loading...

Jika Istri Pengen Cepat Hamil Jauhi Makanan Ini

Menurut kajian agama dan beberapa dokter dan pakar kesehatan, ada beberapa jenis makanan tertentu yang jika dikonsumsi, dapat menghambat mengganggu kesuburan pria dan wanita. Jadi, bagi para wanita yang telah menikah dan ingin cepat hamil, sebaiknya mereka selalu menjaga pola makan serta  selalu memperhatikan jenis makanan atau minuman yang dikonsumsi, karena beberapa jenis makanan telah disinyalir dapat menghambat terjadinya kehamilan.

Menurut Kajian Agama Islam
Pengantin putri dilarang memakan cuka dan qasbur selama tujuh hari, maka peliharalah keterangan saya ini. Susu, apel, dan buah-buahan yang rasanya asam itu semua di khawatirkan bisa menghambat kehamilan, wahai kawan."

Syekh penazham menjelaskan, bahwa pengantin putri selama tujuh hari dilarang memakan makanan yang termasuk dalam nazham tersebut dan semisalnya yang dapat menimbulkan hawa panas. Begitu juga makanan yang pahit-pahit, seperti turmus, zaitun, dan kacang-kacangan, karena itu semua dapat mematikan syahwat dan menyebabkan orang tidak bisa hamil. Sedangkan tujuan utama pernikahan adalah melahirkan keturunan.

Rasulullah Saw. bersabda:
"Nikahlah dan berketurunanlah, karena sesungguhnya aku akan membanggakan banyaknya jumlah kalian dihadapan umat terdahulu."

Dan hadist-hadits lain makanan yang dianjurkan untuk dimakan pengantin wanita adalah, daging ayam, jambu, apel yang sudah manis, dan buah-buahan lainnya.

Dianjurkan
Wanita yang sudah hamil sebaiknya memperbanyak mengunyah menyan Arab dan menyan Luban, karena ada hadist yang menerangkan, Rasulullah Saw. bersabda:
"Wahai kaum wanita yang sedang hamil, berilah makan anak yang dikandungan kalian dengan menyan Luban, karena menyan luban itu bisa menambah akal, menghilangkan riya', memudahkan untuk menghafal, dan bisa menghilangkan sifat pelupa pada diri anak."

Sedangkan anjuran untuk makan jambu berasal dari keterangan yang diriwayatkan oleh Imam Yahya bin Yahya, dari Khalid bin Ma'dan:
"Makanlah oleh kalian (wanita-wanita yang sedang hamil) jambu safarjal dapat mempercantik anak."

Adapula riwayat yang menyatakan, bahwa suatu kaum melapor kepada Nabi Saw. tentang kejelekan anak-anaknya. Maka Allah Swt. memberi wahyu kepada Nabi-Nya: 
"Perintahkanlah mereka agar memberi makam buah jambu safarjal kepada wanita-wanita yang hamil pada bulan ketiga dan keempat kehamilannya."

Menurut Kajian Dokter Dan Pakar Kesehatan
Disamping itu hendaknya wanita yang sedang hamil selalu menjauhi makanan yang jelek dan banyak campurannya. Apa sajakah jenis makanan yang harus dihindari saat ingin hamil? berikut ini diantaranya :

1 Soda
Makanan atau minuman yang mengandung soda sangat tidak baik dikonsumsi bagi para wanita yang sedang dalam masa kehamilan maupun para wanita yang sangat ingin untuk segera hamil. Mengapa? Karena bahaya soda bagi ibu hamil pada makanan atau minuman, memiliki kandungan gula dalam jumlah yang sangat tinggi dan hal ini akan dapat menyebabkan bahaya obesitas bagi ibu hamil serta dapat meningkatkan kadar gula di dalam darah kita. Selain itu, makanan atau minuman yang bersoda juga mengandung bahan pengawet dan bahan kimia sintetik lainnya yang dapat meningkatkan produksi racun bagi organ tubuh kita, termasuk organ vital. Racun-racun tersebut nantinya dapat menghambat proses detoksifikasi dalam tubuh dan akibat yang bisa timbul dari kondisi tersebut adalah dapat menghambat kesuburan.

2 Kafein
Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti bahaya kopi dan teh bagi ibu hamil ternyata juga tidak baik bagi wanita yang ingin cepat hamil. Mengapa? Karena berdasarkan dari berbagai hasil penelitian telah menunjukkan bahwa bahaya kafein bagi ibu hamil dapat meningkatkan resiko terjadinya penyempitan pembuluh darah, dan salah satu akibat dari kondisi tersebut adalah terhambatnya aliran darah yang menuju ke rahim. Jika hal itu terjadi, maka akan dapat menyebabkan sel telur mengalami kesulitan untuk bertahan.

3 Alkohol
Ini adalah salah satu jenis zat yang berbahaya bagi tingkat kesuburan Anda. Kenapa begitu? Karena senyawa ini merupakan salah satu penyebab yang dapat menghambat fungsi atau kinerja organ hati, di mana hati merupakan organ tubuh yang berkaitan erat dengan produksi hormon seks pada pria dan wanita. Ketika organ hati menjadi terbebani, maka hal ini akan menyebabkan menurunnya jumlah produksi hormon testosteron dan hormn esterogen. Bahaya alkohol saat hamil berpengaruh besar terhadap proses ovulasi, di mana akan menyebabkan tidak teraturnya proses ovulasi. Sedangkan pada pria, alkohol akan dapat merusak kualitas sperma sehingga menghambat proses sel telur.

4 MSG (Monosodium Glutamat)
MSG merupakan zat aditif yang dapat mempengaruhi tingkat kesuburan, baik itu pada pria maupun wanita. Dikatakan demikian karena Monosodium Glutamat merupakan zat yang dapat berpengaruh terhadap aktivitas hormon di dalam tubuh. Salah satunya adalah hormon esterogen yang merupakan hormon seks pada wanita. Bahaya MSG bisa menyebabkan hormon esterogen menjadi tidak seimbang, sehingga pada akhirnya hal ini akan berpengaruh terhadap tingkat kesuburan pada wanita tersebut.

5 Makanan yang Mentah
Mengkonsumsi makanan yang mentah memang telah menjadi gaya hidup bagi sebagian kalangan masyarakat. Tak jarang kita menyaksikan kebiasaan beberapa orang di sekitar kita yang gemar mengkonsumsi makanan seperti daging, ikan, dan beberapa jenis makanan dalam kondisi yang tidak matang alias masih mentah. Nah, bagi Anda ibu muda yang sedang mencanangkan program kehamilan, sebaiknya menghindari cara mengkonsumsi makanan seperti itu. Kenapa? Karena kebiasaan tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan organ reproduksi kita. mengkonsumsi makanan seperti ikan yang masih mentah bisa meningkatkan resiko terpapar bakteri salmonella yang disinyalir sebagai bakteri yang berbahaya bagi janin.

6 Makanan laut yang mengandung merkuri
Beberapa jenis ikan seperti ikan hiu, todak, makarel, marlin, serta ikan tuna sirip biru telah diyakini terpapar oleh kadar merkuri dengan kadar yang cukup tinggi. Kita tahu bahwa merkuri merupakan salah satu zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Zat tersebut dapat mengendap di dalam tubuh kita yaitu di dalam darah selama bertahun-tahun lamanya. Dan salah satu dampak yang ditimbulkan dari zat tersebut adalah pada kehamilan, di mana hal itu bisa menyebabkan gangguan pada perkembangan sistem saraf dan otak janin.

7 Kedelai
Meskipun kedelai telah digadang-gadang sebagai salah satu makanan yang paling menyehatkan tubuh, akan tetapi lain ceritanya jika saat ini Anda sedang merencanakan program untuk hamil. Makanan yang harus dihindari saat ingin hamil, yakni yang bahan utamanya adalah kedelai seperti susu kedelai, dan lain sebaikanya. Mengapa? Karena kedelai memiliki kandungan hormon estrogen tanaman yang bisa menyebabkan terjadinya perubahan siklus haid pada wanita. Selain itu, ketika mengkonsumsi segelas susu kedelai, maka hal itu dapat menjadi penyebab kemandulan.

8 Makanan yang mengandung lemak trans
Lemak trans atau lemak yang terhidrogenasi juga memiliki peranan yang cukup penting terhadap tingkat kesuburan seorang wanita. Hasil penelitian menyatakan bahwa konsumsi lemak trans sebanyak 4 gram saja bisa meningkatkan resiko bagi anda untuk mengalami masalah kesuburan hingga 30%. Untuk itu, bagi Anda para wanita yang sedang mengharapkan ingin cepat hamil, biasakan diri Anda untuk menghindari konsumsi makanan yang disinyalir sebagai sumber lemak ini, seperti gorengan, dan lain sebagainya.

9 Makanan yang mengandung xenoestrogen
Xenoestrogen merupakan zat toksin yang struktur kimianya menyerupai esterogen, sehingga seringkali hal ini bisa menipu, di mana ketika tubuh mengira bahwa itu adalah esterogent tapi kenyataannya itu adalah xenoestrogen. Beberapa sumber xenoestrogent adalah makanan yang dipananskan dengan menggunakan plastik serta residu pestisida sayuran dan buah-buahan. Xenoestrogen bekerja dengan menempati sel-sel reseptor estrogen serta mengganggu sistem metabolisme tubuh termasuk proses ovulasi yaitu dengan mengirimkan signal toksinnya.

10 Terong
Jika anda seorang wanita yang menginginkan untuk segera hamil, maka sebaiknya anda harus mengurangi konsumsi terong. Mengapa? Karena di dalam sayuran tersebut terdapat kandungan solanin yang dapat menekan terjadinya proses ovulasi. Dengan kata lain terong bisa menghambat kesuburan anda.

Apa yang kita konsumsi di masa kini bisa memberikan pengaruh besar terhadap kesehatan kita di masa mendatang. Ya sama halnya dengan kehamilan, jika seorang wanita menerapkan konsumsi makanan yang sehat sebelum masa kehamilan berlangsung, maka nantinya jika wanita tersebut hamil maka dirinya dan juga janin yang ada di dalam kandungannya juga akan selalu sehat. Akan tetapi jika seorang wanita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat sebelum masa kehamilan, maka hal itu bisa membahayakan kondisi baik itu dirinya sendiri maupun janinnya nanti. Waspadalah!

Artikel Terkait

loading...