Mekanisme Dan Cara Pendaftaran CPNS 2017

Hari ini pendaftaran CPNS 2017 telah dibuka tanggal 1 Agustus 2017 pada jam 10:00 pagi tadi dengan mekanisme alur pendaftaran CPNS 2017 seperti gambar berikut dibawah ini. Silahkan login langsung ke situs https://sscn.bkn.go.id atau Untuk Registrasi klik disini.
Calon pelamar diharapkan melakukan registrasi online melalui situs https://sscn.bkn.go.id Atau Klik Disini, dengan mengisi form yang telah tersedia menggunakan data kependudukan yang valid, yakni Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP)/ NIK pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor KK seperti terlihat pada gambar dibawah ini ketik kode yang terlihat trus ketik lanjutkan. klik disini Untuk ke form Registrasi.
Selanjutnya lengkapi biodata seperti format gambar di bawah ini, maaf ini punya teman saya yang minta tolong didaftarkan saya sajikan sebagai contoh buat teman-teman yang lain biar lebih mudah nanti daftarnya setelah selesai kemudian isi kode captcha lalu daftar.
Setelah pendaftaran berhasil silahkan cetak informasi pendaftaran dan login kembali atau klik disini untuk login

Dalam melakukan pendaftaran sistem online pendaftar akan mendapatkan KARTU INFORMASI AKUN SSCN 2017 seperti pada gambar dibawah ini.

Selanjutnya step 1 mengisi biodata pelamar klik disini untuk login setelah melakukan pengisian kemudian simpan


Step 2 pilih jenis formasi UMUM, Jika anda Lulusan terbaik Pilih Lulusan Terbaik atau Anda Putra dan Putri Papua silahkan pilih Putra dan Putri Papua, kemudian klik CEK jika ingin membatalkan untuk menganti instansi atau formasi lain silahkan Klik Daftar atau klik disini untuk mengganti instansi yang ingin dipilih kemudian klik CEK Kembali.
Terakhir setelah menentukan jenis formasi dan instansi yang diinginkan kemudian tombol CEK diklik serta mengisi data seperti gambar dibawah ini, isi kode, klik kotak untuk ceklist sebagai tanda setuju lalu daftar.
Step 3 Riwayat Pendaftaran CPNS 2017 anda dinyatakan berhasil apabila tahapan 1 dan 2 yang telah anda lakukan telah terlist pada menu Riwayat Tersebut terkait Instansi dan jenis formasi pilihan anda. Silahkan upload dokumen anda dalam bentuk format JPG dengan kapasitas maximal 200 Kb yang meliputi jenis dokumen berikut :
Setelah proses upload selesai silahkan cetak nomor ujian anda pada menu riwayat. Selanjutnya silahkan cetak dokumen-dokumen yang dibutuhkan pada masing-masing instansi untuk dikirim melalui kantor pos terdekat sebelum tanggal 31 Agustus 2017 untuk lebih jelasnya silahkan baca disini.

Demikian info yang dapat saya berikan semoga bermanfaat dan membantu anda untuk menjadi seorang PNS. Untuk Selanjutnya silahkan baca disini terkait persyaratan dan jadwal pelaksanaan test untuk masing-masing instansi.

PERHATIAN :

1 PENDAFTARAN PESERTA SECARA ONLINE:
Untuk melakukan pendaftaran secara online, Calon Pelamar CPNS wajib mempersiapkan :
  • NIK (Nomor Induk Kependudukan) Calon Pelamar, Nomor Kartu Keluarga, dan NIK Kepala Keluarga yang tercantum sesuai pada Kartu Keluarga
  • Data-data lain sesuai dengan syarat pendaftaran yang ditentukan oleh masing-masing Instansi (dapat dilihat di menu Pengumuman)
Pendaftaran awal untuk akun Calon Peserta Seleksi di Portal SSCN (https://sscn.bkn.go.id) dilanjutkan dengan pendaftaran formasi jabatan sesuai dengan kualifikasi pendidikan pelamar pada masing-masing Instansi. Untuk Instansi yang menggunakan SSCN dapat langsung ke menu login di Portal SSCN, sedangkan untuk Instansi yang tidak menggunakan SSCN, dapat melanjutkan ke Portal pendaftaran Instansi.

2 PENDAFTARAN HANYA DI 1 (SATU) INSTANSI :
Calon Peserta Seleksi diberikan kesempatan melamar hanya di 1 (Satu) Instansi untuk 1 (Satu) pilihan nama jabatan dalam 1 (Satu) jenis formasi Jabatan (Formasi Umum/Formasi Khusus Lulusan Terbaik (Cumlaude)/Formasi Khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat/Formasi Khusus Disabilitas) pada 1 (Satu) Periode pendaftaran.

3 SELEKSI :
Seleksi atau tes dilakukan secara nasional dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dan tahap seleksi atau tes selanjutnya yang ditentukan oleh masing-masing Instansi

4 PENGISIAN DATA :
Semua informasi atau data yang diisikan dalam formulir pendaftaran berdasarkan dokumen asli secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Apabila data yang diisikan tidak benar, maka Calon Pelamar dapat dinyatakan gugur dan tidak dapat diproses lebih lanjut.

5 PERSYARATAN KHUSUS/TAMBAHAN
Instansi baik Pusat maupun Daerah yang membuka penerimaan seleksi CPNS Tahun 2017 mempunyai syarat pendaftaran khusus sesuai dengan kebutuhan masing-masing Instansi. Untuk itu, harap Calon Peserta Seleksi membaca secara cermat dan teliti pengumuman sebelum menentukan atau memilih salah 1 (Satu) Instansi.

Demikian info yang dapat saya berikan semoga bermanfaat dan membantu anda untuk menjadi seorang PNS. Melihat pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kegagalan mendaftar banyak disebabkan karena kecerobohan dan ketidakcermatan pendaftar. Oleh karena itu, pelamar dianjurkan agar membaca dan memahami secara baik seluruh ketentuan dan persyaratan pelamaran. “Kegagalan mendaftar umumnya disebabkan kecerobohan calon peserta. Antara lain kesalahan dalam melakukan input data. Karena itu, persiapkan kelengkapan data yang dibutuhkan terutama KTP dan KK.

Sejumlah berkas untuk pendaftaran CPNS itu antara lain dokumen (print out) Kartu Pendaftaran Registrasi Online, lalu surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani di atas materai Rp 6.000 yang ditujukan kepada Sekretaris Mahkamah Agung RI, fotokopi KTP, fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi, surat keterangan akreditasi dari BAN PT, serta pas foto terbaru ukuran 4 cm x 6 cm sebanyak empat lembar dengan latar belakang merah dan menuliskan nomor registrasi online dan nama pelamar di belakang foto tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan baca disini terkait persyaratan dan jadwal masing-masing instansi.

"Berkas-berkas tersebut dimasukkan ke dalam amplop cokelat dan di sudut kanan atas ditempel potongan nomor pendaftaran registrasi online. Selanjutnya dikirim kepada Panitia Seleksi Penerimaan Calon Hakim MA RI melalui POS dengan PO BOX 2700 Jakarta 10027 paling lambat 26 Agustus 2017 cap pos dan selambat-lambatnya diterima 31 Agustus 2017," tegas Biro Humas Kementerian PANRB. Untuk lebih jelasnya silahkan baca disini terkait persyaratan dan jadwal masing-masing instansi.

Tentunya, pelamar yang sesuai kualifikasi sudah mempersiapkan diri sejak dini untuk menghadapi ujian seleksi CPNS melalui ujian sistem Computer Assisted Test (CAT) berikut Bocoran Soal Agar Lulus Test CPNS 2017. Sambil menunggu pendaftaran online dibuka, barangkali kalian dapat menyiapkan Berkas Yang Harus Disiapkan Dalam Pendaftaran CPNS Online dan mempelajari Cara Pendaftaran CPNS Online.

Selain memperhatikan dengan cermat data diri dan proses pendaftaran, calon pelamar juga diwajibkan memperhatikan poin-poin persyaratan yang sudah ditentukan kedua instansi terkait. Apabila terdapat hal-hal yang masih memerlukan penjelasan terkait persyaratan pelamaran tersebut, pelamar dapat menghubungi call center instansi tersebut. Call center Kementerian Hukum dan HAM yakni (021) 5253004 (ext 310) dan Mahkamah Agung pada nomor 082110891729.

Ikuti terus SITUS sosial media BKN untuk update info terkini seputar Penerimaan CPNS Th. 2017, sebagai berikut:
Twitter @BKNgoid
Facebook Fanpage @BKNgoid
Instagram BKNgoidofficial
Youtube BKNgoidofficial atau Youtube/c/BKNgoidofficial

Sumber BKN.go.id

Artikel Terkait

loading...

Comments