Kasih Sayang Orang Tua Sepanjang Zaman

Dikisahkan salah seorang tabi’in jatuh sakit… Tatkala ibunya datang menjenguknya maka serta merta ia bangkit dan memakai bajunya… Seakan akan tidak terjadi sesuatu apapun pada dirinya… Setelah melihat keadaan anaknya baik baik saja maka pergilah sang ibu… Begitu ibunya pergi, sang anak jatuh pingsan karena menahan sakit…

Setelah sadar dan terbangun dari pingsannya, sang anak ditanya tentang hal itu, maka ia menjawab : Hati para ibu akan tersiksa bila mendengar rintihan anaknya…!
Catatan : Syeikh Ali Ath-Thonthowy رحمه الله menjelaskan :

Bila engkau melihat seseorang melupakan kebaikan kedua orang tuanya atau berbuat buruk kepadanya walaupun hanya dengan kalimat “ah” … Maka janganlah engkau percaya dan bersandar kepadanya…! 

Karena kebaikan apapun yang engkau berikan kepadanya… tidak akan pernah bisa menyamai 1/10 (seperti sepuluh) kebaikan yang telah diberikan orang tuanya kepadanya… Kalau kebaikan dan jasa orang tuanya saja ia lupakan bahkan dia ingkari… apakah engkau berharap ia akan mengingat kebaikan dan jasamu kepadanya…?

Ya Allah…sayangilah kedua orang tua kami dan ampunkanlah dosa dosa mereka dan masukkanlah mereka ke surga-Mu yang luasnya sebagaimana luasnya langit dan bumi…! Allahumma aamiin …!

Artikel Terkait

loading...