Inilah Cara Sederhana Menghemat Biaya Produksi

G+

loading...
Bisnis merupakan dunia yang penuh dengan intrik, bagi para konsumen trik tersebut tentu akan merugikan mereka tapi tentu tidak bagi para pelaku bisnis. Saat ini boleh disebut jika harga-harga telah melambung tinggi seiring dengan meningkatknya harga bahan bakar minyak (BBM). Hal ini pun cukup berpengaruh terhadap pelonjakan biaya produksi dan hal ini pula yang membuat para pengusaha memutuskan untuk menaikkan harga pasar produknya.

Biaya produksi memang merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap harga pasar, tapi sebenarnya masih ada satu trik yang bisa dilakukan para pengusaha agar mereka mampu bertahan di hati para konsumen yaitu menekan biaya pada produksi barang.

Menekan biaya produksi merupakan solusi yang tepat agar pelanggan Anda tidak lari dan beralih ke lain hati. Pasalnya dengan menekan biaya yang keluar tentu Anda bisa menutupi biaya lainnya. Nah, untuk membantu Anda berikut ini beberapa cara efektif untuk menekan biaya pada produksi barang.

TEKAN BAHAN BAKU
Biaya yang paling banyak terbuang adalah sektor bahan baku, memang cukup berat untuk menekan sektor ini karena disinilah titik nilai jual Anda pada para pelanggan. Jika Anda memutuskan untuk menekan biaya dengan mengurangi jumlah bahan baku maka Anda akan berhadapan dengan kualitas yang berkurang, hal ini akan memicu pelanggan untuk mencari barang yang lain. Jadi boleh dikata Anda sebaiknya tidak melakukan hal ini, cara yang paling efektif untuk menekan bahan baku adalah meminimalisir bahan yang terbuang.

Usahakan agar penggunaan bahan baku se-efisien mungkin. Langkah ini bisa Anda mulai dengan cara meminimalkan bahan yang terbuang. Disamping itu, pada saat pembelian bahan baku juga harus diupayakan mendapatkan harga kulakan yang paling kompetitif. Dengan begitu biaya pembelian bahan tidak mengalami pembengkakan.

Selama dalam proses pembuatan tentu ada beberapa bahan yang terbuang percuma, nah saatnya Anda untuk memanfaatkannya. Jika bahan tersebut masih bisa difungsikan kenapa tidak? Ingat jangan melakukan kecurangan.

MAKSIMALKAN PRODUKTIVITAS PEKERJA

Menekan pekerja agar mampu bekerja produktif merupakan salah satu cara yang cukup efektif, tapi harus Anda ingat bahwa mereka juga manusia yang punya batasan. Lakukan cara yang terhormat untuk menekan pekerja Anda, ingat ini bukan jamannya kerja paksa. Berikan target kerja dan jangan lupa untuk memberikan hasil yang sepadan.

Untuk menekan biaya, maka kita harus mengupayakan agar tenaga kerja kita mampu bekerja dengan produktifitas semaksimal mungkin. Sebaiknya, tentukan target kerja yang harus dicapai setiap karyawan agar mereka bisa bekerja semaksimal mungkin di bidangnya masing-masing.

BUAT TEROBOSAN BARU
Sebagai pelaku bisnis tentu Anda harus memiliki ide-ide yang cemerlang. Nah, di era krisis seperti inilah ide-ide tersebut bisa memberi dampak yang maksimal untuk Anda. Jangan ragu untuk membuat sebuah terobosan baru yang jauh lebih efisien karena efisiensi tersebut tentu akan membantu Anda menekan biaya yang tidak perlu Anda keluarkan.

PERALATAN
Pembelian dan penggunaan peralatan harus sesuai prosedur agar peralatan tersebut memiliki usia pakai seperti yang telah direncanakan para pemilik perusahaan. Jika peralatan yang dibeli kualitasnya di bawah rata-rata dan dipergunakan dengan cara yang tidak semestinya, pastinya akan menimbulkan biaya perawatan yang tidak sedikit. Untuk itu sebelum membeli dan menggunakan peralatan-peralatan, perhitungkan dengan matang agar tak ada biaya tambahan yang harus Anda keluarkan.

BIAYA OPERASIONAL
Selalu mencari terobosan/ cara baru agar operasional perusahaan bisa berjalan lebih efisien. Contohnya seperti mengusahakan untuk mencari cara efektif untuk meminimalisir biaya operasional.

loading...

Artikel Terkait

loading...