Inilah Perbedaan Peminpin dan Boss, Bagaimana Menurutmu??

Betapa sering orang gagal untuk menjadi pemimpin karena mereka tidak berlaku sebagai pemimpin melainkan berlaku sebagai boss. H. Gordon Selfridge adalah pendiri salah satu department store (pusat perbelanjaan) di London yang merupakan salah satu department store terbesar di dunia. Ia mencapai kesuksesan tersebut dengan menjadi seorang 'pemimpin' dan bukan dengan menjadi 'Boss'.

Kadangkala, ada orang yang mengartikan Boss dengan Pemimpin adalah sama, dimana orang menganggap yang memiliki jabatan lebih tinggi di suatu perusahaan atau instansi bisa di sebut Boss atau Pemimpin. Sebenarnya, hal ini tidaklah benar, bahwa Boss dengan Pemimpin adalah dua sosok yang berbeda.

Boss adalah seorang yang memerintahkan anak buahnya untuk bekerja keras tanpa mengarahkan atau mengajarkan serta membimbing bawahannya, jika terjadi kesalahan. Yang ada di pikiran seorang Boss, jika bawahan bersalah harus dimarahi bahkan di maki-maki, tanpa diberi pengarahan, bagaimana cara melaksanakan apa yang diinginkannya. Seorang Boss merasa bangga dan senang, jika bawahannya takut terhadap dia, bahkan seorang Boss akan merasa benar-benar menjadi seorang pemimpin dengan cara seperti itu, namun sebenarnya hal ini adalah salah. 

Pemimpin (Leader) adalah seseorang yang memerintahkan atau mendelegasikan suatu tugas pekerjaan kepada bawahan, tanpa dengan kemarahan. Jika bawahan bersalah, maka dia akan memberitahu/mengarahkan, menuntun dari belakang, bahkan memonitoring dengan baik, agar kesalahan tidak terulang lagi. 

Seorang pemimpin, bahkan kadang memberi contoh kepada karyawan, bagaimana melakukan hal dengan baik ( to do the right things ). Seorang pemimpin akan menjadi teladan bagi bawahan dengan prinsip TUT WURI HANDAYANI, yakni mengarahkan/menuntun dan memonitoring serta memback up karyawan dari kesalahan. 

Pemimpin akan bertanggung jawab, apabila bawahan bersalah dan dia akan mengarahkan bawahan tersebut dan sangat berbeda dengan Boss yang biasanya tidak bertanggung jawab atas kesalahan bawahan, bahkan dia akan melepas tanggung jawab tersebut dengan ikut mempersalahkan karyawan tersebut.

Apakah perbedaan antara pemimpin dengan boss? Di bawah ini adalah perbandingan yang diberikan oleh Gordon Selfridge antara orang yang bertipe pemimpin dan orang yang bertipe boss.

Seorang boss mempekerjakan bawahannya;
Tetapi seorang pemimpin mengilhami mereka,

Seorang boss mengandalkan kekuasaannya;
Tetapi seorang pemimpin mengandalkan kemauan baik.

Seorang boss menimbulkan ketakutan;
Tetapi seorang pemimpin memancarkan kasih.

Seorang boss mengatakan 'aku';
Tetapi seorang pemimpin mengatakan 'kita'.

Seorang boss menunjukkan siapa yang bersalah;
Tetapi seorang pemimpin menunjukkan apa yang salah.

Seorang boss tahu bagaimana sesuatu dikerjakan'
Tetapi seorang pemimpin tahu bagaimana mengerjakannya.

Seorang boss menuntut rasa hormat;
Tetapi seorang pemimpin membangkitkan rasa hormat;

Seorang boss berkata, 'Pergi!';
Tetapi seorang pemimpin berkata, 'Mari kita pergi!'

Maka jadilah seorang pemimpin, dan bukan seorang boss. Ini adalah pilihan anda dan tentukanlah

Artikel Terkait