Obat Tradisional Untuk Mengatasi Penyakit Amandel

Ketika penyakit amandel sudah sangat dirasa begitu sakit cara yang paling cepat adalah dengan cara dioperasi. Walaupun operasi amandel ini tergolong sederhana, namun tetap saja sebuah hal yang menakutkan bagi anak-anak, selain itu juga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan pengobatan penyakit amandel ini dengan cara yang alami. Cara alami terbukti aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan sebuah efek samping.

Penyakit amandel bengkak ini sebenarnya tidak terlalu sulit disembuhkan jika Anda mau disiplin menghindari penyebab-penyebabnya. Berbagai obat herbal yang telah ditulis di atas sudah cukup untuk mengobati sakit ini. Jalan terakhir pengobatan dengan melakukan operasi hanya diperlukan jika ternyata pembengkakkannya sudah sangat parah, dan ini bisa dihindari jika Anda ada komitmen untuk sembuh.

Penyebab Amandel Bengkak dan Cara Mencegahnya
Penyakit amandel bengkak ini sebenarnya tidak terlalu sulit disembuhkan jika Anda mau disiplin menghindari penyebab-penyebabnya. Berbagai obat herbal yang telah ditulis di atas sudah cukup untuk mengobati sakit ini. Jalan terakhir pengobatan dengan melakukan operasi hanya diperlukan jika ternyata pembengkakkannya sudah sangat parah, dan ini bisa dihindari jika Anda ada komitmen untuk sembuh.

Penyakit ini bisa timbul karena berbagai masalah, dan karena posisinya yang terletak di daerah tenggorokkan maka saat mengalami amandel bengkak Anda akan merasa sangat tidak nyaman. Seperti yang tadi sudah dikatakan bahwa amandel berfungsi melindungi anak usia di bawah 6 tahun untuk melawan penyakit. Dan ketika amandel tidak mampu melawan kuman, bakteri atau virus yang masuk di dalam tubuh, maka terjadilah radang atau pembengkakkan ini. Sama dengan luka tubuh di bagian lain, jika terkena infeksi dan tubuh tidak mampu melawannya, akan terjadi pembengkakkan.

Amandel terletak di kedua sisi tenggorokkan, sehingga saat amandel ini membengkak yang terjadi adalah Anda akan merasakan sakit di daerah kerongkongan saat Anda menelan makanan. Selain itu saat mengalami amandel bengkak suara Anda juga akan sedikit berbeda atau yang sering disebut dengan istilah bindeng. Akan tetapi selain dengan jalan mengonsumsi obat amandel tradisional, sebaiknya Anda mencegah dan menghindari terjadinya radang amandel karena pada dasarnya penyakit ini bisa terjadi karena aktivitas sehari-hari.

Penyebab amandel bengkak yang pertama, biasanya terjadi karena asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh Anda masih kurang. Selain itu mungkin Anda juga kurang minum air putih dalam sehari, padahal seharusnya seseorang mengonsumsi air putih minimal sebanyak 8 gelas sehari. Selain itu Anda juga mungkin sering mengonsumsi makanan yang mengandung pengawet atau bahan kimia lainnya. Nah, untuk menghindari kemungkinan terjadinya amandel bengkak, sebaiknya Anda selalu menjaga kebersihan tangan saat Anda memegang makanan. Selanjutnya kami juga menyarankan agar Anda tidak mengonsumsi makanan atau minuman dengan keadaan yang terlalu panas, terlalu dingin, terlalu pedas atau terlalu asam.

Kemudian gejala amandel bengkak ini dapat dikenali dengan segera, yang bisa Anda rasakan sendiri atau bisa dilihat dari luar. Diantaranya adalah amandel berwarna merah dan terlihat lebih besar. Pada kedua amandel biasanya akan timbul bercak yang berwarna putih kekuningan. Tenggorokkan juga terasa sakit, apalagi saat digunakan untuk menelan. Bagian leher yang dekat dengan amandel biasanya juga akan membengkak karena terjadi peradangan pada amandel. Anda juga akan merasa pusing, hidung tersumbat, tubuh pegal, dan juga demam.

Bagaimana? Apakah Anda sekarang sudah paham tentang penyakit amandel bengkak dan juga cara mengobatinya dengan obat amandel tradisional? Hindari hal-hal yang menjadi penyebab peradangannya, obat amandel bengkak macam apapun jika masih saja terkena hal-hal yang menyebabkan radang, maka akan sulit sembuh. Jika dengan langkah-langkah di atas sakit amandel bengkak Anda tidak berkurang, ada baiknya diperiksakan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat.

Obat amandel tradisional bisa menjadi pilihan alternatif untuk mengobati pembengkakkan amandel. Obat tradisional murah dan mudah didapat, lebih aman, dan tidak memberikan efek samping. Amandel yang bengkak bisa mengakibatkan harus dioperasi jika dibiarkan begitu saja dan tidak segera diatasi. Obat tradisional ini terutama cocok untuk sakit amandel ringan ataupun masih pada tahap awal. Jika sudah parah lebih baik diperiksakan ke dokter, dan obat tradisional ini sebagai pendamping obat kimia untuk membantu mempercepat penyembuhan.

Pada dasarnya amandel sendiri bukanlah nama penyakit. Amandel adalah nama dari kelenjar getah bening pada sisi kiri-kanan pada bagian belakang rongga mulut. Pada anak usia kurang dari 6 tahun berguna melawan berbagai macam infeksi penyakit. Barulah setelah seseorang melewati usia 6 tahun, fungsi amandel untuk mempertahankan tubuh dari gangguan penyakit akan mulai tergantikan dengan bagian-bagian tubuh yang lainnya. Seiring berjalannya waktu dan seiring bertambahnya usia, ukuran amandel seseorang makin lama semakin mengecil. Ukurannya hanya membesar apabila terjadi peradangan saja.

Berikut kami informasikan pengobatan tradisional untuk mengatasi amandel pada anak.

Buah mengkudu : Siapkan dua buah mengkudu/pace dan madu secukupnya. Dicuci dan dihaluskan, disaring dan diambil airnya, campurkan dengan 1 buah jeruk nipis dan 1 sendok madu, kemudian aduklah hingga rata. Pakai sebagai obat alami amandel 2- 3 kali sehari, gunakan untuk berkumur dulu selama beberapa menit kemudian baru di minum.

Kulit manggis : 15 gram kulit manggis yang sudah kering dan 2 sendok teh minyak permen. Kulit manggis tersebut direbus dengan 2 botol air sampai mendidih sehingga menjadi 1 botol. Setelah itu teteskan minyak permen dan aduk hingga rata. Minum Sebelum tidur malam hari selama 3 hari berturut-turut.

Lemon dan madu : Campuran air lemon dengan madu ditambahkan air panas dan sedikit garam merupakan obat tradisonal untuk menghilangkan rasa sakit di tenggorokan akibat infeksi yang terjadi pada amandel.

Bawang dan jahe : Untuk pengobatan amandel, bawang dan jahe diblender terlebih dahulu hingga berbentuk seperti jus. Setelah itu baru bisa dijadikan sebagai obat tradisional amandel dengan cara berkumur untuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan.


Sambiloto dan madu : anak amandel Bubuk sambiloto sebanyak 3 – 4,5 gram diseduh dengan 200 cc air panas, tambahkan 1 sendok makan madu, diaduk, lalu diminum hangat-hangat. Atau 30 gram sambiloto segar/15 gram yang kering, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring, airnya ditambahkan 200 cc jus buah nanas, diaduk, lalu diminum untuk 3 kali sehari, setiap kali minum 200 cc.

Artikel Terkait

loading...