Ingin Memperluas Jaringan Usaha? Perhatikan Hal Ini

Sebagai seorang entrepreneur yang dinamis, tentunya Anda selalu ingin bereskpansi. Namun, adakalanya ekspansi yang Anda lakukan tidak berjalan maksimal seperti yang Anda harapkan dalam tujuan bisnis yang telah dicanangkan.

Berikut ini beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan entrepreneur yang harus diperhatikan saat melakukan ekspansi:

1. Gencarnya pemasaran tanpa diimbangi oleh kualitas.

Pelayanan pelanggan serta tidak ketidakmampuan layanan operasional mengimbangi pesatnya angka penjualan. Industri yang sering melakukan hal ini biasanya dari industri telekomunikasi dan internet, pada perbankan utamanya untuk produk kartu kredit dan kredit konsumernya.

2. Besar pasak daripada tiang.

Ekspansi bisnis yang luar biasa sering tidak dimbangi oleh kesiapan secara operasional ataupun permodalan. Hasilnya seringkali menimbulkan kredit macet dan juga beban dalam neraca keuangan.

3. Kesalahan dalam menilai angka optimum produktivitas.

Banyak para pengambil keputusan ataupun top manajemen seringkali keliru dalam menilai kelayakan investasi maupun ekspansi bisnis. Padahal tidak semua bisnis layak dibuat sebesar-besarnya dan sebanyak-banyaknya.

Ada kurva titik temu antara biaya operasional dengan output produksi yang pantas. Penambahan modal kerja dan mesin (dan juga tenaga kerja) hanya akan menghasilkan investasi yang mubazir.

4. Terlalu percaya kepada sistem.

Ini sangat fatal dan seringkali terjadi pada perusahaan yang baru saja berkembang pesat. Pengawasan dan penilaian serta evaluasi secara kontinyu tetap diperlukan meskipun orang-orang di dalamnya sudah sangat handal.

Terbukti korupsi termasuk korupsi waktu lebih sering terjadi pada orang yang sudah bertahun-tahun di dalam sistem. Orang kepercayaan ataupun bukan orang kepercayaan tetap harus dinilai secara obyektif.

5. Mengabaikan potensi sumber daya manusia.

Ada pepatah yang mengatakan, "Success is about the man behind the gun." Hal tersebut tidak hanya meliputi level pimpinan namun juga anggota tim keseluruhan dari mulai direksi sampai dengan staf terbawah.

Anda tidak mungkin mengatakan bank Anda sebagai yang terbaik jika layanan call centre-nya tidak santun dan mengerti masalah yang dihadapi pelanggan.

Artikel Terkait

loading...