar pipi juga sakit saat disentuh. Diperlukan penanganan yang cepat untuk mengatasi gondongan karena penyakit ini menular melalui air liur lewat batuk atau bersin. Yaitu dengan cara alami membuat obat gondongan tradisional. Ramuan tradisional memang dikenal ampuh mengatasi gondongan secara cepat dan tepat.

Ramuan racikan sendiri yang bisa kita buat di rumah yaitu dengan menggunakan temu lawak, kencur, kunyit, dan temu ireng yang direbus bersamaan lalu ditambahkan gula aren untuk mengurangi rasa pahit. Ramuan ini diminum dua kali sehari agar terasa khasiatnya. Racikan ini sebagai obat gondongan tradisional yang mengatasi gondongan dari dalam. 

Untuk mengurangi pembengkakan dari luar bisa menempelkan campuran ranting belimbing yang masih muda dengan 4 siung bawang merah pada daerah yang bengkak pada gondongan. Racikan obat sendiri ini dilakukan setiap hari secara rutin sampai gondongan sembuh.


Selain belimbing, daun simbar menjangan, daun tapak dara, dan blau yang dihaluskan juga bisa digunakan untuk mengurangi pembengkakan pada gondongan. Caranya daun simbar menjangan dan garam yang sudah dicampur air kemudian digiling. Setelah itu tempelkan pada daerah yang bengkak. 

Untuk penggunaan blau dan daun tapak dara hanya tinggal dihaluskan dan dicampur dengan air lalu tempelkan pada bagian gondongan yang bengkak. Racikan daun dan blau ini sebagai obat gondongan tradisional yang dapat mengurangi pembengkakan dari luar. Karena gondongan merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan tidak ada obat khusus dan tidak memerlukan antibiotik. 

Yang dapat kita lakukan adalah mengurangi rasa sakit dan mengatasi bengkak agar dapat segera sembuh dari penyakit gondongan.
Demikian artikel saya kali ini yang membahas mengenai Inilah Obat Tradisional Gondongan/Bengkak Babi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian. Terima kasih. Baca Selanjutnya :
loading...
loading...
loading...