Cara Mudah Membahagiakan Istri Anda

loading...
“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.“ (QS : Ar-Ruum:21)

Di dalam islam, Allah telah menyampaikan bahwa laki-laki diftrahkan berpasangan dengan wanita sebagai istrinya dan diorientasikan agar kehidupannya dapat merasa tentram dan nyaman dengan kasih sayang. Untuk mencapai hal tersebut, tentu saja bukanlah suatu yang mudah atau singkat. Untuk itu, membahagiakan istri adalah salah satu langkah yang dapat membentuk keluarga tersebut.

Menjaga Keharmonisan Keluarga
Keharmonisan keluarga dapat tercapai jika masing-masing dari pasangan saling berbahagia dan mendapatkan kenyamanannya masing-masing. Banyak pasangan yang senantiasa bertengkar atau mengalami konflik karena berbagai masalah yang menempa dan tidak bisa menyelesaikannya. Sedangkan, konflik keluarga dapat menyebabkan pada pecahnya keluarga tersebut jika tidak mampu diselesaikan.

Dengan membahagiakan istri, istri akan merasakan kebahagiaan yang akan juga memberikan kembali kebahagiaan tersebut kepada suaminya. Istri yang tidak mendapatkan kebahagiaan akan merasa sulit dan tidak akan bisa juga memberikan kebahagiaan kepada suaminya. Untuk itu, saling memberikan kebahagiaan harus dimulai juga oleh salah satu pihak agar sama-sama memberikan kebahagiaan tersebut.

Membentuk Keluarga Sakinah Mawaddah Wa Rahmah
Keluarga yang sakinah mawaddah dan rahmah adalah keluarga yang nyaman, berkah, dan penuh rahmat dari Allah. Keluarga Dalam Islam, Keluarga Sakinah Dalam Islam, Keluarga Harmonis Menurut Islam, Keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah , adalah hal yang ingin dicapai oleh setiap orang. Tentu saja hal ini tidak akan bisa diperoleh jika masing-masing dari suami atau istri tidak bisa memberikan kebahagiaan atau mencari jalan untuk bisa membahagiakan masing-masing.

Untuk itu, suami sebagai imam keluarga bisa memberikan contoh untuk dapat memberikan kebahagiaan tersebut pada istrinya. Jika masing-masing sudah bahagia, maka pasti akan mudah untuk terus menerus memelihara keluarga, menggapai berkah, dan rahmat Allah. Keluarga yang tidak bahagia, selalu bertengkar, tentu saja akan sulit mendapatkan keberkahan karena yang ada dalam dirinya hanyalah emosi dan pertengkaran.

Mempengaruhi Psikologis Anak-Anak
Istri yang bahagia tentunya juga mempengaruhi pada anak-anak. Seorang istri atau ibu adalah orang yang paling pertama dan sering untuk bertemu dan mendidik anak-anak. Jika seorang istri tidak bahagia tentu akan mempengaruhi anak-anak yang diurus dan dididiknya. Tidak jarang seorang ibu marah dan emosi karena ia tidak mendapatkan kebahagiaan, stress yang menerpa, dan hal lainnya yang memicu emosi.

Untuk itu, membahagiakan istri adalah salah satu jalan atau manfaatnya terhadap psikologis anak anak. Anak-anak yang tumbuh sehat salah satunya adalah karena keluarganya juga sehat dan bahagia.
Ketika membangun suatu rumah tangga, tips menjaga keharmonisan rumah tangga adalah dengan menjaga pula kebahagiaan masing – masing pihak yang terlibat di dalamnya, yaitu suami dan istri. Suami dan istri yang berbahagia dalam pernikahan mereka akan menjadi landasan yang kuat dalam memperkokoh rumah tangganya.

Bahagiakan Istri Anda Biasanya, yang berusaha lebih keras adalah pihak istri. Mereka selalu mencari cara menjadi istri idaman suami dan tips menjadi istri yang baik dan disayang suami. Sementara pihak suami merasa sudah sewajarnya istri melakukan berbagai tugas dalam rumah tangga. Namun tahukah Anda para suami, kalau kebahagiaan istri juga bisa menjadi tips menjaga keharmonisan rumah tangga.

Lalu bagaimanakah cara membahagiakan istri yang benar, supaya istri tetap senang dan ikhlas dengan perannya dalam rumah tangga? Sebenarnya, membahagiakan istri tidak harus diukur dari materi. Selain kecukupan materi, sebenarnya istri justru akan lebih mendambakan kasih sayang dan perhatian dari suami. Cobalah untuk melakukan beberapa hal berikut ini bagi istri Anda dengan berbagai cara membahagiakan istri tercinta :

1. Tunjukkan rasa cinta kepada istri
Rumah tangga tanpa cinta akan terasa hambar dan tidak membuat bahagia. Tunjukkanlah rasa cinta suami kepada istri dengan cara yang tulus yang bisa dirasakan oleh istri, dengan demikian istri akan merasa bahagia. Salah satu caranya adalah dengan berlaku lemah lembut kepada istri.

2. Jadilah suami yang setia
Jika sudah menikah, maka tidak ada bagusnya kalau masih saja bersikap genit seperti ketika masih lajang. Tidak ada yang lebih membahagiakan istri kecuali suami yang bersikap setia kepadanya dan tahu cara menjaga pandangan mata terhadap lawan jenisnya. Kesetiaan akan menjaga istri tetap bahagia dan menjadikan pernikahan harmonis.

3. Bimbing istri dalam ibadah
Seorang istri membutuhkan bimbingan suaminya dalam beribadah agar dapat meningkatkan pengetahuannya mengenai ajaran agamanya, dan menjadi manusia yang lebih religius. Istri akan merasa bahagia apabila suami bisa membawanya ke arah yang lebih baik sebagai manusia.

4. Sediakan waktu untuk istri
Biasanya suami memang lebih sibuk dengan pekerjaannya di luar rumah. Namun hal itu tidak dapat menjadi alasan untuk mengabaikan istri dan tidak memberikan perhatian kepada kebutuhannya. Luangkan waktu diantara kesibukan Anda sebagai suami untuk mendengarkan keluh kesah istri dan ceritanya tentang keseharian di rumah.

5. Jangan pernah menghina istri
Mungkin ada diantara para suami yang merasa kurang sabar dengan kekurangan istri. Tetapi itu tidak menjadikan alasan untuk menghinanya, terlebih lagi jika dilakukan di depan umum. Tidak saja akan menghancurkan harga diri istri, tetapi dia akan menjadi sangat tidak bahagia. Sampaikan saja ganjalan dengan suara yang lembut dan bahasa yang baik, maka itu sudah cukup.

6. Menjaga penampilan diri suami
Pada umumnya para istri akan senang jika suaminya bisa menjaga penampilannya. Tentu saja tidak perlu sampai menjadi hobi mematut diri di depan cermin seperti wanita, namun sekedar tahu pentingnya menjaga kebersihan dan penampilan sudah akan menyenangkan sang istri.

7. Berikan kejutan sekali – sekali
Sesekali berilah kejutan kepada istri untuk menyenangkan hatinya. Lakukan hal ini pada saat momen yang penting, misalkan ulang tahun istri, ulang tahun perkawinan dan tanggal – tanggal penting lainnya. Bentuk kejutannya tentu terserah kepada suami yang lebih mengetahui cara memanjakan pasangan melalui hal apa saja yang akan disukai istrinya.

8. Bantu istri dalam pekerjaan rumah
Mungkin para suami sudah kelelahan dengan pekerjaannya sehari – hari sehingga tidak berminat membantu pekerjaan istri di rumah. Namun para istri juga manusia biasa, yang bisa merasa lelah dan sakit. Mengerjakan pekerjaan rumahpun tidak semudah kelihatannya, bahkan seringkali sama lelahnya dengan pekerjaan kantor. Meluangkan waktu untuk membantu istri di rumah walaupun sedikit sudah bisa membuatnya bahagia.

9. Sering memuji istri dengan tulus
Cara menghargai orang lain termasuk istri adalah dengan menunjukkan penghargaan terhadap hal – hal yang dikerjakannya, yaitu hal yang baik. Suami dapat memuji istri atas hasil pekerjaannya misalkan jika istri memasak yang enak, tahu cara mendidik anak yang baik atau jika rumah sudah bersih dan rapi, dan berbagai hal lainnya untuk membuat istri bahagia. Selain pujian, beri ucapan terima kasih jika istri sudah melakukan tugasnya.

10. Jangan pelit
Tidak hanya ada penyebab istri durhaka kepada suami, tetapi ada pula sifat durhaka suami terhadap istri. Sifat durhaka suami itu salah satunya adalah pelit dalam urusan keuangan. Salah satu tugas suami untuk memberi nafkah kepada istri, karena itu bermurah hatilah terhadap jatah keuangan untuk istri agar istri bahagia dan tidak bingung memikirkan masalah uang.

11. Sering mengajaknya bercanda
Suami yang tidak memiliki rasa humor dan tidak tahu caranya mengajak istri tertawa sudah pasti tidak akan bisa membahagiakan istrinya. Rumah tangga yang dingin dan tanpa tawa akan menyiksa batin dan menjadi penyebab perceraian di Indonesia. Bahagiakan istri dengan memelihara rasa humor Anda sebagai suami sehingga ia dapat selalu tertawa. Seringlah perlihatkan senyum Anda di hadapannya untuk membuat hatinya senang.

12. Bisa menjaga rahasia istri
Antara suami istri tentunya sudah tidak ada rahasia lagi yang tersimpan. Seorang istri menyimpan rahasia suami dan begitu pula sebaliknya. Istri akan merasa bahagia jika suami bisa menyimpan rahasia yang dia percayakan kepada suaminya dengan baik. Membongkar aib atau rahasia istri akan menjadi penyebab suami istri sering bertengkar.

13. Biasakan mendengarkan
Bila istri mempunyai sesuatu hal untuk dibicarakan, usahakan untuk mendengarkan dan menyimak perkataannya. Juga dahulukan cara bermusyawarah sebagai cara menghadapi masalah keluarga. Istri akan merasa bahagia jika suami mau mendengarkan pendapatnya terlebih dulu sebelum membuat keputusan.

14. Ijinkan istri untuk tetap bergaul
Istri yang bahagia adalah istri yang diijinkan tetap mempunyai kehidupan dan pergaulan sosial setelah menikah. Janganlah mengekang istri untuk tinggal di rumah saja. Bagaimanapun ia tetap seorang manusia yang membutuhkan pergaulan sosial. Ijinkan istri untuk sesekali bertemu keluarga dan teman – temannya, tentu saja jika hal itu masih termasuk dalam hal kebaikan. Jika perlu, temani istri saat akan keluar rumah. Hal itu akan menjadi cara suami memperlakukan istri dengan baik.

15. Tidak mengabaikan istri dalam hal kebutuhan seksual
Cara mencegah selingkuh dan cerai dalam suatu rumah tangga adalah dengan memenuhi kebutuhan seksual dengan baik. Kebutuhan seksual adalah salah satu sumber kebahagiaan seorang istri. Suami yang memperhatikan kebutuhannya dengan baik akan bisa membuatnya bahagia. Jika suami tidak cukup peduli pada aspek seksual dalam perkawinan, bisa jadi istri akan merasa sedih dan menduga suami tidak menyayangi dirinya lagi, bahkan dia bisa curiga bahwa suami selingkuh.

Masih banyak hal yang bisa membahagiakan seorang istri, dan para suami akan mengetahui hal tersebut seiring dengan berjalannya pernikahan. Yang perlu diingat untuk para suami adalah agar membiasakan diri melihat istri sebagai partner untuk mengelola rumah tangga, agar para suami mengerti pentingnya peran istri dalam perkawinan mereka, sehingga dapat menghargai istri dengan baik dan membuatnya bahagia.

Artikel Terkait