Obat Tradisional Batuk Berdahak

G+

loading...
loading...
Batuk berdahak juga dapat disebabkan karena adanya peradangan selaput lendir dalam saluran pernafasan. Pada gejala batuk berdahak akut dapat pula disebabkan karena bakteri atau virus influenza, campak, atau tubercolosa. Sebagai alternatif mengatasinya selain menggunakan obat kimia, Anda juga dapat menggunakan obat batuk berdahak tradisional.

Selain itu masih ada alternatif lain obat batuk berdahak tradisional yang bisa Anda coba. Memanfaatkan khasiat dari kencur dan juga jahe dapat menghasilkan bahan obat yang sangat efektif menyembuhkan batuk berdahak.

Jahe dan Kencur
Siapkan Jahe secukupnya dan juga sedikit kencur. Parut jahe hingga halus kemudian campur dengan kencur. Setelah itu rebus dengan segelas air hingga mendidih. Minum hasil rebusan tadi selagi hangat. lakukan hal tersebut sehari 2 kali.

Kunyit dan Merica Kunyit
sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman yang kaya akan kandungan antibiotik. Kandungan tersebut mambu mengatasi peradangan saluran pernafaasan yang mengakibatkan batuk kering. Caranya: siapkan bubuk kunyit sebanyak 1 sendok makan dan merica setengah sendok teh. Masukan campuran tersebut pada air mendidih kemudian aduk hingga rata. Minum ramuan tadi selagi hangat sebanyak 2 kali sehari.

Obati Sakit Maag Tradisional
Penyakit maag ini bisa diobati dengan cara alami. Dan berikut ini bahan-bahan alami untuk mengatasi sakit maag yang bisa Anda temukan dengan mudah.

Daun Jambu Biji
Selain dapat digunakan untuk mengobati sakit perut dan sariawan, daun jambu biji juga berkhasiat dalam mengatasi sakit maag. Caranya, sediakan 8 lembar daun jambu biji yang masih segar, kemudian dicuci bersih. Rebus dengan 1,5 liter air bersih hingga mendidih. Setelah dingin, airnya disaring dan ramuan tersebut diminum secara rutin 3 kali sehari. Pagi, siang dan malam hari sebelum tidur.

Temulawak
Tak bisa dipungkiri, temulawak memang tanaman berkhasiat yang hampir selalu ada dalam ramuan tradisional terutama pembuatan jamu. Namun kali ini kita akan menggunakan temulawak untuk mengobati sakit maag. Caranya, 1 rimpang temulawak diiris tipis-tipis dan diangin-anginkan sebentar, kemudian direbus dengan 5-7 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, saring airnya dan diminum 1 kali sehari 1 gelas.

Daun Salam
Daun salam biasanya digunakan untuk penyedap masakan seperti pindang gunung, pepes, tumis-tumisan dan masakan lainnya. Namun selain dijadikan bumbu masak, daun salam juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit maag. Caranya, rebus 15-20 lembar daun salam dengan setengah liter air hingga mendidih. Tambahkan gula batu secukupnya supaya rasanya sedikit enak. Minum setiap hari sampai rasa penuh dan perih di lambung hilang.

Biji Pala

Sama seperti daun salam, biji pala biasa digunakan masyarakat Indonesia sebagai bumbu masak, misalnya soto, sup atau masakan berkuah lainnya. Namun selain fungsinya sebagai bumbu masak, biji pala juga berkhasiat sebagai obat maag tradisional. Jadi jika Anda mengalami sakit maag ambil 1 gram serbuk biji pala, 6 gram serbuk buah pisang batu diseduh dengan 100 ml air bersih. Ulangi pengobatan tersebut selama 30 hari.
Demikian artikel saya kali ini yang membahas mengenai Obat Tradisional Batuk Berdahak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian. Terima kasih. Baca Selanjutnya :
loading...
loading...
loading...