Cara Aman Dan Mudah Mengatasi Sakit Kepala Sebelah

Tanda-tanda sekalor berupa sakit kepala hanya pada sebelah kiri atau kanan, acap kali disertai rasa mual. Adakalanya si penderita muntah-muntah. Kadang-kadang kepala kelihatan agak kemerah-merahan dan jika diraba terasa panas. Si penderita tak begitu tahan melihat cahaya terang atau mendengar bunyi keras. Serangan sekalor itu biasanya sampai beberapa jam lamanya dan senantiasa datang berulang-ulang.


Cara Mengatasi Sekalor:
  1. Dikala orang merasa sekalor sebaiknya segera berbaring ditempat yang agak gelap dan menenangkan pikiran. Berilah ia minum kopi hitam yang pekak atau disuruh ia menelan 2 butir pil kinine. Kepalanya boleh diikat erat-erat dengan sapu tangan atau diberi dengan kompres dingin. 
  2. Jika sakit kepala muncul ketika Anda sedang beraktivitas, segeralah mencari tempat untuk berbaring atau untuk sekadar duduk. Selain menggunakan bahan alami sebagai obat sakit kepala, Anda bisa mengusahakan untuk berisitirahat di ruangan yang tenang dan agak gelap. Hindari kebisingan yang berasal dari lingkungan sekitar. 
  3. Tenangkan diri Anda dan cobalah melemaskan bagian kepala serta pundak Anda.
  4. Guna mengurangi kemungkinan terulangnya serangan-serangan baiknya si penderita menjaga baik-baik perihal makan dan minumnya. Makanan yang banyak mengandung zat tepung (nasi, ubi dsb). Sedapat mungkin dikurangi, sebaiknya orang harus lebih banyak makan sayur-sayuran, terutama kangkung, bayam, daun ubi kayu, jagung muda atau nangka muda. Minuman keras harus dijauhi benar-benar, terlalu banyak merokok juga tidak boleh.
  5. Anda tidak perlu terburu-buru meredakan rasa sakit di kepala dengan menggunakan obat. Terkadang, turunnya kadar gula darah dapat menyebabkan sakit kepala. Untuk mengatasinya, cobalah makan camilan atau minum teh manis hangat terlebih dahulu. Usahakan untuk makan selalu tepat pada waktunya untuk menghindari sakit kepala yang diakibatkan oleh penurunan kadar gula darah.
  6. Anda bisa melakukan teknik kompres dingin dan kompres panas. Cobalah mengompres bagian kening dan belakang leher Anda menggunakan lap hangat, ini akan membantu melancarkan peredaran darah dan mengendurkan otot-otot yang kaku. Setelah itu, lanjutkan dengan mengompres bagian tersebut dengan kompres dingin. Anda bisa menggunakan beberapa es batu yang dibalut dengan sapu tangan. Efek dingin ini akan mengecilkan pembuluh darah. Ketika pembuluh darah mengecil, tekanan terhadap saraf-saraf sensitif yang terdapat di kepala akan berkurang.
  7. Anda bisa coba memijat bagian yang sakit menggunakan jari telunjuk dan atau ibu jari Anda. Berikan pijatan ringan dengan konstan selama 7-15 detik, lalu lepaskan. Ulangi lagi sampai Anda merasa sakit berkurang. Cobalah minta bantuan orang lain untuk memijat area kepala, leher, dan pundak Anda. Mintalah untuk memijat dengan tekanan yang pas, karena jika terlalu pelan maka tidak akan mengendurkan otot-otot yang tegang, tetapi jika terlalu keras akan menambah sakit kepala Anda.
  8. Ada baiknya juga jika si penderita untuk sementara bertempat tinggal di pegunungan atau dekat dengan laut.
  9. Sebelum memutuskan untuk menggunakan obat atau bahan alami untuk mengatasi rasa sakit di kepala cobalah untuk mengonsumsi banyak air terlebih dahulu. Pasalnya, salah satu tanda dehidrasi adalah sakit kepala. Jika sakit kepala Anda disertai dengan haus, mulut kering, rasa lelah berlebihan, serta frekuensi buang air kecil yang jarang-jarang, cobalah untuk minum segelas air.
Setelah sakit kepala Anda reda, cobalah untuk mencari tahu apa penyebabnya. Anda mungkin telat makan, kurang minum, stres, atau Anda terlalu lama duduk dalam posisi yang kurang nyaman. Hal-hal tersebut biasanya merupakan penyebab dari sekalor atau sakit kepala sebelah. Dengan mengetahui penyebab sakit kepala, Anda dapat menghindari serangan sakit kepala di kemudian hari. Semoga tulisan tentang cara mengatasi sekalor ini bermanfaat.

Artikel Terkait

0 Response to "Cara Aman Dan Mudah Mengatasi Sakit Kepala Sebelah"

Post a Comment