loading...

Cara Cek Jaringan Internet Saat Membuka Situs-situs CPNS 2017

Membeludaknya pengakses yang berkunjung untuk melakukan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2017, Bagi orang-orang yang hobi browsing internet pasti pernah mengalami atau menemukan kode-kode error saat mengunjungi laman situs (website) tertentu. Maksud dari kode-kode error ini adalah memberitahukan informasi tertentu kepada pengunjung mengenai laman situs tersebut. Biasanya dengan adanya kode-kode error ini pada sebuah situs internet maka kita (pengunjung) tidak dapat melihat tampilan atau isi dari situs. Hal ini karena adanya pengaturan yang terjadi dengan laman situs tersebut atau terjadi kendala-kendala yang menyebabkan kita tidak dapat mengaksesnya (error).
Nah pertanyaannya, tahukah anda arti dan maksud dari setiap kode error seperti pada gambar diatas? Bagaimana dengan portal-portal CPNS yang sering kita kunjungi selalu mengalami eror atau tidak dapat di akses?

Seperti yang dikutip dari berbagai sumber, sebenarnya 'Error 502 Bad Gateway' adalah sebah kesalahan pada server yang terjadi pada beberapa situs saja dan sangat tidak umum. Lantas apakah penyebabnya? Dari berbagai sumber yang didapat, penyebab utama dari 'Error 502 Bad Gateway' adalah request yang masuk tidak bisa dihandle oleh server sehingga terjadi time out.

Jika pada apache, error ini bisa disamakan dengan '500 Internal Server Error yang bisa dikatakan memiliki masalah yang sama, walaupun terkadang bisa juga error tersebut disebabkan oleh kesalahan setting pada .htaccess dan lain sebagainya. Bagi pengguna biasa, masalah ini sering diabaikan karena tidak akan berpengaruh pada browser atau perangkat komputer Anda. Akan tetapi, bagi para webmaster, kesalahan 'Error 502 Bad Gateway' ini bila tidak diatasi akan berakibat pada masalah yang berbuntut panjang, terutama pada hubungannya dengan traffic dan resource server.

Penanganan 'Error 502 Bad Gateway' ini dirasa tidaklah mudah bagi para webmaster, sebab harus dilakukan dengan memeriksa dan meneliti kembali setingan server serta menganalisis resource mana yang mengakibatkan terjadinya error. BTW kita lansung ke topik yaaa..

Kali ini kita menggunakan CMD atau command prompt untuk cek kecepatan internet kita. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut dibawah ini. Cara tes kecepatan internet ini adalah dengan melakukan ping, serta membandingkan ping ke Situs-situs CPNS dan melihat cepat/lamanya waktu untuk melakukan ping ke Situs-situs CPNS tersebut. Ikuti petunjuk dibawah ini :
  1. Pertama-tama buka CMD bisa dengan cara search di “Start” lalu ketikkan “cmd” atau bisa dengan memencet tombol “Windows+R” lalu ketik “cmd” lalu enter
  2. Selanjutnya dibagian CMD, ketik ping 8.8.8.8 -t -l 1000 atau ping 8.8.8.8 -t 
  3. Setelah itu Enter
  4. Minimize CMD anda asalkan jangan di close.
Ping Kecepatan Jaringan Internet Kita
Keterangan :
  1. Jika nilai “Time=” semakin kecil, maka koneksi internet anda semakin cepat
  2. Jika nilai “Time=” semakin besar, maka koneksi internet anda semakin lambat
  3. Jika “Request Timed Out” koneksi anda terputus dari server
Terus sekarang bagaiman cara kita melihat kecepatan internet website tujuan yang ingin kita akses seperti sscn.bkn.go.id dan cpns.kemenkumham.go.id. Namun pada umumnya kebanyakan orang hanya melihat akses ping ke google dimana kebutuhan utama hanya sebagai browsing dengan mencari sesuatu di search enggine google saja. Nah dengan hasil ping tersebut maka akan dapat dilihat cepat/lamanya waktu untuk melakukan ping ke server Google. Sekarang kita bandingkan ping ke masing-masing server situs-situs CPNS 2017.
Ping Server SSCN
Ping server CPNS Kemenkumham
Ping server registrasi Kemenkumham
Ping server google.com
Ping Server addysumoharjo.com
Nah bagaimana apabila muncul sebuah pertanyaan apa itu ping? Dan apa fungsi dalam melakukan ping? Ini dia jawabannya, Fungsi utama ping adalah untuk mengecek akses pada koneksi jaringan yang sedang digunakan. Intinya adalah untuk mengetahui apakah sebuah perangkat komputer sudah terhubung dengan komputer lainnya melalui media jaringan misalnya Internet, LAN, dll. Dengan cara ini kita bisa menguji sebuah jaringan apakah sudah terhubung atau belum dengan melihat statistik di CMD.

Cara kerja Ping ini yaitu dengan metode mengirim beberapa paket data melalui IP komputer/perangkat lain dan menunggu respon balasannya. Jika ada respon yang bersifat positif (semua paket data yang dikirim diterima dengan baik) berarti kedua perangkat/PC sudah saling terhubung. Dengan begitu kedua komputer bisa melakukan akses melalui jaringan untuk berbagi data, koneksi, atau hal yang lainnya. Di dunia internet ataupun di jaringan lokal ping sangat bermanfaat, karena bisa membantu mengetahui konektivitas jaringan dengan cepat. Bagaimana menurut kalian setelah melihat perbandingan tersebut??

Artikel Terkait

loading...