Inilah Tanaman Obat Tradisional Untuk Gula Darah

Gula darah merupakan istilah mengenai tingkat glukosa dalam darah. Kondisi gula darah yang tidak normal menyebabkan menurunnya kondisi kesehatan. Gula darah yang disebut diabetes mellitus ini harus berada dalam kondisi normal. Ketika gula darah rendah akan terjadi kondisi tubuh yang terasa lelah dan fungsi mental yang menurun dan disebut hipoglikemia. 

Dalam kondisi akut dapat menyebabkan kehilangan kesadaran. Diabetes tidak dapat diobati hingga diabetes sembuh total. Yang bisa dilakukan adalah menurunkan dan menormalkan kadar gula darah tersebut. Dengan cara alami dan obat tradisional gula darah kita bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Dengan rutin mengontrol gula darah kita akan mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan dalam penanganan diabetes.

Secara medis menurunkan gula darah dilakukan dengan menyuntikan insulin. Tetapi masih ada cara alami untuk menurunkan kadar gula darah adalah menggunakan tanaman herbal brotowali. Caranya 6 cm batang brotowali dipotong dan direbus bersama daun sambiloto dan sepertiga daun kumis kucing. Ramuan tradisional ini diminum setelah makan. 

Sebelum makan tingkat glukosa harus diantara 80 dan 120. Setelah dua jam makan tingkat glukosa harus kurang dari 170. Obat tradisional gula darah ini membantu tubuh mengontrol kadar gula darah agar tidak melampaui batas normal. Untuk lebih mengimbangi kadar gula darah adalah dengan berpuasa karena membuat kadar gula darah tetap normal yaitu antara 70-100.

Tanaman lainnya yang dapat mengatasi masalah gula darah adalah Jus pare. Walaupun rasanya sangat pahit, pare dapat merangsang pankreas untuk mengeluarkan zat insulin yang dapat menurunkan kadar gula darah. Selain di jus sebanyak 200 gram pare juga bisa direbus kemudian airnya diminum. Ada lagi teh hijau yang memang menyehatkan. Selain bagus untuk kesehatan kulit, polifenol dalam teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin. 

Dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin kadar gula darah dapat turun dan kembali normal. Obat tradisional gula darah yang lainnya adalah dengan rebusan mengkudu, lidah buaya, ataupun mahkota dewa yang juga dapat mengatasi gula darah.

Artikel Terkait

loading...