Ternyata Depresi Dapat Merusak Bisnis Anda, Inilah Cara Mengatasinya

Depresi adalah suatu keadaan kejiwaan yang sangat sedih bahkan lebih, yang berakibat terjadinya gangguan pada aktivitas sehari-hari.

Depresi bisa menyerang pada siapa saja, karena banyak faktor yang bisa menyebabkan orang terkena gangguan ini. Keadaan yang tidak sesuai dengan harapan menjadi pemicu seseorang terkena serangan depresi.

Bagi seorang pebisnis, keadaan seperti ini akan sering muncul jiga Anda tidak mampu mengelola diri Anda sendiri.

Tekanan keadaan juga memungkinkan seseorang mudah terkena depresi. Depresi akan sangat mengganggu kinerja sebuah bisnis.

Bila Anda sedang dalam keadaan depresi dan tidak segera teratasi, maka semua bisnis plan Anda akan kacau. Produktifitas Anda pasti akan menurun, kinerja buruk, inovasi menjadi mati dan masih banyak yang lainnya.

Nah, jika Anda merasa dalam keadaan ini, Anda harus mampu mengalahkannya. Jangan sampai dibiarkan berlarut-larut karena akan sangat berbahaya terhadap diri Anda sendiri dan juga bisnis Anda. Coba tips di bawah ini untuk mengusir depresi dalam diri Anda.

1. Berpikirlah Positif

Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah selalu berpikiran positif dalam menghadapi berbagai masalah yang sedang menghimpit.

Berpikiran negatif dalam menghadapi  masalah hanya akan menguras energi Anda. Selain itu, pikiran negatif akan menutup semua solusi yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai pemecah kebuntuan bisnis.

Dengan berpikir negatif, otak Anda akan selalu melihat sisi buruk terhadap sesuatu. Hal ini akan membuat fokus Anda bukan kepada solusi namun Anda akan selalu terjebak dalam masalah yang Anda pikir tidak akan ada solusinya.

2. Sadari Bahwa Sukses Bukan Hanya Tentang Uang

Kebanyakan penyebab depresi yang sering menyerang pebisnis adalah rasa takut akan kehilangan keuntungan finansial. Planning yang sudah tersusun secara rapi, namun ternyata keadaan sama sekali berbeda.

Keadaan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya sehingga mungkin bisa membuat bisnis merugi bahkan sampai bangkrut. Memang keadaan seperti ini sangat berat bagi banyak pebisnis, namun yakini bahwa sukses ataupun berhasil bukan semata mengenai uang saja.

Keberadaan Anda dan kehadiran Anda kepada keluarga, kepada teman dan tentunya juga kepada klien, itu adalah kesuksesan sebenarnya yang sangat membahagiakan.

Mencapai cita-cita visi dan misi sebuah bisnis memang sangat penting, namun demikian jangan sampai Anda meninggalkan momen-momen kehangatan bersama orang terdekat. Sehingga ketika Anda dalam keadaan terpuruk dan depresi Anda merasa tidak sendirian.

3. Lihatlah Apa yang Sudah Anda Capai

Depresi juga bisa menyerang ketika Ana ingin mencapai sesuatu, target misalnya, namun sangat berat dan sangat melelahkan. Kelelahan baik fisik maupun psikis dalam mencapai tujuan yang tak kunjung tercapai ini seringkali menyiksa.

Solusi termudah mengatasi hal ini adalah dengan sesekali melihat apa yang sudah Anda capai dalam bisnis maupun di kehidupan. Ini bisa menyegarkan Anda, sekaligus memberikan suntikan energi yang luar biasa.

Dan itu bisa membawa Anda mendekati sebuah tujuan dengan tanpa Anda sadari. Artinya, keadaan yang lebih nyaman, enjoy dan bahagia, bisa membawa seseorang ke dalam sikap optimis yang positif. Sehingga lebih bisa menikmati perjalanan menuju sebuah target yang sudah ditetapkan.

4. Menerima Keadaan Diri

Keterpurukan dan depresi bisa juga diakibatkan karena sulit menerima keadaan diri umumnya terkait erat dengan kekurangan dan kelemahan yang ada pada diri sendiri.

Bagaimanapun juga Anda harus menyadari dan menerima kelemahan yang ada pada diri Anda, karena tidak ada yang sempurna di dunia ini.

Apalagi dalam dunia bisnis, pasti semuanya tidak akan bisa dijalankan dengan sempurna tanpa bantuan dari orang lain.

Penyesalan terhadap kelemahan dan kekurangan tidak akan bisa menyelesaikan masalah Anda, dan hanya akan membawa Anda ke jurang depresi yang lebih dalam.

Solusi terbaik adalah dengan menyadari dan menerima sepenuh hati keadaan tersebut, lalu perlahan mulai belajar dan membuka diri pada orang lain.

Cobalah berhubungan yang harmonis dengan orang lain, bisa saudara, keluarga dan bisa juga dengan rekan bisnis atau rekan kerja.

Terima keadaan dan apa yang sedang terjadi pada Anda saat ini, tunggulah beberapa saat untuk mengumpulkan energi dan kembali ke dalam keadaan yang lebih baik dan lebih semangat.

Artikel Terkait

loading...