Cara Meningkatkan Produktifitas Bisnis Anda

Produktivitas merupakan kunci keberhasilan. Mengapa? Dengan semakin produktif, semakin besar kemungkinan untuk gagal alias melakukan kesalahan. Dan dengan semakin sering gagal atau salah, maka semakin dekat pula jalan menuju sukses. Dalam manajemen produksi dan operasi, kita sering mendengar kata produktivitas untuk mengukur efisiensi seseorang, mesin, pabrik atau sistem dalam mengubah input menjadi output yang diinginkan. Namun sebenarnya, apa yang dimaksud dengan istilah ini?
Tiga unsur penting produktivitas adalah:
  1. Bekerja dengan giat dan cerdas.
  2. Bekerja dengan orang-orang produktif yang positif.
  3. Bekerja dengan sistem yang efisien.
Satu, bekerja dengan giat dan cerdas.
Bekerja giat dan cerdas merupakan langkah awal produktivitas. Bekerja giat saja mungkin tidak cukup untuk menjadi produktif. Bekerja dengan giat dan cerdas sangat memungkinkan seseorang untuk menjadi produktif. Kerja cerdas memberikan kesempatan untuk berkembang secara optimal, bahkan maksimal. Kerja cerdas berarti meng-update diri akan perkembangan-perkembangan terbaru dan mengimplementasikannya di dalam pekerjaan kita. Kerja cerdas juga berarti selalu mencari cara-cara baru untuk menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin, setanggap mungkin, dan sebaik-baiknya.

Dua, bekerja dengan orang-orang produktif yang positif.
Perusahaan-perusahan besar dunia selalu memilih “the right person with the right character for the job.” Demikian pula kita semua. Sebaiknya bekerja dengan orang-orang berkarakter positif daripada “sekadar” pintar belaka. Karakter memang bisa pelan-pelan diubah namun tidak pernah bisa berubah 180 derajat. Sebaliknya, ketrampilan dan pengetahuan bisa dengan mudah diajarkan dan ditularkan asalkan punya niat dan minat untuk belajar dan memperbaiki diri. Memilih orang-orang produktif berpikiran positif merupakan tantangan tersendiri. Orang-orang produktif yang positif merupakan motor kerja keras dan cerdas. Mereka membuat produktivitas semakin tinggi dan bekerja dalam suasana yang lebih positif.

Tiga, bekerja dengan sistem yang efisien.
Bekerja dengan sistem yang efisien sangat membantu meringankan pekerjaan, apalagi jika menyangkut hal-hal yang bisa diotomatisasikan. Dengan berbagai aplikasi software dan website yang bisa dijadwalkan, apa lagi yang tidak bisa diotomatisasikan di zaman sekarang ini? Buatlah sistem sebagaimana SOP alias Standard Operating Procedure. Jalankan hidup dan kerja sebagaimana sebuah perusahaan yang efisien dan produktif. Kuantifikasikan yang bisa dihitung dan tetaplah memegang teguh target yang telah ditetapkan.

Produktivitas juga dipengaruhi oleh beberapa faktor penting, yaitu:
Faktor Produksi
Faktor produksi yang merupakan faktor yang meliputi perencanaan, koordinasi dan pengendalian produksi, penggunaan bahan baku berkualitas baik dan penyederhanaan dan standarisasi proses produksi. Jika semua faktor produksi dapat bekerja dengan baik, produktivitas juga dapat meningkat dengan cepat.

Faktor Organisasi 
Adalah faktor yang terkait dengan jenis organisasi yang digunakan. Ini juga terkait dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing individu dan departemen, serta pembagian kerja dan spesialisasi pekerjaan yang dilakukan.

Faktor Teknis
Faktor teknis adalah faktor yang meliputi penentuan lokasi, tata letak dan ukuran pabrik atau mesin produksi yang tepat, penggunaan mesin dan peralatan yang benar, penelitian dan pengembangan teknis serta penerapan komputerisasi dan otomatisasi dalam produksi yang relevan. Jika perusahaan Anda menggunakan teknologi terbaru dengan tepat, produktivitas akan lebih tinggi untuk menghasilkan produk dengan cepat dan lebih banyak.

Faktor Keuangan (Keuangan)
Setuju, benar, apakah keuangan adalah darah bisnis? Karena itu, harus ada perencanaan keuangan yang baik dan kontrol keuangan atau modal kerja. Penggunaan modal atau pemborosan keuangan harus dihindari. Manajemen harus memperhitungkan pengembalian modal yang mereka investasikan. Keuangan yang dikelola dengan baik akan meningkatkan produktivitas perusahaan atau organisasi.

Faktor Personel (Individual)
Lalu, ada faktor personalia, yang secara langsung mempengaruhi produktivitas organisasi. Individu atau tenaga kerja yang tepat harus ditempatkan di posisi yang tepat. Pekerja yang lolos seleksi harus diberikan pelatihan dan pengembangan yang sesuai dan memberikan kondisi kerja dan lingkungan yang baik. Individu yang telah menjadi karyawan harus termotivasi dengan baik, baik secara finansial dan non-finansial.

Untuk membuat setiap karyawan lebih antusias dan produktif, perusahaan dapat memberikan keamanan kerja, peluang untuk memberikan saran atau pendapat, dan juga peluang untuk dipromosikan secara langsung.

Faktor Manajemen
Manajemen yang ilmiah, profesional, berorientasi pada masa depan, tulus dan kompeten akan secara positif memengaruhi produktivitas organisasi. Manajemen yang dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia untuk mendapatkan hasil maksimal dengan biaya terendah, menggunakan teknik produksi terbaru, menyediakan lingkungan kerja yang baik dan selalu memotivasi karyawan akan secara signifikan meningkatkan produktivitas organisasi.

Faktor Lokasi
Produktivitas kerja suatu organisasi juga sangat tergantung pada lokasi di mana organisasi itu berada. Faktor-faktor lokasi ini termasuk fasilitas infrastruktur, kedekatan dengan pasar, kedekatan dengan sumber bahan baku, tenaga kerja terampil dan lain-lain.

Faktor Pemerintah
Peraturan dan kebijakan pemerintah seperti peraturan ketenagakerjaan, kebijakan fiskal yang mencakup suku bunga dan perpajakan akan sangat memengaruhi produktivitas organisasi. Manajemen sebuah organisasi yang memiliki pengetahuan tentang peraturan dan kebijakan pemerintah dan mempertahankan hubungan yang baik dengan pemerintah akan dapat meningkatkan produktivitas organisasi. Selamat berproduktivitas tinggi!

Artikel Terkait

0 Response to "Cara Meningkatkan Produktifitas Bisnis Anda"

Post a Comment