Alasan Setan Menyukai Kamar Mandi dan Menggoda Manusia Berlama-lama

Halo sahabat semua hari ini postingan saya mengenai  Alasan Setan Menyukai Kamar Mandi dan Menggoda Manusia Berlama-lama banyak teman atau ...

Apa Manfa’at Al-Qur’an Bagi Kehidupan Manusia?

Al-Qur’an merupakan pedoman, konsep, serta aturan hidup bagi manusia, di dalam kitab tersebut mengatur bagaimana hubungan makhluk dengan penciptanya seperti shalat, puasa, haji, dan lain sebagainya. Selain itu, Al-Quran juga mengatur hubungan antara manusia dengan dirinya sendiri, manusia dengan manusia yang lainnya, serta hubungan antara manusia dengan makhluk ciptaan Allah SWT lainnya.

Oleh karena itulah maka sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim untuk mempelajari, memahami, serta mengamalkan Al- Qur’an, bahkan hal tersebut merupakan salah satu syarat utama bagi orang-orang yang beriman kepada Allah SWT. Baik itu :

Bagi Kehidupan Keluarga
Al-Qur’an mewajibkan sikap hormat kepada ibu dan bapak. Allah berfirman dalam Al-Qur’an: 
Telah Kami perintahkan manusia untuk berbuat baik kepada kedua orang tuanya; ibunya telah mengandungnya dengan susah payah dan masa menyapih selama dua tahun: ‘Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang-tuamu. Hanya kepada-Ku lah kamu kembali. (Surah Luqman: 14)

Dalam keluarga yang mengamalkan moral Al-Qur’an tidak terdapat pertengkaran ataupun pertentangan. Selalu nampak sikap hormat yang tinggi kepada ibu, bapak dan anggota keluarga yang lain. Setiap orang hidup dalam lingkungan yang menyenangkan.

Bagi Kehidupan Negara
Dalam Al-Qur’an, Allah menyebutkan bahwa keta’atan merupakan sifat yang positif. Seseorang yang memiliki moral Qur’ani akan sepenuhnya patuh dan hormat terhadap negaranya. Dalam masyarakat Islam, setiap orang berusaha untuk kesejahteraan negara dan bangsanya. Tidak pernah berontak terhadap negara, melainkan mendukung baik secara spiritual maupun material. 

Dalam masyarakat yang terbentuk dari orang-orang yang takut kepada Allah, kasus-kasus hukum tak pernah sampai ke tingkat persidangan. Seperseribunya pun dari pelanggaran hukum yang terjadi pada masyarakat sekarang ini tak pernah dialami. 

Mengatur negara menjadi jauh lebih mudah, karena pemerintah tidak perlu mengurus kasus-kasus anarki, terorisme, kejahatan, pembunuhan. Seluruh kekuatan pemerintah dipusatkan pada pengembangan dan peningkatan kesejahteraan negeri, di sektor dalam maupun luar negeri. Karenanya, menghasilkan negara yang sangat kuat. 

Bagi Kehidupan Bidang Seni
Orang-orang yang ta’at pada moral Al-Qur’an saling menghargai satu dengan lainnya. Mereka akan selalu berusaha menciptakan kondisi lingkungan yang telah disetujui bersama. Lingkungan yang indah dalam segala segi estetika. Karena rasa rindu pada surga, sarana-sarana dunia digunakan sepenuhnya untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan menyenangkan. Semuanya terasa indah di mata, di telinga dan di seluruh indra lainnya. Karenanya, seni dan estetika berkembang dalam semua aspek kehidupan mereka. 

Lebih dari itu, orang yang ta’at kepada agama memiliki hati yang bersih. Karenanya tak ada tekanan dalam pikirannya, sehingga dapat menciptakan karya seni orisinil yang indah dan unik. Selain itu, karya mereka ditujukan untuk menyajikan keindahan dan untuk menyenangkan sesamanya yang ta’at, secara tulus hati dan sungguh-sungguh. 

Bagi Kehidupan Bidang Pendidikan
Pertama-tama, menjalankan moral Al-Qur’an akan menghasilkan anak-anak dan pemuda yang dewasa dan bijaksana. Perilaku tak acuh tidak akan dimiliki oleh anak muda yang ta’at pada Al-Qur’an. Keta’atan pada Al-Qur’an akan menghasilkan generasi yang perilakunya baik, pikirannya terbuka, patuh, mau mengalah serta produktif. 

Dinamisme, gairah serta semangat mereka diarahkan pada perbuatan baik. Ketekunan dan daya pikir mereka berkembang. Dalam lingkungan demikian, pelajarnya tidak hanya mengutamakan kelulusan atau penghindaran dari hukuman, melainkan berkeinginan untuk memberikan kontribusi pada bangsa dan negaranya. 

Tak pernah terdengar adanya pelanggaran disiplin di sekolah. Lingkungan pendidikannya sangat tentram, konstruktif dan produktif. Kerja sama antara guru dan pelajar berlandaskan pada kepatuhan, rasa hormat dan toleransi. Para pelajarnya menjadi sangat hormat dan patuh pada negara dan aparat keamanan. Demonstrasi-demonstrasi pelajar yang sering kita lihat sekarang ini tidak pernah terjadi karena memang tidak ada perlunya. 

Bagi Kehidupan Lingkungan Kerja
Dalam masyarakat yang menjalankan moral Al-Qur’an, lingkungan kerjanya mengandung sikap saling memahami, kerjasama dan keadilan. Pemberi kerja memperhatikan kesehatan karyawannya dan memelihara kesehatan lingkungan kerja dengan sangat baik. Dengan pikiran bahwa karyawan akan bekerja dalam waktu yang cukup lama, mereka selalu berusaha menciptakan fasilitas kerja yang indah dan menarik. 

Karyawannya digaji dengan upah yang layak. Tak satu karyawanpun mengalami perlakuan buruk. Pihak atasan selalu memperhatikan kondisi keluarga setiap karyawan. Mereka selalu bersungguh-sungguh dan berusaha melindungi keluarga karyawan. Tak pernah ada penindasan dari yang kuat terhadap yang lemah. Perilaku tak bermoral seperti ucapan dengki, atau mencegah keberhasilan orang lain karena rasa cemburu, tak pernah terjadi. 

Hubungan antara pemberi kerja dan karyawan bukan berdasarkan pada kepentingan pribadi dan akal-akalan, melainkan berdasarkan kerjasama dan rasa saling percaya. Karyawan memperhatikan kepentingan dan tujuan perusahaan. Mereka tak pernah boros dan berpikiran bahwa “Bos memang layak membayarnya”. Mereka akan bekerja sebaik-baiknya. Moral yang baik membuatnya tak pernah disalahkan, bahkan dilindungi oleh atasan. 

Dengan membaca al quran ada banyak sekali manfaat serta keutamaan lain yang didapatkan, diantaranya sebagai berikut:
Akan menuntun kita ke jalan yang baik, benar, dan diberikan keselamatan
Dengan membaca al quran kita semua akan tertuntun ke jalan yang benar dan tentunya kita akan selalu diberikan keselamatan. Sesuai dengan firman Allah didalam QS. Al Isra ayat 9 dimana dalam ayat tersebut telah tertulis jelas bahwa dengan membaca al quran kita akan diberikan petunjuk atau jalan yang lurus dan memberikan kabar gembira kepada orang-orang mu’min.

Dapat melembutkan hati seseorang
Membaca Al-Quran juga dapat menjadikan hati seseorang menjadi lembut dan ungkapan ini juga sesuai dengan perkataan Wuhaib rahimahullah.

Akan membuat hati menjadi tentram
Orang yang membaca al quran hatinya akan menjadi tentram terlebih lagi setelah melaksanakan shalat fardhu maupun shalat sunnah kemudian membaca Al-Quran. Selain menjadikan hati menjadi tentram, kita juga akan mendapatkan pahala. Dan keutamaan ini juga telah tertera didalam Al-Quran yang merupakan firman Allah SWT dalam QS. Ar-Ra’d ayat 28

Melimpahkan rahmat dan penawar bagi berbagai macam penyakit
Manfaat dan keutamaan yang satu ini juga tertulis jelas didalam Al-Quran diantaranya pada QS. Al-Isra ayat 82 dimana Al-Quran diturunkan sebagai penawar serta pemberi rahmat untuk orang-orang yang beriman. Al-Quran sebagai juga kitab yang berisikan mengenai pelajaran dari Allah SWT yang juga dapat dijadikan sebagai obat penyembuh jiwa serta sebagai pemberi petunjuk dan rahmat untuk mereka orang-orang beriman yang tertulis pada QS. Yunus ayat 57.

Selain kedua ayat tersebut Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam juga mengatakan jika obat-obat yang dapat menyembuhkan penyakit ada 2 yaitu madu dan Al Quran sebagaimana yang telah diriwayatkan dalam HR. Ibnu Majjah dan Ibnu Mas’ud.

Akan membawa syafa’at bagi kita di akhirat
Karena sesungguhnya Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam telah bersabda bahwasanya jika seseorang selama hidupnya selalu membaca al quran maka ketika kiamat nanti akan menjadi syafa’at untuk dirinya orang-orang yang membaca Al-Quran tersebut.
loading...

Artikel Terkait

loading...
loading...