Strategi Membuat Rencana Usaha yang Menarik Bagi Investor

Sebuah rencana bisnis menjelaskan model bisnis, produk, layanan, pasar, strategi, serta kebutuhan pendanaan untuk bisnis baru atau perubahan bisnis yang sedang dikerjakan.

Rencana bisnis diperlukan untuk mendorong investor masuk ke dalam perusahaan. Dengan masuknya investor ke dalam perusahaan diharapkan rencana bisnis yang telah dibuat dapat direalisasikan.

Tentunya diperlukan strategi khusus untuk membuat rencana bisnis menarik bagi investor. Berikut beberapa hal yang dapat Anda terapkan dalam menyiapkan rencana bisnis:

1. Tentukan produk atau jasa yang Anda tawarkan serta bagaimana mengatasi tantangan dalam pasar.

Hal ini akan menunjukkan nilai dalam memecahkan tantangan dengan mengidentifikasi dokumen referensi pelanggan dan referensi industri dari konsultan atau penelitian internal Anda.

Dengan begitu, Anda akan menunjukkan kepada investor bagaimana menempatkan produk atau jasa yang terpisah dari kompetisi.

Di samping itu, tentukan pasar untuk bisnis selama periode lima tahun. Jelaskan bagaimana pasar dapat berubah dari kerangka waktu dan bagaimana bisnis akan merespon perubahan ini.

2. Menentukan strategi bisnis dan langkah-langkah untuk mengeksekusi rencana tersebut.

Rencana bisnis harus menjelaskan tentang potensi kemitraan, saluran penjualan dan proses penjualan. Mengidentifikasi pesaing saat ini dan masa depan dan bagaimana mereka akan bereaksi dengan bisnis di pasar.

Tentukan apakah bisnis tersebut membutuhkan perlindungan paten dan kemungkinan untuk duplikasi produk atau jasa. Jelaskan putaran dana yang diperlukan, rencana penawaran umum perdana dan rencana akuisisi.

3. Buatlah laporan laba-rugi multi-year.

Sertakan proyeksi pendapatan, pengembangan produk, penjualan dan pemasaran, administrasi umum dan pendapatan kotor. Tentukan dana awal yang Anda cari dan bagaimana dana awal akan digunakan.

4. Identifikasi manajemen perusahaan dan staf yang diperlukan.

Meringkas tonggak utama untuk mencapai rencana bisnis termasuk kebutuhan dana, tujuan staf, tujuan penjualan, dan peristiwa besar seperti gerakan ke pasar baru, akuisisi, dan putaran pendanaan berikutnya.

5. Tulis rencana bisnis menggunakan semua informasi yang diperlukan dan rencana pembaharuan rencana bisnis bila diperlukan.

Artikel Terkait

loading...