Kelompok Kata Dalam Bahasa Inggris (Determiner)

Determiner adalah kata atau kelompok kata yang ditempatkan di depan noun untuk menentukan makna noun tersebut, apakah general atauspecific. Determiner adalah kata atau kelompok kata yang diletakkan di depan noun/kata benda untuk memperjelas mengacu pada apa noun/kata benda tersebut.

Determiner berfungsi untuk membatasi makna suatu noun/kata kerja atu memperjelas suatu kata benda/noun. Misalkan kita ambil satu contoh kalimat “I read novel”, pada kalimat tersebut tidak jelas makna dari kata “novel”. Berbeda jika ditambahkan determiner di depan kata “novel” tersebut, misalkan seperti berikut “I read a novel”. Kalimat tersebut telihat lebih jelas dari kalimat semula.

Determiner terdiri dari:
1. General Determiner: 
Indefinite articles (a atau an): membicarakan suatu hal yang tunggal dimana pendengar/pembaca tidak tau pasti yang mana yang dimaksudkan. 
Quantifier : many, few, little, some, any 
Distributive : all, every, both 
Difference words: other, another 

2. Specific Determiner. 
Definite article (the) : menjelaskan noun atau kata benda yang dimaksudkan. 
Demonstrative Adjective (this, that, these, those) : menerangkan noun dalam hal jarak atau jumlah. 
Possessive Adjective (my, your, his, her, its, our, dan their) : menunjukkan kepemilikan. 
Interrogative Determiners (what, which, dan whose) : menanyakan tentang sesuatu. 

Di suatu kalimat apakah kalian pernah memakai kata seperti the, a, an, this, that, many, little, dan sebagainya? Jika Anda perhatikan kata itu diletakan sebelum atau di depan kata benda/noun. Nah kata itulah yang disebut dengan Determiner. Lalu apa sih fungsinya? Berikut ini penjelasannya secara rinci. Berikut ini adalah jenis-jenis penggunaan determiner:

Articles
Articles (disingkat ART) adalah kata yang digunakan dengan kata benda untuk menunjukkan jenis referensi yang dibuat oleh kata benda tersebut. Articles sendiri dibagi menjadi beberapa macam tetapi yang paling umum adalah, Definite article dan Indefinite articles:

Definite article: the
Kata “the” adalah salah satu kata yang paling umum digunakaan dalam bahasa Inggris . Definite article menunjukkan bahwa suatu benda tertentu yang bisa diidentifikasi oleh pendengar/pembaca. Definite article mungkin bisa berupa sesuatu yang telah disebutkan, atau mungkin sesuatu yang ditentukan unik. Definite article dalam bahasa Inggris dapat digunakan baik pada kata benda tunggal maupun jamak.
contoh: I will never get the job.

Indefinite articles: a, an
Dalam bahasa Inggris, dua Indefinite articles adalah “a“, dan “an“. Penggunan “a” atau “an” tergantung pada huruf pertama dari kata sesudah article tersebut. Article “a” digunakan ketika kata berikutnya dimulai dengan konsonan, atau sebelum kata berawalan “u” dan “eu” yang terdengar seperti kata “you”. Dan article “an” digunakan ketika kata berikutnya dimulai dengan vokal (a , e , i, o , u ) atau dengan h bisu.
contoh: She read a magazine, He ate an apple.

Demonstratives: this, that, these, those
Demonstrative determiner menunjukkan di mana suatu objek , peristiwa, atau orang yang memiliki kaitan dengan subjek. Demonstrative dapat merujuk ke fisik atau kedekatan psikologis atau jarak. Contoh sebagai berikut:
This is my favorite food.
I want that smartphone.
I see these boxes behind your house.
Those pencils are mine.

Possessives: my, your, his, her, its, our, their
Possessives adalah kata atau konstruksi gramatikal yang digunakan untuk menunjukkan hubungan kepemilikan dalam arti luas.
contoh:
This is my house.
Where is your school?
I didnt see his car lastnight.
The man steal her bag.
The cat cant reach its tail.
He found their shelter.

Quantifiers: a few, a little, much, many, a lot of, most, some, any, enough
Quantifiers adalah jenis determine yang menunjukkan kuantitas.
contoh:
I lost many thing in my room.
He has a lot of keys that he need.
Some people are happy after party.
She has enough food for us.

Numerals: one, ten, thirty
Numerals Determiners adalah anggota dari kelas kata (atau subclass of determiners) yang menunjuk pada angka.
contoh:
There are twenty-eight students in the classroom.
She was the fourth person to win the award.
Six hundred thousand people were left homeless after the earthquake.

Distributives: all, both, half, either, neither, each, every
Distributives determiner mengacu pada sekelompok orang atau hal-hal , dan untuk anggota individu dari kelompok yang menunjukkan cara yang berbeda dalam memandang individu dalam suatu kelompok , dan mereka mengungkapkan bagaimana sesuatu didistribusikan , bersama , atau dibagi.
contoh:
All soldiers went home after the war.
Both Nadine and Chandra are her enemies.
Every people will die.

Interrogatives: which, what, whose
contoh:
She didnt know which parts of machines are broken.
I forgot whose bag on the table.

Demikian Pengertian, Jenis dan Contoh Determiner dalam Bahasa Inggris Terlengkap, semoga bermanfaat untuk Anda dan menambah wawasan Anda dalam belajar bahasa Inggris. Terimakasih.

Artikel Terkait

loading...