loading...

Kegagalan Merupakan Bukti Awal Keberhasilan

Masih banyak orang yang belum menyadari bahwa kegagalan yang mereka alami adalah sebagai pembelajaran bagi diri mereka yang tidak pernah diajarkan oleh guru atau dosen dibangku pendidikan. Melainkan diajarkan oleh alam agar setiap orang menjadi lebih baik lagi.

Sebuah kegagalan terjadi bukan tanpa sebuah sebab. Kegagalan muncul disebabkan oleh kelalaian setiap manusia, atau kesalahan yang tidak disadarinya. Untuk itu, kegagalan dimaksudkan untuk mengingatkan setiap manusia agar lebih baik lagi.

Kegagalan-kegagalan yang dialami sebagai media pembelajaran untuk bekal setiap manusia untuk melanjutkan perjuangannya dengan memelajarinya sehingga mereka tidak lagi terjatuh pada lubang yang sama, melainkan telah menciptakan sebuah formulasi untuk menghadapinya Tahukah Anda, bahwa setiap orang yang sukses pernah gagal? 

Akan tetapi, mereka tidak berhenti sampai di sana saja. Mereka tetap berusaha untuk lebih baik lagi dengan inovasi-inovasi yang mereka buat untuk terus maju, dan lebih baik lagi.

Akan tetapi, berbeda lagi dengan orang-orang yang menganggap kegagalan sebagai musibah. 

Orang-orang semacam ini akan menjadi terganggu psikologisnya sehingga mereka memilih untuk berputus asa dan berhenti untuk berjuang sehingga mereka benar-benar menjadi seorang pecundang.

Kegagalan memang menyakitkan rasanya, tetapi bukan berarti karena sebuah kegagalan yang menimpa kita, membuat kita berputus asa dan berhenti berjuang. Tindakan tersebut adalah tindakan konyol dan merugikan kita semua. 

Yakinkanlah dalam diri Anda bahwa kegagalan yang Anda alami sebagai media pembelajaran bagi Anda, bukanlah sebuah musibah yang besar yang menghancurkan Anda.

Tindakan tersebut dimaksudkan untuk memotivasi dan mengubah paradigma Anda tentang kegagalan sehingga Anda tidak lagi takut akan sebuah kegagalan, melaikan berani bertindak dengan menjadikan kegagalan yang Anda alami sebagai pembelajaran untuk tidak lagi diulangi. 

Ingat, kegagalan bukan terjadi di saat kita gagal dalam berusaha melainkan di saat kita berhenti untuk berjuang, karena tindakan tersebut jelas membuat hancur diri kita.

Artikel Terkait

loading...