Cara Mudah Mencegah Bisnis Anda Bangkrut

Saat ini bisnis secara perlahan mulai menjamur di tanah air, mulai dari bisnis yang kecil atau bisnis sampingan sampai bisnis dengan skala yang cukup besar. Namun dengan menjamurnya bisnis seperti sekarang ini persaingan pun semakin terbuka lebar, hal ini tak pelak berimbas semakin banyaknya bisnis yang timbul lalu kemudian tenggelam.

Salah satu hal yang paling di takutkan baik oleh seorang wirausaha maupaun pengusaha ialah kebangkrutan atau kerugian. Ini merupakan hal yang patut di hindari karena bagaimanapun juga tujuan di dirikan suatu usaha atau perusahaan ialan mencari keuntungan dan cepat cepat balik modal. Jika kita mengalami kerugian, bukan hanya modal yang tidak kembali, namun juga semangat berbisnis menjadi kendur bahkan banyak sekali orang yang stres karena masalah yang satu ini.

Persaingan yang ketat memang kadang berimbas pada kebangkrutan, hal ini bisa disebabkan banyak hal salah satunya karena perputaran uang tidak berjalan dengan seimbang atau pengeluaran yang harus dikeluarkan lebih banyak dari jumlah pemasukan. 

Hal ini tentunya akan berdampak pada kebangkrutan atau perusahaan gulung tikar. Nah, untuk membantu Anda mencegah bisnis bangkrut, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

TELITI DAN TEKUN
Ketelitian dan ketekunan adalah dua hal yang wajib Anda lakukan dalam bisnis Anda dan untuk mencegah bisnis Anda bangkrut. Saran kami sebaiknya Anda teliti dengan detail setiap pengeluaran yang akan Anda keluarkan, catatlah pengeluaran sekecil apapun itu. Hal ini akan membantu Anda untuk mengatur keuangan Anda lebih sehat.

CERMAT BEREKSPERIMEN
Menjalani bisnis memang menguntungkan tapi Anda juga harus menelurkan ide-ide kreatif yang memang bisa memajukan bisnis Anda. Namun sebaiknya Anda lebih cermat sebelum Anda menjalankan eksperimen Anda, pahami dengan betul kelebihan dan kekurangan sampai kendalan yang bisa Anda hadapi kedepannya. 

Cara ini akan membantu Anda agar Anda bisa memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugian Anda.

KELOLA KEUANGAN PRIBADI DAN BISNIS ANDA SECARA TERPISAH
Kebanyakan pebisnis baru mereka biasanya menggantungkan semua kebutuhannya dari hasil keuntungan yang ia peroleh. Hal ini memang wajar karena keuntungan tentu menjadi sebuah kebanggaan Anda tersendiri, tapi hal ini bisa berimbas pada keuangan bisnis Anda karena secara tidak sadar Anda lambat laun justru akan menghabiskan keuntungan Anda padahal sebenarnya keuntungan tersebut masih bisa Anda gunakan untuk kepentingan bisnis Anda. 

Sebaiknya saat berbisnis Anda memisahkan keuangan pribadi dan keuangan dari bisnis Anda, dengan begitu maka keuangan bisnis Anda tetap sehat.

PELAJARI STRATEGI BISNIS
Strategi pemasaran memang Anda perlukan untuk meningkatkan daya saing bisnis yang Anda geluti. Tapi sebaiknya Anda juga terlebih dulu mempelajari strategi yang akan Anda terapkan, apakah benar-benar efektif dan tidak banyak merugikan perusahaan.

Rahasia Lain Cara Mencegah Usaha/Bisnis Bangkrut
1. Memilih Bisnis Yang Tepat
Sebelum mendirikan suatu usaha kita harus menentukan bisnis apa yang akan kita jalankan nantinya, karena bagaimana pun juga 1000 langkah di awali dengan 1 langkah yang menentukan, ini berarti 1 langkah awal yang tepat akan menentukan nasib usaha kita di kemudian hari. Usaha yang paling tepat untuk anda jalankan ialah usaha yang sesuai dengan minat, hobi, bakat dan keahlian anda. Jangan sekali-kali membuka usaha yang tidak sesuai dengan keahlian yang anda miliki, karena ketika di kemudian hari terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, anda akan sangat sulit menyelesaikannya. Maka dari itu mulailah dengan yang anda kuasai.

2. Memulai Dari Bisnis Yang Minim Resiko
Sebenarnya usaha apapun pasti memiliki resiko, namun jika anda seorang calon wirausaha yang berarti masih pemula harus pintar-pintar mencari usaha yang minim dengan resiko. Karena dengan meminimalisir Resiko yang ada, anda dapat terhindar dari kerugian dan yang paling di takutkan ialah kendurnya semangat berwirausaha.

3. Kerja Keras dan Selalu Berusaha
Setelah anda memulai dengan langkah yang tepat, kali ini anda harus menjalankan usaha anda dengan tepat yakni dengan selalu berusaha sekeras tenaga untuk terus mengembangkan usaha anda, sifat lain yang tak kalah penting ialah jangan mudah menyerah. Karena ketika terjadi sedikit masalah anda menyerah, maka hancurlah sudah kesempatan anda untuk meraih kesuksesan.

4.Tetap Fokus dan Jangan Buru-Buru
Cara mencegah usaha bangkrut yang keempat ialah fokus, fokus merupakan hal yang wajib di lakukan oleh seorang wirasuaha, fokus terhadap usaha yang sedang di geluti dan selalu optimis mengembangkan usaha merupakan hal yang wajib di lakukan jika ingin terhindar dari kebangkrutan. Tetaplah fokus terhadap usaha yang sedang anda geluti, jangan sampai fokus anda teralihkan dengan usaha lain jika usaha pertama anda belum menuai kesuksesan. Ini di lakukan agar anda tidak bingung menjalankan banyak usaha secara bersamaan yang nantinya malah berimbas pada kehancuran usaha.

5. Berdoa dan Bersedekah
Setelah anda memulai usaha dengan langkah yang tepat, kemudian menjalaninya dengan penuh perjuangan dan usaha serta di barengi dengan fokus yang terarah kini saatnya anda berdoa kepada Tuhan YME, dan bersedekah kepada fakir miskin, karena bagaimanapun juga kita hidup harus terus berdoa dan bersedekah.

Artikel Terkait

loading...