Inilah Ciri Utama Orang Berbakat Sukses

Seorang penulis, Paul Tough, menyebutkan bahwa satu-satunya faktor personal yang menyebabkan seseorang itu bisa sukses adalah mendengarkan kata hatinya. Hal ini hampir terjadi pada semua bidang. Anak-anak yang sekolah dengan menuruti kata hatinya akan memiliki nilai lebih bagus baik di sekolah maupun di universitas (college). Bermimpi menjadi pengusaha adalah hal yang baik. Selain bisa membuat orang kaya, bisnis juga bisa membuka lapangan kerja.
Penelitian lain menyebutkan, mereka yang hidup atau berkarier di bidang yang mengikuti kata hatinya umurnya lebih panjang. Bukan semata-mata karena mereka tidak atau lebih sedikit merokok dan minum minuman keras, katanya. Mereka juga lebih sedikit yang terkena stroke, sedikit yang mengalami tekanan darah tinggi, dan di masa tuanya sedikit yang terkena Alzheimer.

Masih ada hasil penelitian lain yang menyimpulkan bahwa mereka yang mengikuti kata hati mendapatkan penghasilan atau gaji lebih tinggi. Penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Mental Health itu juga menyebutkan bahwa mereka yang mengikuti kata hati lebih puas dengan pendapatan dan pekerjaannya.

Masalahnya bagaimana seseorang mengetahui bahwa dirinya bekerja mengikuti kata hati? Orang yang mengikuti kata hati akan sangat terorganisasi hidupnya, bertanggung jawab, dan memiliki rencana jauh ke depan. Mereka juga bekerja keras saat menghadapi suatu tantangan dan mampu mengendalikan kata hatinya.

“Seorang pekerja yang menuruti kata hati akan melakukan pekerjaan lebih baik dalam rangkaian pekerjaan yang diberikan padanya dibanding para pekerja pada umumnya,” ujar Brent Robert, psikolog dari University of Illinois. Saat memulai pekerjaan, kata Robert, mereka akan menyusunnya (merencanakan sebaik-baiknya) terlebih dulu, bekerja berdasarkan rencana itu, gigih, tak menoleh ke belakang. Jika rencana besarnya gagal dicapai berdasarkan cara yang dilakukannya, ia tidak memilih untuk berhenti, tetapi mencari cara lain agar mampu mencapai tujuan itu. “Sehingga orang yang bekerja dengan kata hati selalu berhasil mencapai tujuannya,” katanya. Selain itu ada beberapa hal yang menjadi ciri lain agar menjadi orang yang berbakat untuk sukses, diantaranya :

1. Berani mengambil risiko
Karakteristik pertama dari Anda calon wirausahawan sukses adalah sifat pengambilan risiko. Risiko selalu hadir dalam kehidupan, terutama di dunia bisnis. Namun, mengambil risiko yang dimaksud adalah tidak melakukan sesuatu tanpa berpikir dan perhitungan yang cermat. Risiko dipandang sebagai peluang keberhasilan bagi pengusaha sukses.

2. Tidak tertutup
Sifat terbuka adalah sifat yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Mengapa demikian? Karena sifat bersedia menerima saran dan kritik dari orang lain akan memberikan kemajuan untuk membangun bisnis. Karena itu, jangan pernah berpikir bahwa kritik dan saran orang lain tidak penting. Karena, saran dan kritik orang lain bisa menjadi masukan berharga untuk pengembangan bisnis.

3. Analisis cerdas
Pengusaha yang sukses biasanya seseorang yang dapat membaca situasi dan mengambil keuntungan dari situasi tersebut. Pengusaha sukses dapat melihat peluang bisnis besar bahkan di tengah masalah. Ketika dihadapkan pada masalah, pengusaha sukses dapat menganalisis akar masalah dan memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Mudah beradaptasi
Ketika masalah yang tidak diinginkan terjadi, apakah itu terkait dengan iklim bisnis atau sesuatu yang lain. Lihat apakah Anda dapat beradaptasi dengan kondisi yang ada dan mengubahnya menjadi keuntungan. Jika Anda memiliki kemampuan ini, maka Anda cocok dengan dunia bisnis yang dikenal dinamis dan cepat.

5. Berpikir berbeda
Jika Anda ingin sukses sebagai pengusaha, maka Anda harus berpikir di luar kebiasaan. Pengusaha sukses biasanya memiliki cara berpikir yang berbeda dari kebanyakan orang. Meski, perbedaan cara berpikir nantinya akan mendapat cemoohan dari berbagai kalangan meski dari keluarga

6. Hitungan Tepat
Sebagai pebisnis, maka melakukan analisis dan memiliki perhitungan yang cermat adalah suatu keharusan. Jadi, pastikan Anda memiliki karakteristik ini. Biasakan diri Anda untuk menghitung semua kemungkinan yang terjadi dengan hati-hati, siapkan rencana analisis dan perhitungan yang jelas yang Anda lakukan dan lakukan.

7. Tidak takut gagal
Belum pernah ada pengusaha sukses di dunia ini yang langsung menuai kesuksesan di langkah pertama. Semuanya pasti pernah mengalami kegagalan bahkan sebelum berkali-kali rugi. Namun, semua kegagalan ini tidak dilihat sebagai hambatan yang menghentikan mereka untuk mencapai tujuan mereka. Justru kegagalan adalah pemicu untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki kesalahan yang ada.

Nah, apakah Anda bekerja dengan kata hati atau terpaksa? Hanya anda sendiri yang bisa menilainya

Artikel Terkait

0 Response to "Inilah Ciri Utama Orang Berbakat Sukses"

Post a Comment