Cara Mengantisipasi Kerugian dalam Berbisnis

Mungkin Anda sudah sering mendengar perkataan yang menyebutkan “mau kaya? Berbisnislah”, saat ini dunia bisnis memang sudah menjadi “tambang emas” yang sangat menguntungkan.

Hal ini pula yang membuat dunia bisnis yang semakin hari semakin ramai, sayangnya besarnya peluang bisnis pun kerap memunculkan para pebisnis-pebisnis yang boleh dikata “timbul-tenggelam”.

Suatu saat mereka muncul tapi lama kelamaan mereka kembali tenggelam karena tersapu ombak persaingan. Hal ini terjadi karena mereka mengalami kerugian dalam bisnis mereka.

Disatu sisi bisnis memang sangat menguntungkan tapi disisi lain bisnis pun punya sisi yang sangat kejam, jika Anda tidak bisa menjaga stabilisasi keuangan Anda maka peluang merugi pun semakin besar.

Ibarat kata pepatah “lebih baik mengantisipasi (eh) mencegah daripada mengobati”.

Nah, melirik dari kerasnya persaingan dalam dunia bisnis maka secara normal tentu Anda harus membentuk tindakan antisipasi khususnya tentang kerugian. Mengantisipasi kerugian dalam bisnis sangat penting Anda lakukan sebelum kerugian itu menghampiri Anda.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bermanfaat Anda lakukan untuk mengantisipasi kerugian.

BANGUN SKALA PRIORITAS DALAM ANGGARAN
Skala prioritas merupakan filosofi hidup yang terbukti banyak berguna bagi kehidupan manusia, bahkan filosofi ini juga merupakan cara yang sangat baik untuk mengantisipasi masalah kerugian.

Nah, terapkanlah skala prioritas dalam bisnis Anda khususnya pada perancangan anggaran belanja. Pisahkan kebutuhan bisnis, pribadi dan juga keinginan.

Pastikan Anda mengeluarkan dana anggaran untuk kebutuhan bisnis Anda bukan pribadi Anda. Selain bisa mengantisipasi mimpi buruk Anda skala prioritas juga bisa menstabilkan keuangan Anda.

MANFAATKAN PEMIKIRAN NEGATIF
Seperti yang kita ketahui pemikiran negatif merupakan pola pikir dari sisi terburuk, banyak orang menyarankan untuk menghilangkannya.

Padahal pola pikir negatif itu sangat bermanfaat, salah satu manfaat yang paling nyata adalah tindakan antisipasi. Jangan ragu untuk membangun pemikiran negatif terhadap bisnis Anda karena pemikiran seperti ini akan membantu Anda mengantisipasi kerugian, jangan kan itu pemikiran negatif juga bisa berguna untuk mengantisipasi Anda dari kebangkrutan.

Misalnya, pikirkan dampak terburuk sebelum Anda memutuskan untuk membuat sebuah keputusan atau mengeluarkan dana anggaran Anda.

Disini Anda akan mendapat berbagai macam dampak buruk yang mungkin Anda hadapi, karena Anda mengantisipasinya sebelum terjadi berarti Anda bisa mencegah dampak tersebut tidak terjadi pada bisnis Anda. Inilah pentingnya perencanaan.

Artikel Terkait

loading...