Obat Tradisional Untuk Sakit Kepala Serta Kategorinya Yang Mungkin Pernah Alami

G+

loading...
loading...
Permasalahan sakit kepala merupakan hal yang banyak orang alami, namun yang membedakan antara sakit kepala satu orang dengan orang yang lainnya yaitu level sakitnya. Selain itu sebaiknya jika sakit kepala segera ketahui cara mengatasinya.

Penyebab tubuh bisa mengalami sakit kepala yaitu karena tulang tengkorak dan jaringan yang masih berhubungan dengan kepala, masih berhubungan satusama lain dan bisa merasakan sakit juga. Hal ini karena bagian dasar otak dan pembuluh darah pada otot bagian kepala, merupakan tempat yang sensitif dan dapat menimbulkan rasa sakit, yang kemudian rasa sakit tersebut dirasakan pada kepala menjalar ke bagian wajah, mulut bahkan leher.

Selain daripada itu, ada juga saraf jenis sensorik yang disebut dengan nosiseptor yang memiliki tugas untuk memberitahukan kepada otak tentang rasa sakit yang dirasakan.
Dibawah ini merupakan beberapa jenis sakit kepala yang umumnya dialami oleh banyak orang :

1.) Tension Headache
Sakit kepala jenis ini adalah sakit kepala yang biasanya dialami banyak orang. Ketika sakit kepala ini terjadi maka otot pada bagian kepala akan menegang yang kemudian mengirimkan perasaan sakit tersebut menuju otak. Selain itu, sakit kepala ini membuat penglihatan menjadi agak memburuk yang disebabkan oleh adanya ketegangan ini.

2.) Migrain Headache
Migrain juga merupakan jenis sakit kepala yang cukup dikenal banyak orang juga. Sakit kepala migrain ini dikarenakan adanya perubahan pada aliran darah yang menuju korteks serebal. Penyebab rasa sakit diakibatkan oleh dorongan otak karena adanya pembuluh darah yang mengalami pembengkakan. Penyebab migrain biasanya dikarenakan tubuh terkena stress, kurang tidur dan juga cara diet yang buruk.

3.) Cluster Headache
Meskipun jenis sakit kepala ini jarang dirasakan oleh kebanyakan orang namun sakit kepala jenis ini sakitnya bisa terasa parah. Cluster headache bisa mempengaruhi pada salahsatu bagian kepala seseorang. Biasanya penyebab cluster headache ini dikarenakan konsumsi alk0h0l atau juga kafein. Misalnya, pada saat Anda berhenti meminum kopi maka aliran darah akan dibatasi oleh kafein dan bisa menyebabkan seseorang terkena sakit kepala.

4.) Sinus Headache
Sakit kepala juga bisa karean sinus yang mengalami peradangan dikarenakan infeksi. Demam biasanya dirasakan juga pada penderita sinus headache. sakit kepala jenis ini harus diperiksa dengan MRI atau dengan CT scan yang berguna untuk mengetahui adanya perubahan komposisi cairan, atau dengan alat tertentu untuk melihat adanya nanah. Dianjurkan untuk mengunjungi dokter agar sakit kepala dapat dengan segera didiagnosis.

5.) Rebound Headache
Sebaiknya Anda jangan sembarangan ketika mengkonsumsi obat pereda nyeri, hal ini karena obat penghilang rasa sakit yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala. Jenis sakit kepala rebound headache adalah sakit kepala yang biasanya berulang dan kadang kala bisa lebih parah ketika sakit kepala ini diobati. Ada salahsatu teori juga menjelaskan bahwa penggunaan obat yang terlalu banyak bisa mengakibatkan lonjakan respon otak dan akhirnya sakit kepala menjadi semakin parah.

Nah, jenis sakit kepala diatas wajib Anda waspadai karena walau bagaimanapun sakit kepala jangan dianggap sakit yang sederhana, dalam kondisi tertentu sakit kepala bisa menyerang seseorang bahkan terasa sangat sakit.

Pencegahan dini tentu saja menjadi pilihan, bagi Anda yang tidak ingin terkena salahsatu jenis sakit kepala diatas. Anda harus mengetahui penyebab kenapa bisa terkena sakit kepala untuk melakukan pencegahan. Selain itu, beberapa cara bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit kepala secara alami.

Jangan terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan penghilang sakit kepala atau obat-obat penghilang rasa sakit karena akan berpengaruh kurang baik terhadap kesehatan Anda. Penggunaan obat-obatan harus sesuai dengan resep dokter, selain itu jika sakit kepala yang Anda rasakan parah sebaiknya segara lakukan konsultasi dengan dokter Anda, karena sakit kepala juga merupakan salahsatu indikasi masalah kesehatan tertentu yang serius. Berikut pengobatan tradisional yang ada bias lakukan :

Bunga Matahari
Bahan: Sediakan 30 gram bunga matahari, 10 gram jahe, 1 butir telur ayam, dan 600 cc air bersih. Cara pengobatan: Semua bahan direbus dalam 600 cc air hingga tersisa 300cc. Telur ayam dibiarkan tetap utuh. Airnya diminum dan telurnya dimakan setelah makan nasi. Lakukan pengobatan ini secara rutin 2 kali sehari.

Bunga Kenanga
Bahan: Sediakan 15 gram bunga kenanga, 15 gram, dan air bersih sebanyak 400 cc. Cara pengobatan: Jahe dicuci bersih dan diiris-iris, kemudian direbus bersama bunga kenanga dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Saring airnya kemudian diminum selagi masih hangat.

Daun Alpukat

Bahan: Sediakan tiga hingga empat lembar daun alpukat segar, dan segelas air panas. Cara pengobatan: segar dicuci hingga bersih, kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin, airnya diminum satu kali sehari sebanyak satu gelas.
Demikian artikel saya kali ini yang membahas mengenai Obat Tradisional Untuk Sakit Kepala Serta Kategorinya Yang Mungkin Pernah Alami. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian. Terima kasih. Baca Selanjutnya :
loading...
loading...
loading...