loading...

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mengingat peran mata yang sangat vital dalam kehidupan kita, ada baiknya mulai sekarang kita lebih perduli untuk menjaga kesehatan mata kita. Berikut ada beberapa tips yang mungkin berguna untuk mencegah mata anda dari kerusakan:

  • Untuk mengatasi kekurangan vitamin A, perbanyak makan sayur-sayuran seperti sayur wortel, bisa di olah dalam bentuk apa saja seperti lalapan, di sup atau di buat jus.
  • Membacalah dengan pencahayaan yang memadai.
  • Jika pekerjaan anda mengharuskan bekerja dengan komputer, istirahatkan mata anda beberapa menit dari layar monitor, ini untuk menghindari agar otot mata tidak menjadi tegang.
  • Membacalah dengan jarak normal yang di anjurkan.
  • Sering-sering melakukan relaksasi pada mata anda, seperti, melihat suasana alam yang hijau dan menyegarkan atau melakukan terapi buah mentimun, caranya dengan meletakkan irisan mentimun kemudian letakkan pada kelopak mata dalam posisi berbaring, biarkan beberapa saat.
  • Jika terasa ada yang salah dengan mata anda seperti pandangan kabur, segeralah periksakan ke dokter mata, agar mendapat pemeriksaan.
  • Jika keluar rumah saat matahari bersinar terang, gunakanlah kaca mata pelindung agar sinar ultra violetnya tidak merusak retina mata.
  • Jangan sesuka hati menggunakan obat tetes mata, baiknya gunakan hanya untuk iritasi ringan saja.
  • Segera obati penyakit diabetes atau gula darah anda.
  • Agar mata tetap bisa berfungsi dengan baik, tindakan pencegahan adalah sangat baik dilakukan sejak awal dengan menerapkan tips menjaga kesehatan mata.
Faktor penyebab mata menjadi rusak
Mata adalah organ tubuh yang penting bagi manusia, mata adalah jendela bagi kita untuk melihat dunia, sehingga sangat penting bagi setiap orang untuk menjaga matanya agar selalu sehat. Ada beberapa faktor yang menyebabkan mata yang dulu sehat menjadi rusak, diantaranya adalah:

Faktor genetika.
  • Faktor penyakit, penyakit seperti gula darah atau diabetes bisa berdampak pada kerusakan mata anda.
  • Kurangnya asupan gizi, khususnya vitamin A.
  • Kebiasaan membaca dengan pencahayaan yang kurang. Membaca dengan pencahayaan yang kurang akan menyebabkan otot mata mejadi terpaksa, sehingga mempercepat kerusakan mata.
  • Kebiasaan membaca dengan jarak terlalu dekat dengan bacaan.
  • Menonton televisi pada jarak yang sangat dekat.
  • Berhadapan dengan monitor komputer terus menerus.
Untuk memastikan mata tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia, berikut adalah sepuluh cara merawat kesehatan mata, seperti dilansir Ehow.

1. Makan banyak buah-buahan dan sayuran
Wortel sarat akan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Itu dikarenakan beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula. 

2. Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam 
Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.

3. Kurangi penggunaan tetes mata
Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.

4. Gunakan mentimun 
Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.

5. Pakailah kacamata hitam pelindung UV
Gunakan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung UV diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.

6. Hindari duduk terlalu lama di depan komputer
Untuk menjaga kesehatan mata, cobalah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer. Hal itu dapat membuat mata lelah. 

7. Kenakan kacamata di saat yang tepat
Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.

8. Jangan membaca dalam cahaya redup
Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

9. Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang
Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata Anda pada sinar matahari, karena dapat merusak mata Anda.

10. Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai
Cobalah memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dengan Anda, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali. Duduklah, tempatkan siku di pinggul, tutup mata dan tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda dan ulangi seperlunya. 

Cara alami menjaga kesehatan mata
1. Wortel
Siapa yang tidak tahu Wortel? Keterlaluan! Saya yakin Anda sudah tahu mengenai tanaman yang satu ini, karena hampir setiap orang pernah makan tanaman ini. Selain sebagai makanan kelinci, ternyata wortel sangat baik sebagai vitamin untuk mata karena banyak mengandung betakaroten. Dimana betakaroten akan diolah oleh tubuh menjadi Vitamin A yang sangat baik untuk mata.

2. Tomat
Kalau buah yang satu ini saya yakin Anda juga sudah tidak asing karena buah ini banyak di jual di pasar maupun di warung-warung, selain kaya akan Vitamin C, buah tomat juga kaya akan Vitamin A yang sangat cocok untuk kesehatan mata manusia. Jadi tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mengkonsumsi buah yang satu ini, apa lagi harganya cukup murah dan mudah ditemukan dimana-mana.

3. Telur
Telur tidak hanya kaya akan Vitamin B12 dan juga Vitamin D, tapi juga kaya akan Vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata manusia. Kandungan luteindan zeaxanthinyang terdapat dalam putih telur dipercaya dapat mencegah penyakit katarak. Telur juga merupakan salah satu jenis makan yang sangat mudah ditemukan dimana-mana dan memiliki rasa yang enak.

4. Coklat hitam
Bagi Anda yang tidak menyukai wortel, Anda bisa menggantinya dengan coklat hitam karena coklat hitam dipercaya dapat melindungi mata dari kebutaan berkat adanya flavonoid yang berfungsi melindungi pembuluh darah mata dan memperkuat kornea mata dan juga retina.

5. Sayur bayam
Daunnya hijau dan memiliki rasa yang enak, itulah bayem yang menjadi sumber kekuatan Popay sang pelaut dalam film kartun. Okey, kita kembali ke manfaat yang di dapat dari bayem untuk kesehatan mata. Seperti diketahui bahwa bayem juga kaya akan Vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata manusia. Itu berkat adanya kandungan luteindan zeaxanthinyang sangat di butuhkan oleh mata manusia.

Untuk menjaga mata tetap sehat, perlu di hindari hal-hal yang berkemungkinan menyebabkan mata menjadi rusak, karena bagaimanapun tindakan pencegahan adalah lebih baik dari pada mengobati. Walaupun mata yang rusak atau minus bisa di atasi dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak, tapi kadang menggunakan kedua alat bantu penglihatan ini membuat kita kurang nyaman.

Artikel Terkait

loading...