Cara Memenangkan Persaingan Bisnis di Era Global Seperti Saat Ini

Bisnis merupakan suatu kegiatan yang di lakukan individu atau kelompok (organisasi) untuk menawarkan barang dan jasa kepada masyarakat luas dengan tujuan mencari keuntungan atau pendapatan yang lebih dengan cara transaksi. Maksudnya bahwa individu atau kelompok tersebut menawarkan dan menjual berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas dan membuat masyarakat luas tersebut puas dengan apa yang di berikannya itu. Ada banyak cara agar bisnisman bisa menarik konsumen sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Karena perlu kita ketahui bahwa samakin banyak konsumen yang berminat kepada barang dan jasa yang di tawarkan maka keuntungan yang di dapatkan pun akan lebih banyak lagi.

Persaingan sebenarnya sudah menjadi hal yang wajar dalam dunia apapun, mulai dari dunia kerja sampai dalam dunia bisnis. Bahkan sebenarnya persaingan pun bisa menjadi faktor yang sangat positif untuk memajukan bisnis Anda.

Sebagaimana disadari, perekonomian global telah mengalami perubahan radikal dalam dua dasawarsa terakhir ini. Ekonomi dunia secara keseluruhan sedang mengalami perubahan pesat dengan adanya faktor-faktor yang mendasarinya. Faktor pertama, globalisasi, pertumbuhan perdangangan global dan persaingan internasional yang eksplosif berdampak pada tidak adanya negara yang dapat tetap terisolasi dari perekonomian dunia saat ini. Jika suatu negara tetap berupaya menutup pasarnya dari persaingan asing, maka penduduknya akan membayar lebih mahal untuk barang domestik berkualitas rendah karena keterbatasan alternatif. Tapi, jika membuka pasarnya, negara bersangkutan akan menghadapi persaingan ketat yang mau tidak mau memacu usaha domestiknya agar dikelola secara efisien dan efektif. Faktor kedua, adalah perubahan dan kemajuan teknologi yang sedemikian pesatnya.

Maka dari itu sebaiknya Anda pun tidak takut menghadapi persaingan bisnis karena untuk menghadapi persaingan Anda bisa melakukan banyak cara. Namun untuk melalui persaingan dan Anda berhasil keluar sebagai pemenang pun bukanlah hal yang mudah, ibarat kata jika Anda ingin menjadi serang pemenang dalam persaingan maka Anda harus mampu merubah rongsokan menjadi setumpuk emas.

Nah, untuk membantu Anda berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi persaingan dalam dunia bisnis.

BERANI
Keberanian adalah kunci utama yang harus Anda miliki dalam persaingan global seperti sekarang ini. Karena keberanian tentu akan menuntun Anda untuk mengatasi rasa takut untuk menghadapi para kompetitor Anda dalam dunia bisnis, menghadapi tantangan dan mengambil sebuah peluang. Khususnya, dapat membantu Anda membangun motivasi dalam diri demi semuah kesuksesan.

KERJA KERAS & FOKUS
Mental baja adalah modal penting dalam dunia bisnis karena dalam persaingan Anda akan berhadapan dengan berbagai rintangan dan masalah, yang jika tidak memiliki mental yang kuat tentu akan membawa dampak buruk dalam perkembangan bisnis Anda. Bahkan semua orang yang berhasil meraih kesuksesan diawali dengan kerja keras dengan mental baja. Kerja keras juga tentu harus ditunjang dengan ke fokusan Anda.

SUMBER DAYA MANUSIA
Sumber daya manusia juga merupakan hal yang tidak boleh Anda lupakan. Bahkan hal ini pula yang menjadi kunci kesuksesan Anda dalam berbisnis khususnya untuk menghadapi persaingan berat seperti sekarang ini.

Kualitas, kuantitas dan juga kreativitas merupakan bagian yang harus dimiliki dalam SDM apalagi sekarang ini para konsumen pun sudah semakin cerdas dalam memilih produk atau jasa yang beredar di pasaran Dengan kemampuan SDM yang Anda miliki perilaku konsumen pun bisa Anda hadapi dengan mudah.

ANALISIS
Menghadapi persaingan seorang pebisnis harus mampu melihat semua peluang dari berbagai sisi dan juga mampu menganalisis semua hal yang ada di hadapan Anda.

Bahkan dengan analisis yang tajam Anda tak hanya bisa memanfaatkan peluang, tapi Anda juga bisa membuat peluang yang kecil menjadi sebuah keuntungan besar. Analisis pesaing Anda pun menjadi sebuah kunci sukses dalam menghadapi persaingan.

loading...

Artikel Terkait

Doa Tolak Bala Agar Terhindar Dari Cobaan Hidup

Tidak ada satu orang pun yang ingin terkena musibah atau bencana, namun terkadang takdir berkata lain. Maka dari itu, sebagai manusia biasa...

MY ARTIKEL