Resep Tradisional Obat Alami Penyakit Asam Urat

Umumnya, penyakit asam urat banyak menyerang orang yang lanjut usia. Asam urat ini terjadi akibat adanya penumpukan zat purin pada persendian. Sebab itu, orang yang mengidap penyakit asam urat akan merasakan nyeri di tulang dan persendiannya. Bila tidak segera diobati, penderita asam urat akan berpotensi untuk mengalami kelumpuhan. Tidak hanya itu, berkurangnya nafsu makan pada penderita juga dapat memicu kematian bila terus-menerus tidak mendapat asupan gizi yang cukup. Sebab itu, anda harus segera membuat obat alami asam urat untuk menyembuhkannya secara total.

Obat alami pertama bisa anda buat dengan menggunakan bahan dasar daun cocor bebek. Sebagai pelengkap, siapkan juga kapulaga, cengkeh, kayu manis, pala, jahe, serta segelas air. Cara pengolahannya, cuci dan bersihkan semua komposisi, lalu iris kecil-kecil. Kemudian, masukkan air dan komposisi ke dalam panci, lalu didihkan. Setelah semua bahan tercampur dan matang, saring dan hidangkan minuman. 

Agar obat alami asam urat ini lebih manjur, minumlah setiap 2 kali sehari sambil ditemani rebusan ubi jalar. Resep obat kedua adalah menggunakan bahan dasar daun sidaguri. Untuk melengkapinya, tambahkan jahe, pegagan, daun kumis kucing, dan air satu gelas. Cara membuatnya, haluskan semua komposisi menggunakan blender, lalu rebuslah. Kemudian, saring dan sajikan air rebusan tersebut. Walaupun rasanya akan pahit, sebaiknya anda tidak menambahkan gula karena gula akan bereaksi buruk dengan bahan-bahan lainnya.

Bila anda tidak suka mengkonsumsi jamu, anda pun bisa memanfaatkan buah dan sayur sebagai obat alami asam urat. Sebagai tips, anda bisa buat sup yang lezat dengan komposisi kentang dan jagung. Namun, jangan gunakan MSG agar asam urat tidak semakin naik. Sebagai minumannya, anda bisa buat jus jeruk nipis atau susu rendah lemak. Lalu, bila ingin nyemil, makanlah strowberry, blueberry, atau cerry. 

Semua makanan tersebut memiliki kandungan vitamin C yang banyak, di mana asam urat dapat berkurang dengan asupan vitamin C yang cukup. Anda pun bisa mengkreasikan semua buah-buahan tersebut dalam bentuk yogurt, karena yogurt pun baik untuk menyembuhkan asam urat. 

Artikel Terkait

loading...