loading...

Cara Memakai Softlens

Softlens sudah dikenal banyak orang. Tak hanya untuk membantu penglihatan, softlens sekarang ini juga berfungsi sebagai aksesoris atau memperindah penampilan. Mengingat area pemasangan softlens yang tergolong sensitif, yaitu pada mata, diperlukan kehati-hatian dalam pemasangannya. Persiapan pertama yang harus diperhatikan terkait cara memakai softlens adalah kebersihan. Rutinitas kebersihan ini penting untuk menjaga kesehatan mata.

Biasakanlah untuk mencuci tangan dan mengeringkan tangan sebelum memakai softlens. Tak dianjurkan menggunakan kosmetik sebelum memakai softlens. Cara memakai softlens yang terbaik adalah sebelum memakai makeup. Sebelum softlens dipasang pada mata, periksa kembali softlens tersebut untuk memastikan bebas dari torehan atau air mata. Pastikan softlens tidak rusak dan softlens tidak terbalik. Letakkan softlens di ujung jari telunjuk dan tahan pada posisi yang sejajar dengan mata.

Selanjutnya, letakkan jari tengah (dari tangan yang digunakan untuk memegang softlens) untuk menahan kelopak mata bawah lalu tarik ke bawah kelopak mata bawah. Gunakan jari telunjuk atau jari tengah dari tangan yang lain untuk mengangkat kelopak mata atas. Setelah itu, perlahan-lahan tempelkan softlens yang ada pada jari telunjuk tadi ke mata. Lepaskan soflens dengan lembut pada mata, kemudian berkediplah. Langkah ini berlaku untuk mata kanan dan kiri.

Alternatif lain cara memakai softlens adalah dengan membuat softlens menempati posisi tengah mata. Langkah pertama dari cara ini adalah dengan menutup kelopak mata, lalu memijat softlens dengan lembut ke posisi softlens pada mata dalam kondisi mata tertutup. Bisa juga dengan perlahan memanipulasi posisi softlens ke tengah mata dalam posisi mata dibuka. Hal ini dapat menggunakan tekanan jari pada tepi atas atau bawah kelopak mata.

Perhatikan penglihatan setelah memasang softlens. Jika penglihatan kabur, periksa kembali letak softlens karena bisa jadi lensa tidak berpusat pada mata. Jika belum tepat, lepaskan lagi dan ulangi langkah pemasangan. Kemungkinan lainnya, softlens dipasang pada mata yang salah atau pemakaian softlens yang terbalik. Jangan lupa perhatikan tanggal kedaluwarsa dari cairan pembersih dan waktu pemakaian dari softlens itu sendiri.

Artikel Terkait

loading...