loading...

Kenapa Banyak Orang Yang Pilih Jadi PNS?

Meski tergolong sulit, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan tanggung jawab yang besar bagi mereka sebagai kepala keluarga, tentu akan mencari segala cara untuk mendapatkan pekerjaan. Diantara banyaknya profesi yang ada di Indonesia, PNS (Pegawai Negeri Sipil) menjadi salah satu terfavorit bagi rakyat Indonesia. Informasi CPNS 2017 dari berbagai Kementerian yang telah diumumkan menjadi berita menarik paling dibaca. Mencari peruntungan nasib menjadi Pegawai Negeri Sipil mendominasi mesin pencari sejak beberapa pekan terakhir sejak pengumuman formasi CPNS disodorkan ke publik. Untuk lebih jelasnya silahkan baca di link berikut.

Apa sebenarnya yang melatarbelakangi para calon pelamar ingin jadi PNS. Menjadi seorang PNS tidaklah mudah, saingan yang cukup banyak dan posisi pekerjaan yang ditawarkan juga sedikit menjadi sebuah dilema bagi para pencari kerja untuk mendapatkannya, bahkan kabarnya ada juga yang rela membayar ratusan juta untuk menyandang status PNS. Meski begitu, ada beberapa alasan kuat kenapa banyak orang di Indonesia masih tetap ingin menjadi seorang PNS. Berikut ulasannya :

Menjanjikan
PNS dianggap sebagai pekerjaan yang sangat menjanjikan untuk masa depan. Karena tidak ada istilah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Sebagai PNS memungkinkan anda untuk bekerja dengan nyaman tanpa ada perasaan was-was akan dipecat kecuali jika anda melanggar hukum.

Tidak ada target
Bekerja sebagai PNS dianggap oleh banyak orang sebagai pekerjaan yang sangat santai karena tidak ada target yang dibebankan. Bekerja di sektor perbankan dimana anda akan ditargetkan ini dan itu selama dalam kurun waktu tertentu dan tentunya akan membuat anda merasa tertekan.

Jaminan hidup di hari tua
Pekerjaan PNS masih dipahami sebagai pekerjaan yang menjanjikan sampai masa pensiun kelak. Nyaman di hari tua dan sudah banyak contohnya.

Mudah dapat calon istri
Nah, alasan ini pula yang masih menjadi primadona di Aceh dan di berbagai daerah. Banyak mertua mengidamkan menantunya itu seorang PNS.

Banyak kemudahan
Jadi PNS memang banyak kemudahan, dalam hal cicil-menyicil atau kredit, sektor ini lah jagonya.

Mengabdikan diri pada negara
Banyak juga orang yang memilih untuk menjadi PNS dengan tujuan untuk mengabdikan diri pada negara.

Ada juga orang yang memutuskan untuk menjadi PNS karena rasa sayang pada orang tua. Mungkin karena tidak ingin mengecewakan orang tua mereka, maka beberapa orang tersebut akhirnya memutuskan untuk menjadi PNS, Selain perbedaan gaji (Pendapatan) ada beberapa hal yang paling menarik yang dimiliki dari status pegawai negeri sipil ini, diantaranya

Keamanan Jaminan Kerja. 
Mengapa tidak karena status pegawai yang langsung diangkat dengan SK Menteri, Gubernur, Walikota atau Bupati ini sudah barang tentu menjamin keamanan masa depan pekerjaan seorang PNS

Gaji Pasti dan Tinggi. 
Ada gaji pokok dan berbagai macam jenis tunjangan, wahh sungguh menggiurkan ketika mendengar kata tunjangan (misal gaji ke-13 untuk guru) dan banyak lagi (Contohnya sertifikasi untuk guru)

Bebas PHK
Pernah dengar PNS di PHK?, jarang sekali kecuali beberapa kasus yang masuk katagori kesalahan-kesalahan berat.

Promosi Jabatan (bisa naik pangkat/golongan)

Sudah tahu belum ada kuliah dan training gratis dari pemerintah, baik S1 sampai S3

Bisa Pinjam uang ke Koperasi (KPRI) dengan mudah tapi dengar-dengar harus jadi pegawai beberapa tahun dulu. Nah yang terakhir dan ini jadi primadonanya "Pensiun Dijamin". Nah kalau ini banyak perusahaan yang tidak sanggup memenuhi, makanya banyak orang mau menghalakan segala cara (sebagian lobi sani-sini) hanya untuk bisa jadi Pegawai PNS (Bukan rahasia lagi).

Bagaimana dengan Anda? Apapun keputusan anda, tetap ikuti hati nurani anda. Beberapa alasan di atas sekadar bahan pertimbangan yang diolah dari berbagai sumber dan realitas di masyarakat selama ini. Silahkan baca artikel berikut jika anda ingin lulus dan menjadi seorang PNS.

Artikel Terkait

loading...