Inilah Pentingnya Perencanaan dalam Bisnis

Sebuah perencanaan bisnis adalah gambaran kegiatan atau program kerja perusahaan atau wirausaha ke depan, melalui program-program yang telah ditentukan sebagai upaya untuk menggapai tujuan bersama.

Perencanaan menggambarkan prediksi dan tindakan yang akan dilakukan daam jangka pendek, menengah, dan panjang oleh perusahaan.

Untuk menggapai tujuan tentunya dibutuhkan perencanaan yang strategis yang mampu mewadahi jalannya perusahaan sesuai dengan situasi dan kondisi. Lantas, pahamkah Anda tentang perencanaan strategis?

Perencanaan strategis adalah perencanaan yang mempertimbangkan tentang apa yang hams dilakukan sebuah organisasi, cara melakukannya, dan arah tujuan organisasi tersebut sehingga sebuah organisasi atau perusahaan akan berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan perencanaan kerja.

Dalam sebuah perencanaan strategis para wirausahawan harus mebuat jawaban atas pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut :

Apa posisi sekarang?
Bagaimana Anda mencapai posisi sekarang?
Bisnis Apa yang Anda jalankan?
Apa perspektif masa depan Anda?
Apa rute yang Anda rencanakan untuk mencapai tujuan Anda?

Tanpa strategi yang mumpuni, maka sebuah perencanaan tidak akan berpengaruh apa-apa dalam implementasi kerja di lapangan. Untuk itu, butuh sebuah formulas! yang jitu untuk sebagai stimulus bagi jalannya perencanaan yangsudah disusun.

Perencanaan strategis mencakup kerangka dan proses yang akan memandu para wirausahawan dalam mengarungi usahanya sehingga terdapat pedoman dalam melakukan tindakan kerja di lapangan. Tuntutan pasar dan perbedaan harapan konsumen yang beragam tentunya mengharuskan Anda untuk melakukan evaluasi dalam perencanaan program kerja.

Ketika sebuah perencanaan sudah tidak relevan untuk diterapkan, sebaiknya Anda menggantinya dengan perencanaan yang lebih baik lagi. Perencanaan yang lebih sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan.

Untuk lebih memperdalam lagi pengetahuan Anda tentang perencanaan strategis, sebaiknya Anda mengetahui karakteristik perencanaan strategis dalam dunia bisnis sehingga perencanaan yang Anda buat tidak keliru.

Perencanaan sebaiknya fleksibel sehingga mudah beradaptasi dengan perubahan yang disebabkan oleh permintaan pasar dan pengaruh lingkungan masyarakat.

Perencanaan sebaiknya bersifat responsif atas lingkungan dan kondisi pasar.

Perencanaan sebaiknya cukup kreatif untuk menginspirasi komitmen dan membuat perencanaan yang dapat menonjolkan perusahaan atau organisasi di dunia bisnis.

Perencanaan sebaiknya menantang, tetapi Anda harus membuat perencanaan yang realistis sehingga orang dapat menerima dan mau bergabung dalam usaha Anda.

Perencanaan harus fokus secara jelas, terdefinisi dengan baik, dan tidak ambigu.

Setelah lama kita berbicara permasalahan perencanaan strategis, tahukah Anda tujuannya dalam sebuah usaha? Berikut ini tujuan perencanaan strategis.

Memberikan pemahaman pada organisasi/perusahaan mengenai posisi organisasi /perusahaan dalam pasar.

Memberikan arahan dan tujuan pergerakan organisasi/perusahaan.
Meningkatkan komunikasi dan motivasi orang-orang yang terlibat dan mengetahui prospek bisnis mereka ke depan sehingga dapat memotivasi mereka untuk bekerja dengan kepercayaan diri dan kerja keras.

Kontrol pada masalah utama seperti kualitas, produksi, dan customer.

Membantu organisasi mencapai hasil yang diinginkan dan menjadi target organisasi/perusahaan selama ini, yang telah tersusun dalam perencanaan bisnis.

Kisah Sukses Joe Hartanto, Figur Wirausahawan yang Pandai Mengatur Strategi Bisnis

Joe Hartanto begitulah namanya, seorang wirausahawan yang jenius yang cerdas dalam bermain strategi kewirausahaan. Usahanya yang dimulai dari nol. Namun, dengan modal kepiawaiannya dalam mengatur strategi dan konsistensinya dalam menjalankan usaha, ia bisa sukses juga.

Meskipun ia sempat mengalami kegagalan berkali-kali hingga terjatuh bangun dalam usahanya tidak lantas membuatnya patah semangat. Pengalaman dari kegagalan-kegagalan yang dialaminya dalam merintis usaha justru menjadi salah satu power yang dimiliki oleh Joe. ia mampu untuk memetik pelajaran dan hikmah dari kegagalannya dalam merintis usaha.

Banyak memakan asam garam kehidupan dunia bisnis membuat Joe menjadi orang yang dewasa dan matang dalam berpikir.

Bisnis yang ia geluti saat ini berbeda dengan bisnis terdahulu, dimana Joe melakukan perubahan pada strategi pengelolaan bisnis. Baik dari pemasaran, pelayanan, dan lain-lain, la lakukan agar sesuai dengan permintaan customer.

Kerja keras dan konsisten tinggi membuat bisnis investasi properti yang menghasilkan passive income dan juga memiliki berbagai divisi usaha yang sukses dan menguntungkan.

Rahasia kesuksesan seorang Joe terletak pada strateginya yang unik dan luar biasa dalam membangun peternakan atau portfolio properti tanpa harus mengeluarkan modal, dan mendapat tambahan modal untuk mengembangkan usahanya yang lain.

Disebabkan efektivitas strategi Joe dalam bidang bisnis tersebut membuatnya mendapatkan keuntungan yang luar biasa, bahkan omzetnya mencapai 20 kali lipat dalam rentang waktu 3 tahun saja.

Betapa pentingnya sebuah strategi dalam merintis sebuah usaha. Terlebih lagi dalam dunia bisnis yang memang menghadapi risiko yang sangat tinggi.

Strategi dalam dunia usaha adalah sebagai power bagi seseorang yang tidak dimiliki oleh orang lain sehingga usahanya tidak mudah tergerus oleh persaingan bisnis.

Strategi yang dilakukan oleh Joe adalah strategi yang luar biasa yang mana ia menerapkan strategi unik yang tidak dimiliki oleh orang lain sehingga menjadikan strategi Joe sebagai sebuah kekuatan tersendiri untuk usahanya.

Sebuah strategi berguna untuk mensiasati dalam pengelolaan bisnis sehingga akan berjalan dengan efektif dan efisien.

Artikel Terkait

loading...