Obat Herbal Penyakit Amandel Untuk Anak

Penyakit amandel ditandai dengan adanya bengkak dan tonjolan di daerah kerongkongan sehingga mengalami kesusahan saat menelan makanan bahkan sampai menyebabkan demam. Amandel bisa saja terjadi pada anak anak sampai orang dewasa dan jika sudah terkena penyakit ini biasanya oleh para dokter dianjurkan untuk melakukan operasi. 

Namun selain operasi, anda juga bisa menggunakan obat herbal amandel yang mempunyai khasiat cukup bagus untuk mengobati penyakit amandel. Obat yang dibuat secara diracik ini bisa dibuat dirumah sendiri, akan tetapi anda harus rutin mengobatinya karena obat herbal ini tidak bisa secara instant sembuh.

Penyakit amandel bisa terjadi karena adanya infeksi bakteri, makanan berminyak, asap rokok dan cuaca. Jika anda takut untuk melakukan operasi, obat herbal amandel bisa dibuat dari bahan bahan seperti daun sosor bebek, akar kompi segar dan alang alang. Pengobatan pertama adalah dengan menggunakan daun sosor bebek. Daun sosor bebek mungkin terdengar asing bagi anda yang tinggal di kota. 

Jenis daun ini memiliki rupa yang hampir sama dengan lidah buaya tetapi memiliki ukuran lebih tipis. Daun sosor bebek mempunyai lapisan lilin seperti daun talas dan ujung daun bergerigi. Jika anda patahkan daun ini akan menghasilkan lendir bening seperti daun lidah buaya. 

Untuk mengobati amandel dengan daun sosor bebek dapat dilakukan dengan menumbuk hingga halus setelah itu anda peras. Gunakan air dari perasan tersebut untuk obat kumur akan tetapi jangan sampai ditelan. Lakukan cara tersebut secara rutin agar peradangan amandel anda berkurang.

Obat herbal amandel untuk anak bisa juga dengan menggunakan akar alang alang. Akar alang alang biasanya digunakan ketika sedang mengalami radang tenggorokan. Namun , akhir akhir ini penelitian membuktikan bahwa alang alang bisa digunakan untuk menyembuhkan amandel karena didalam alang alang mengandung zat yang mempunyai khasiat sebagai antiinflamasi. 

Untuk mengolah akar alang alang sebagai obat penyembuh amandel, rebus akar alang alang dengan air sebanyak 4 gelas sampai mendidih, setelah itu tunggu volume air berkurang sampe menyisakan 2 ato 3 gelas kemudian saring air tersebut dan gunakan untuk kumur kumur.

Artikel Terkait

loading...