CPNS 2017 Gelombang II Siap Ditempatkan Di Pelosok Indonesia

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Herman Suryatman, mengatakan meski pembukaan pendaftaran dilakukan di instansi pemerintah pusat, namun soal penempatan tugas bisa di berbagai wilayah di Indonesia. "Yang namanya Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Negeri Sipil (PNS) itu harus siap ditempatkan di mana saja. Termasuk kalau itu dibutuhkan di pelosok. Dia (PNS) harus siap ditempatkan di mana saja di wilayah Indonesia,". Herman menyebut, memang sejumlah kementerian dan lembaga memerlukan PNS untuk bertugas di sejumlah tempat terpencil. Hal itu berkenaan dengan fungsi dan tugas dari masing-masing kementerian dan lembaga.

"Memang kan seperti Kementerian Keuangan itu butuh petugas pajak di kantor-kantor wilayah. Kemudian ada petugas teknis seperti penjaga menara pengawas (Mercusuar) di Kementerian Perhubungan. Kementerian ESDM ada jabatan untuk mengawas gunung berapi. Itu contoh saja. Tapi artinya harus siap ditempatkan di mana saja," tandas dia. Seperti diketahui, mulai hari ini, masyarakat bisa mulai mendaftar lowongan CPNS di 61 instansi yang terdiri dari 60 kementerian/lembaga dan 1 pemerintah provinsi, yakni Kalimantan Utara untuk lebih jelasnya klik disini untuk pendaftaran CPNS 2017 Gelombang II.

Total, ada 17.928 lowongan CPNS yang dibuka kali ini. 17.428 untuk mengisi jabatan di Kementerian/Lembaga dan 500 lowongan untuk mengisi jabatan di Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah mengumumkan pembukaan lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017. Di gelombang dua ini, ada 17.928 lowongan CPNS yang dibuka.

Penyakit PNS Memohon Minta Mutasi
Tapi, betapapun mereka berjanji bersedia ditempatkan di pelosok Indonesia, sebagian pekerja negara ini tak betah dan memilih mutasi ke berbagai instansi. Kabar ini sering jadi sorotan pemberitaan media. Tidak sedikit bagi para PNS yang merasa terzolimi ketika hendak mengajukan mutasi namun ditolak dengan alasan yang terkadang klasik. Apa itu? Misalnya masih dibutuhkan oleh kantornya. 

Padahal disatu sisi, ketika kita ingin melakukan mutasi itu dikarenakan sesuatu hal yang urgent atau mungkin dikarenakan kondisi kantornya yang memang sudah tidak nyaman. Beberapa alasan umum yang biasanya kenapa seorang PNS ingin melakukan mutasi adalah sabagai berikut:
  1. Ikut suaminya yang tinggal atau kerjanya jauh diluar kota bahkan propinsi atau lintas negara
  2. Kondisi kantor yang sudah tidak nyaman baik karena kondisi SDM maupun budaya kerjanya
  3. Ingin meningkatkan jenjang karir
  4. Ingin memperoleh penghasilan yang lebih baik
  5. Ingin mencari suasana lingkungan kerja yang baru
  6. Merawat orang tuanya yang renta
  7. Kondisi kesehatan yang memburuk dan;
  8. Jarak tempuh kantor yang jauh dengan tempat tinggalnya
Setiap PNS yang melakukan mutasi tersebut, kurang lebih mempunyai alasan seperti yang telah saya sebutkan diatas. Saya mencoba merengking tiga besar alasan mutasi PNS yang seringkali ditemukan dilapangan misalnya pertama, karena ikut suami. Kedua, kondisi kantor yang tidak nyaman dan ketiga karena ingin meningkatkan jenjang karir yang lebih baik. Bagaimana menurut Anda siapkah ditempatkan di daerah pelosok Indonesia?? Jika anda berminat untuk test CPNS gelombang II silahkan klik disini sedangkan cara pendaftarannya lebih jelasnya klik disini.

Artikel Terkait

loading...