Cara Menghilangkan Bau Kaki

Kaki Anda Bau? Hilangkan dengan 3 cara berikut Ini. Kaki memiliki peranan penting bagi tubuh. Namun, tak jarang kita sering lupa memberikan perawatan ekstra pada kaki yang menjadi penopang tubuh.

Sering orang beranggapan kecantikan hanya pada bagian tubuh dan wajah saja. Padahal kesempurnaan dan kesehatan kaki menjadi satu hal yang harus diperhatikan. Seringnya kaki tertutup oleh sepatu dan sandal membuat orang melupakan pentingnya perawatan ini, terutama di bagian telapak, tumit serta jari-jari.

Meski demikian, tak perlu ke pusat kecantikan hanya untuk merawat kaki Anda agar terlihat cantik. Berikut perawatan kaki sederhana seperti dilansir laman Times of India:

Pelembab kaki
Untuk membuat pelembab ini, cukup campurkan tiga sendok makan air mawar, dua sedok makan perasan lemon dan satu sendok teh gliserin murni. Lalu oleskan campuran tersebut pada kaki Anda sambil memberikan pijatan lembut. Diamkan selama setengah jam.

Air untuk merendam kaki
Tambahkan air mawar secukupnya, perasan lemon dan beberapa tetes eau de cologne ke dalam wadah berisi air dingin. Rendam kedua kaki Anda ke dalam campuran air tersebut. Metode ini efektif membersihkan dan menghilangkan aroma tak sedap pada kaki.

Minyak untuk memijat kaki
Campur 100 ml minyak zaitun, dua tetes minyak kayu putih, dua tetes minyak rosemary, serta tiga sendok air mawar. Masukkan campuran keempat bahan alami tersebut dalam botol kedap udara. Anda bisa menggunakan sedikit minyak tersebut untuk memijat kaki.

Tips Mudah Menghilangkan Bau Kaki Tak Sedap
Berikut ini adalah beberapa cara mudah menghilangkan bau kaki secara alami yang bisa coba dipraktekkan.

a) Merendam kaki dengan ramuan khusus
Ada kalanya bau kaki yang muncul pada seseorang tidak tergantung pada kebersihan kaus kaki dan sepatu, namun karena faktor dari dalam atau jenis keringat yang dihasilkan. Oleh karena itu penggunaan kaus kaki dan sepatu yang bersih belum cukup mengurangi aroma tak sedap pada kaki.
Tetapi juga ditambah dengan langkah perendaman telapak kaki dengan air jeruk nipis secara rutin, dengan satu kali terapi membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Aroma yang menyegarkan dari jeruk nipis mampu mengurangi aroma tak sedap pada kaki.
Selain menggunakan jeruk nipis, anda juga bisa menggunakan rendaman bunga seperti bunga kenanga, melatih dan mawar.

b) Mandi menggunakan sabun antiseptic
Aroma tak sedap yang muncul dari tubuh kita adalah akibat adanya keringat yang bercampur dengan bakteri dan kuman. Karena sebenarnya keringat tidak memiliki bau, oleh sebab itu jika kita menggunakan sabun antiseptic diharapkan kuman dan bakteri pada tubuh akan banyak berkurang. 

c) Menjaga kebersihan kaki dan kuku
Usahakan untuk rutin membersihkan kuku dari kotoran, karena kotoran yang terselip pada kuku akan membuat bau kaki menjadi semakin buruk.

Untuk mengurangi aroma tak sedap pada kaki, kita juga harus pandai dalam memilih jenis sepatu maupun kaus kaki. Jika anda seorang pekerja kantor maka pilihlah sepatu yang terbuat dari bahan kulit asli, karena sirkulasi udara akan lebih baik sehingga kulit kaki tidak akan lembab. Kaus kaki yang baik adalah yang terbuat dari bahan katun sehingga dapat menyerap keringat dengan sempurna. Semoga ulasan mengenai cara menghilangkan bau kaki dengan cepat bermanfaat, dan selamat mencoba.

Artikel Terkait

loading...

Comments