Inilah Tips Jitu Menentukan Nama Perusahaan Yang Bagus

Sebuah nama perusahaan bukan hanya tentang menemukan sesuatu yang terdengar benar. Apa yang Anda sebut usaha baru pasti membutuhkan keputusan penting di hari-hari awal perusahaan, termasuk menentukan nama.

Nama usaha akan menentukan nama domain web Anda, merek dagang, dan bagaimana orang mengenali serta mengidentifikasi perusahaan Anda.

Berikut dibawah ini adalah enam tips yang perlu diingat dalam membuat nama perusahaan:

1. Hati-hati terhadap kemiripan bunyi

Pendiri Wakefield, Tarek Pertew, menyarankan hindari penggunaan nama yang memungkinkan orang salah mengeja karena bunyinya yang sama.

Seperti jika Anda memutuskan untuk menggunakan nama Phaser, mungkin orang akan mengiranya Faser, atau Fazer. Mereka akan mengetik domain ke browser dan menemukan merek yang salah.

2. Tunggu ide yang muncul tiba-tiba

Ketika hendak membuat BloomThink, untuk nama media sosialnya, Billy Cripe meraih selembar kertas kosong dan menyuruh anggota keluarganya untuk menuliskan kata-kata yang menarik.

Akhirnya putrinya menuliskan kata "bloom" (mekar) dan "think" (berfikir). Semua orang di meja mengatakan itu nama yang tepat.

Permulaan usaha butuh dikenalkan sering-sering, baik di pertemuan, presentasi, maupun telepon. Gunakan kata-kata yang mudah diingat, dilafalkan ke dalam keyboard, dan punya akurasi serta kemudahan.

3. Biarkan nama Anda menceritakan sebuah kisah

Pertew mengatakan itu bukan berarti nama perusahaan harus panjang seperti cerita. Namun itu dapat dibantu dengan merek yang menghasilkan buzz. Contohnya, nama perusahaan Pertew,  Wakefield, adalah nama karaketer dalam seri novel Tom Swift ke 1900.

4. Buatlah lebih personal

Seringkali, nama perusahaan merupakan perpanjangan dari kepribadian Anda. Caroline Fielding mencoret-coret selembar kertas di malam hari, menuliskan tiga nama cucunya, Dean, Bryan, dan Steven. Dan dia menemukan anam Dryven untuk sebuah aplikasi iPhone. Nama ini lebih mudah diingat bagi pelanggan ketika tahu cerita pribadi di baliknya.

5. Jangan terlalu praktis

Banyak perusahaan menggunakan nama seperti yang mengatakan apa yang dilakukan, seperti Accounting101. Itu mungkin kesalahan, kata CEO Charlie, Harun Frazin. Dia telah mencoba memikirkan nama Socialize.it dan Unclutter.it tapi akhirnya memilih nama Charlie karena itu agak esoterik.

"Tak seorang pun yang ingin memeberi nama dengan apa yang dilakukan, mereka ingin nama yang mewakili sesuatu yang lebih besar dari yang dilakukannya," katanya.

6. Pastikan Anda menyukainya

Proses memilih nama bisa seketika menjadi hal yang bikin sakit kepala berat. CEO Capital Ridge Kingdom, Chris Zepf, mengatakan ia bersama mitra bisnisnya membuang ratusan jam untuk menentukan sebuah nama. Ia mulai dari nama dewa-dewa Yunani, sampai jalan-jalan di Kerajaan Ridge. Dan pada akhirnya ia memakai nama yang disukainya.

Artikel Terkait

loading...