Mengatasi Keputihan Secara Alami

Keputihan tidak normal merupakan gangguan umum yang dialami oleh kaum wanita, setidaknya sekali dalam seumur hidup, Jika anda mengalami keputihan tidak normal, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk mendampingi anda.


Tanda-tanda keputihan yang berbahaya, diantaranya :

  • Bau menyengat muncul.
  • Gatal dan kemerahan pada vagina dan sekitarnya.
  • Pendarahan atau bercak di luar periode menstruasi.
  • Keputihan berubah warna menjadi hijau atau kuning.
  • Keputihan menjadi kental atau lengket.

Jika Anda mengalaminya, jangan menunda untuk berkonsultasi dengan dokter. Untuk menghindari keputihan yang abnormal, berikut adalah beberapa langkah untuk menjaga kesehatan vagina anda:

Jaga agar vagina tetap kering dan tidak lembab. Menjaga vagina tetap kering juga bisa dilakukan dengan:

  • Gunakan celana yang tidak terlalu ketat. 
  • Jangan terlalu sering menggunakan stocking. 
  • Kenakan celana dalam katun, bukan sintetis. Celana katun memungkinkan lebih banyak udara ke dalam vagina dan mencegah kelembaban.
  • Jangan memakai pakaian dalam saat tidur di malam hari.
  • Cuci alat kelamin Anda dari depan ke belakang setelah buang air kecil, bukan sebaliknya.

Vagina sebenarnya adalah organ yang dapat membersihkan dirinya sendiri. Menggunakan cairan pembersih vagina sebenarnya berisiko merusak keseimbangan alami bakteri dan jamur di dalamnya. Ketidakseimbangan ini akan memicu vaginosis bakteri. Untuk membersihkan vagina, gunakan air hangat dan sabun yang tidak memiliki aroma kuat. Namun sebisa mungkin, hanya menggunakan air.
Hindari menggunakan parfum, bedak pada vagina. Karena penggunaan parfum dan sabun juga dapat merusak keseimbangan bakteri dan jamur yang ditemukan di vagina.

Hindari penggunaan bahan-bahan berikut yang dapat mengiritasi dan menyebabkan keputihan yang tidak normal dari vagina:

  • Penggunaan pelembut atau deterjen yang memiliki aroma kuat saat mencuci pakaian dalam.
  • Pembalut wangi / parfum.
  • Kertas toilet beraroma.
  • Makan makanan sehat dengan nutrisi seimbang.
  • Ambil yogurt atau suplemen yang mengandung lactobacillus.
  • Hindari berendam terlalu sering dalam air panas.
  • Cuci pakaian dalam dengan air hangat.
  • Ganti pembalut secara teratur saat menstruasi.

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Jaga kebersihan organ intim Anda untuk menghindari infeksi yang menyebabkan keputihan yang tidak normal. Anda juga bisa mengusahakan mengatasi keputihan secara alami dengan ramuan tradisional. Berikut ini kami kumpulkan berbagai ramuan obat untuk mengatasi keputihan tidak normal yang kami kumpulkan dari berbagai sumber:

1. Daun Beluntas
Caranya adalah dengan mengambil kira-kira 10 lembar daun beluntas dan sepotong kayu rapet jenis pulasari kemudian diiris kecil-kecil. Tambahkan sebatang temu kunci, kunyit, dan temulawak juga harus diiris tipis-tipis sebelum dicampurkan.

Kesemua bahan tersebut kemudian direbus dengan dua mangkok air bersih. Rebusan racikan obat keputihan tersebut akan berkhasiat maksimal jika air rebusan tadi telah menyusut menjadi sepertiga mangkok saja. Pemakaian: diminum saat masih hangat selama sepuluh hari berturut-turut untuk mengatasi keputihan tidak normal secara cepat.

2. Daun Sirih
Alternatif mengatasi keputihan tidak normal dengan cara alami menurut Hembing dalam buku yang ditulisnya adalah: 15 lembar daun sirih dicuci dan direbus dengan 2 liter air hingga mendidih, hangat-hangat airnya digunakan untuk mencuci vagina beberapa kali sehari.15 gram kulit delima kering + 10 gram sambiloto kering + 20 gram kunyit (diiris-iris), dicuci bersih lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.

3. Kunyit
Sediakan 20 gram kunyit yang dipotong-potong dan dicuci bersih, 10 gram daun sambiloto kering, dan 15 gram kulit delima kering. Kemudian bahan-bahan direbus dengan 800 cc air, dan sisakan hanya 300 cc air rebusan. Saring dan konsumsi 2 kali sehari, Anda bisa menambahkan gula aren atau madu untuk memberikan rasa enak pada ramuan.

4. Bawang putih
Manfaat bawang putih untuk mengobati keputihan tidak normal sudah dikenal sejak jaman dulu. Satu siung bawang putih dapat menyembuhkan infeksi akibat bakteri atau jamur pada area vagina. Cara menggunakannya pun sangat mudah, ambil satu siung bawang putih kemudian kupas kulitnya sampai bersih dan potong menjadi dua bagian. Sebelum tidur, letakkan potongan bawang putih tadi di atas vagina sampai pagi hari.

5. Biji buah mangga
Biji buah mangga ternyata ampuh untuk mengobati keputihan. Caranya yaitu dengan mengeringkan dan menggiling biji mangga untuk dibuat bubuk. Tambahkan sedikit air bubuk ini untuk membuat pasta halus, oleskan pasta ini di luar dan di dalam saluran vagina untuk mengobati keputihan tidak normal.

6. Akar bayam
Salah satu cara mengatasi keputihan abnormal adalah dengan menggunakan obat tradisional akar bayam. Tumbuhan ini mengandung sifat sebagai anti bakteri yang kuat yang dapat membunuh bakteri jahat dalam vagina dan menyembuhkan infeksi penyebab keputihan. Akar bayam adalah obat keputihan alami yang sudah terbukti ampuh dalam menyembuhkan gangguan ini. Cara penggunaannya yaitu dengan membuat jus akar bayam dan diminum dua kali sehari.

7. Akar mawar
Cara membuat ramuan, ambil akar mawar secukupnya kemudian cuci hingga bersih, setelah itu rebus dengan air. Minumlah air rebusan akar mawar secara teratur untuk mengurangi rasa gatal akibat keputihan tidak normal.

8. Biji ketumbar
Caranya yaitu dengan merendam benih dalam air selama semalam. Saring dan minum air ini keesokan harinya pada saat perut kosong. Hal ini dapat dilakukan untuk setidaknya satu minggu untuk hasil yang lebih baik.

9. Tea tree oil
Tea tree oil (melaleuca alternifolia) adalah pengobatan yang sudah digunakan bertahun-tahun silam. UMMC menyarankan penggunaan tea tree oil untuk mengatasi bakteri, yaitu setiap malam selama tujuh hari. Bahan ini bisa dengan mudah Anda temukan di apotik terdekat.

Artikel Terkait

0 Response to "Mengatasi Keputihan Secara Alami"

Post a Comment