Inilah Rahasia Kesuksesan Yang Tidak Diajarkan Disekolah Bisnis

Pengusaha sekaligus pendiri Virgin Group, Richard Branson, mendapatkan banyak pertanyaan dari seluruh dunia tentang apa rahasia suksesnya. Maka ia kemudian menulis buku Like A Virgin: Secrets They Won’t Teach You at Business School, buku yang sangat menarik berisi kiat-kiat praktis mengelola bisnis.
Di bab awal ia menulis lima rahasia suksesnya—yang boleh jadi, rangkuman kiat suksesnya mengelola bisnis (seperti bisnis rekaman dan maskapai penerbangan).

Pertama, jika tak menyukainya jangan dilakukan
Menurutnya bisnis itu harus dimulai dari kecintaan pada bidang bisnisnya. Ketika ia memulai Virgin dari sebuah basement di London tak ada rencana atau strategi besar. Niatnya adalah membuat sesuatu di mana orang akan menyukainya. “Bagi saya membangun bisnis adalah mengerjakan sesuatu yang bisa dibanggakan, mengumpulkan orang-orang bertalenta, dan menciptakan sesuatu yang sama sekali beda,” katanya.

Kedua, be innovative
Membangun bisnis saat ini sulit. Mungkin kita punya produk, layanan jasa, dan brand yang bagus. Namun tanpa ada pembeda dari yang lain, akan sulit berkembang. Karena itu perlu melakukan sesuatu yang sama sekali beda sehingga mudah dikenali.

Ketiga, banggalah pada orang yang bekerja dengan kita
Bisnis tak bisa dilakukan sendirian. Karena itu sumber daya manusia (SDM) adalah aset utama perusahaan. Menurut Branson, tak ada hal yang lebih menyedihkan selain dari mendengar orang mengeluhkan mengenai tempatnya bekerja. Padahal, katanya, ketika orang-orang bangga akan tempatnya bekerja, hal itu akan membangkitkan saran dan dedikasi spesial, sesuatu hal yang penting dalam membuat perbedaan di zaman yang penuh kesamaan ini.

Keempat, memimpin dengan mendengar
Pemimpin yang baik adalah yang banyak mendengar. Hal itulah yang dilakukan Richard Branson. “Tak seorang pun mampu memonopoli ide yang bagus atau saran yang bagus,” katanya.

Kelima, be visible
Jadi pemimpin, jangan terlalu berkutat di belakang meja. Keluar dan sering-seringlah terlihat. Branson sendiri mengaku, meski bekerja dari rumah, ia sering keluar menemui stafnya dan pergi ke mana-mana. Pekerjaan bisa ia lakukan di mana saja karena selalu membawa notebook. Sarannya, “Bicaralah pada staf dan konsumen Anda pada setiap kesempatan, dengar apa kata mereka apakah itu baik atau buruk, lalu bekerjalah berdasarkan (masukan) itu."

Apa pun konsep orang mencapai kesuksesan, alangkah baiknya jika metode ini telah diajarkan dari sekolah. Jangan keliru dengan cara mencapai kesuksesan hanya dengan aksi saja, ada juga bahan yang harus digali agar membuat potensi untuk meraih lebih besar. Tidak perlu kaget jika ternyata ada beberapa kunci kesuksesan yang sering dilewatkan oleh sekolah, padahal sangat penting untuk mencapai kesuksesan. Inilah poinnya adalah sebagai berikut :

1. Menjaga Kesehatan
Ketika Anda mendapatkan bangku pendidikan, Anda biasanya fokus pada hal-hal yang bersifat akademis saja. Seperti mengerjakan tugas instruktur, mengatur jadwal kegiatan sekolah, menyiapkan presentasi, dll., Apa pun yang penting, semuanya bisa diselesaikan dengan baik. Tetapi di tengah perjuangan untuk pencapaian, jangan pedulikan aspek lain seperti kesehatan. Mengabaikan hal ini dapat berdampak signifikan, seperti kelelahan, stres, depresi atau bahkan penyakit dalam tubuh. Karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan psikologis agar kondisi tubuh tetap seimbang. Karena jika tubuh mengalami masalah kesehatan, proses belajar juga menjadi terganggu.

2. Negosiasi
Tidak semua pembelajaran di kelas mengarahkan siswa untuk memperdalam ilmu negosiasi. Padahal kemampuan ini sangat penting dalam bisnis. Bagaimana bisa? Bukan hal baru lagi jika nantinya di dunia kerja akan bertemu dengan mitra bisnis yang sangat pandai berbicara dan mengarahkan tujuan bisnis mereka untuk berada di garis terdepan. Jika kita tidak bisa mengimbangi mereka, maka hanya masalah waktu sebelum mereka meninggalkan Anda. Tidak hanya itu, ketika terjebak dalam kondisi mendesak, mau tidak mau Anda harus mencari jalan keluar, dan solusi terbaik untuk ini adalah bernegosiasi dengan para mitra tersebut.

3. Menghadapai Kegagalan Yang Terjdai
Ketika belajar di kelas, selain memperdalam teori kita, kita juga perlu berlatih keseimbangan mental. Mengapa? Karena di dunia kerja Anda akan menghadapi beberapa kemungkinan, apakah itu sukses atau gagal. Bayangkan jika gagal, bagaimana cara mempertahankan mental agar tidak langsung jatuh? Untuk alasan ini sangat penting untuk melatih emosional dan intelektual kita, sehingga ketika dihadapkan pada kondisi yang buruk Anda dapat tetap optimis dan berpikir sehat.

Jadi, jika para guru di tempat Anda belajar tidak mengajarkan hal ini. Mulailah melatih diri Anda dengan belajar dari motivator atau orang yang berpengalaman.

Artikel Terkait

0 Response to "Inilah Rahasia Kesuksesan Yang Tidak Diajarkan Disekolah Bisnis"

Post a Comment