Teknik Meningkat Penjualan Meski Bisnis Kecil

Berbisnis saat ini tengah menjadi perhatian utama dari mereka yang ingin meraih kesuksesan atau meningkatkan pendapatan mereka. Dunia bisnis memang sangat menjanjikan, hal ini pula yang mulai memunculkan persaingan-persaingan yang ketat.

Sayangnya banyak kalangan yang menilai jika bisnis kecil bukan hal yang bisa memberi keuntungan lebih dalam penjualan jika di bandingkan mereka yang berada pada level yang lebih tinggi. 

Sebenarnya memang jika di bandingkan dengan perusahaan besar maka kemungkinan penjualan dari bisnis kecil Anda tidak bisa bersaing, tapi sebenarnya dalam dunia bisnis hal tersebut tidak sepenuhnya benar. 

Pasalnya jika Anda berhasil meningkatkan penjualan produk Anda bukan tidak mungkin penghasilan Anda akan meningkat bahkan tidak menutup kemungkinan Anda bisa jauh lebih meningkat di banding perusahaan-perusahaan besar.

Pada dasarnya dalam berbisnis baik itu bisnis kecil mapun bisnis yang besar hal pertama yang menjadi poin penting tentu meningkatkan pejualan. Nah, bagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan bisnis kecil berikut ini beberapa cara yang bermanfaat untuk Anda lakukan.

TINGKATKAN KUALITAS
Untuk meningkatkan penjualan tentu Anda harus meningkatkan kualitas, tapi tidak hanya dari kualitas produk melainkan kualitas pelayanan Anda kepada pelanggan. Nah, untuk meningkatkan daya beli produk Anda maka Anda harus memahami perilaku konsumen. 

Cara ini akan membangun sebuah kenyamanan dan kepercayaan, saat dua poin tersebut tercapai maka penjualan dan pendapatan Anda tentu akan meningkat. Bahkan mungkin Anda bisa mencontoh perusahaan-perusahaan besar dengan memanfaatkan media sebagai tempat promosi. Anda tidak harus fokus pada satu sektor pelayanan tapi Anda juga bisa memanfaatkan dunia maya sebagai media untuk memberi pelayanan maksimal pada pelanggan Anda.

TENTUKAN TARGET PEMASARAN
Tentunya jika Anda ingin meningkatkan penjualan produk Anda maka Anda harus menentukan target pasar Anda, apakah kalangan muda, menengah hingga kelas atas. Hal ini sebenarnya tidak sulit selama produk atau jasa yang Anda tawarkan sesuai dengan target pasar sesuai.

TINGKATKAN KREATIVITAS
Menjadi kreatif merupakan salah satu kunci sukses dalam berbisnis. Nah, untuk meningkatkan penjualan Anda maka Anda juga harus meningkatkan kreativitas Anda. Mulai dari pelayanan pada konsumen hingga kreativitas kemasan produk Anda.

SEBERAPA PENTING CARA MENINGKATKAN PENJUALAN??
Mungkin tidak banyak yang mengetahui akan hal ini. Kebanyakan orang hanya sekedar berdagang atau berjualan tanpa memikirkan strategi peningkatan. kebanyakan orang hanya;ah mengikuti Flow atau alur dari trend bisnis yang ada.

Lalu bagaimana sebenarnya melakukan terobosan agar kita memahami Cara Meningkatkan Penjualan dari yang sudah ada sebelumnya tapi meningkat drastis. Dan kali ini saya akan membahas secara khusus untuk pebisnis pemula.

PERTAMA
Tawarkan Versi Hemat untuk pelanggan anda. Maksudnya versi hemat disini adalah bahwa kita harus tahu benar yang namanya pembeli atau Customer, selalu menginginkan sesuatu yang lebih murah tanpa harus membayar lebih banyak. Dengan adanya Versi Hemat, maka Cara Meningkatkan Penjualan yang pertama ini saya rasa bisa berhasil untuk bisnis anda.

KEDUA
Tawarkan juga Versi Premium. Ada versi hemat harus ada versi premiumnya. Dengan demikian itu artinya produk yang kamu tawarkan memiliki kelas. Kelas apakah itu??? Yah kelas dari tingkatan harganya. Biasanya sebagai versi premium akan mendapatkan kualitas atau kuantitas yang lebih baik. Dari sisi kuantitas tentu jumlahnya lebih banyak. Tapi dari sisi kualitas tentu lebih baik.

Contoh, adalah kamu menjual produk sepatu berbahan kulit tapi tidak asli dengan sepatu yang berbahan kulit asli. Dengan menjual pilihan tersebut, maka calon pelanggan akan mudah memilih mana yang sesuai dengan kantong mereka. Hal ini sangat berguna dalam membantu Cara Meningkatkan Penjualan bisnis anda.

KETIGA
Iklan kecil saja. Bagi teman-teman pemula dalam bisnis, perlu teman-teman ketahui bahwa saat ini dalam bisnis PERLU SEKALI yang namanya iklan. MENGAPA?? Karena pesaing sangat banyak. Jika kita tidak mengiklankan bisnis kita, sangat besar sekali kemungkinan kita akan kalah, atau paling bisa menjadi penonton saja. Untuk itu, teman-teman bisa menyiasatinya dengan membuat iklan kecil. Mengapa iklan kecil?? Karena iklan kecil akan berbiaya lebih murah dibanding iklan besar.

Dengan demikian pengeluaran untuk biaya marketing yang kita lakukan bisa sangat minim. Biaya marketing minim tapi penjualan tinggi tentu sangat mendukung Cara Meningkatkan Penjualan bukan??

KEEMPAT
Manfaatkan konsumen. Eiiittss….teman-teman perlu mengetahui hal ini looh??? Alasanya karena marketing yang paling AMPUH dan DAHSYAT itu adalah ketika orang yang membeli barang atau produk kita menceritakan pengalamanya. Baik itu pengalaman membeli ataupun pengalaman memakai produk kita.

Dengan demikian, lakukan penawaran-penawaran khusus untuk mereka yang sudah mendaftar jadi member atau kunsumen tetap anda. Buatlah promosi khusu untuk mereka yang sudah menjadi pelanggan mu. Inilah salah satu Cara Meningkatkan Penjualan yang sangat digandrungi orang saat ini.

KELIMA
Jangan beriklan seperti pebisnis besar. Ini penting sekali kita mengerti karena berkiklan seperti perusahaan besar sangat berbahaya bagi kita yang pemula. Oleh karena itu, saya harap teman-teman yang memulai bisnis pertama sekali atau masih skala kecil, tidak perlu mengikuti cara-cara pebisnis besar.

Tidak perlu membuat iklan dengan spanduk yang besar, atau beriklan di media massa seperti televisi atau radio. Cukup menggunakan brosur saja disertai dengan alamat dan kontak yang jelas. Ini akan sangat meringankan kita dari sisi marketing.

KEENAM
Buat bazar. Frends sekalian perlu mengetahui bahwa Stigma yang muncul di masyarakat kita saat ini tentang Bazar adalah bahwa pada saat ada bazar harganya lebih murah. Padahal itu hanya stigma yang terbangun saja. Pada kenyataanya tidak demikian juga. Nah…dengan adanya hal ini, teman-teman bisa memanfaatkanya sebagai momentum yang tepat untuk meningkatkan penjualan.

Kombinasikan dengan paket-paket yang sudah kita pelajari di poin pertama dan kedua tadi di atas. Dengan begitu, ara marketing kita akan sangat kuat. Sehingga Cara Meningkatkan Penjualan bisa kita raih dengan baik.

KETUJUH
Kreatif. Wah kalau teman-teman memahami betul apa itu kreatif, maka teman-teman akan dengan mudah sekali meningkatkan penjualan produk yang teman-teman miliki. Bagaimana tidak, Kreatifitas bisa loh membuat produk yang sebenarnya sudah ada tapi menjadi lebih unik dan menarik. Dan itu sangat mendongkrak nilai jual dari sebuah produk.

loading...

Artikel Terkait

Amalan Ibadah Yang Harus Dilakukan Seorang Muslim Selama Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan bagi umat muslim seluruh dunia merupakan bulan penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai amal perbuatan dapat menjad...

MY ARTIKEL