Berkas Yang Harus Disiapkan Dalam Pendaftaran CPNS Online

Sebelum melakukan pendaftaran, anda harus mempersiapkan berbagai dokumen pendukung sebagai persyaratan utama pendaftaran. Berdasarkan PP Nomor 11/2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pemerintah kemungkinan besar akan membuka kembali penerimaan CPNS 2018. Bagi anda yang ingin mendaftar pada penerimaan CPNS 2018 ini, ada beberapa berkas yang sebaiknya anda persiapkan terlebih dahulu agar tidak kelimpungan ataupun kerepotan nantinya. 

"19 September 2018 portal SSCN BKN siap diakses pelamar," kata Kepala Badan Kepegawaian Nasional Bima Haria Wibisana dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/9/2018). Bima, yang juga Ketua Pelaksana Seleksi Nasional CPNS, menyampaikan, sistem pendaftaran dan seleksi CPNS 2018 hanya dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional via http://sscn.bkn.go.id atau klik disini dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh Instansi.

Selanjutnya, proses seleksi akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT BKN) baik untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Pengadaan CPNS Tahun 2018 ini direncanakan akan membuka 238.015 formasi. 51.271 formasi untuk instansi Pemerintah Pusat (76 K/L) dan 186.744 formasi untuk instansi Pemerintah Daerah (525 Pemda)

Peruntukan instansi Pemerintah Pusat terdiri dari : Jabatan Inti yang diisi dari pelamar umum sebanyak 24.817 formasi, Guru Madrasah Kementerian Agama yang bertugas di Kabupaten/Kota sebanyak 12.000 formasi, serta dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama sebanyak 14.454 formasi. Adapun peruntukan instansi Pemerintah Daerah terdiri dari Guru Kelas dan Mata Pelajaran sebanyak 88.000 formasi, Guru Agama sebanyak 8.000 formasi, Tenaga Kesehatan sebanyak 60.315 formasi (Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, dan Tenaga Medis/Paramedis), serta Tenaga Teknis yang diisi dari pelamar umum sebanyak 30.429 formasi.

Penetapan formasi khusus pengadaan CPNS Tahun 2018 terdiri dari Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude), Penyandang Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, Olahragawan Berprestasi Internasional, serta Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori II jabatan guru dan tenaga kesehatan yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS.

Secara umum, Berkas CPNS yang harus dipersiapkan untuk Pendaftaran CPNS 2018 ini adalah antara lain:
  1. Scan Pas foto terbaru berwarna ukuran 4 x 6 cm 
  2. Scan ijazah dan transkrip nilai asli dan Fotokopi ijazah beserta transkrip nilai yang sudah dilegalisir
  3. Scan dan Fotokopi KTP,
  4. Alamat email untuk konfirmasi
  5. Surat Lamaran bermaterai 6000 format surat baca dan download disini untuk masing-masing instansi
  6. Surat Pernyataan bermaterai 6000 format surat baca dan download disini untuk masing-masing instansi
  7. Silahkan upload dokumen anda dalam bentuk format JPG dengan kapasitas maximal 200 Kb, dengan jenis dokumen seperti dibawah ini : Perhatikan gambar berikutnya dibawah ini. 
Surat keterangan berbadan sehat dari dokter, Kartu tanda pencari kerja dari Dinas Tenaga Kerja dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) kemungkinan sudah tidak diperlukan untuk pendaftaran CPNS 2018 ini sebagaimana penerimaan cpns tahun 2017 lalu (*untuk sebagian instansi daerah masih dibutuhkan), tapi tetap dibutuhkan untuk Verifikasi berkas jika lolos ke tahap interview atau TKB.
Itulah beberapa Berkas utama untuk Persiapan Pendaftaran CPNS 2018 ini. Syarat berkas pendaftaran untuk beberapa instansi berbeda dengan instansi lainnya. Sebaiknya lanjut silahkan membaca Informasi Syarat Pendaftaran CPNS 2018

Supaya mempermudah bapak/ibu/saudara dalam melakukan Pendaftaran Online CPNS 2018 di https://sscn.bkn.go.id/, kali ini kami akan memberikan panduan singkat mengenai langkah-langkah pendaftaran yang harus anda lalui.

Sehingga sambil menunggu website resmi pendaftarannya resmi dibuka, maka alangkah baiknya jika anda belajar cara pendaftarannya yang benar terlebih dahulu. Untuk Lebih Jelasnya Cara Pendaftaran CPNS Online

Untuk mulai mendaftar online anda harus melalui beberapa langkah berikut:
  1. Kunjungi alamat pendaftaran online CPNS Tahun 2018 yang beralamat di https://sscn.bkn.go.id/ atau Klik Disini
  2. Selanjutnya, silahkan anda klik tombol “Daftar” 
  3. Kemudian isikanlah berbagai data diri anda pada formulir pendaftaran online yang sudah disediakan seperti yang terlihat pada gambar, Untuk Lebih Jelasnya klik Cara Pendaftaran CPNS Online.
  4. Ketika anda mengisi formulir pendaftaran website https://sscn.bkn.go.id/ atau Klik Disini lakukanlah dengan benar sebab proses pendaftaran hanya dapat dilakukan 1 kali saja. Lantaran apabila NIK sudah terdaftar, maka tidak dapat didaftarkan ulang kembali. Selain itu juga pada form pendaftaran ada juga kolom isian nilai Indeks Prestasi Komulatif IPK (untuk para pendaftar dari lulusan sarjana) atau NIM (untuk pendaftar lulusan SLTA).
  5. Berikutnya silahkan anda memilih formasi yang sesuai dengan latar belakang pendidikan atau jurusan anda ketika kuliah. Hal ini sangat penting sekali lantaran tes CPNS itu tergantung pada pilihan formasi yang sesuai dengan pendidikan anda. Sehingga tidak seluruh lulusan dapat mendaftarkan pada salah satu formasi tes CPNS 2018 yang disediakan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah. 
  6. Sesudah seluruh hal diatas sudah anda selesaikan, maka tahap terakhir ialah mencetak formulir bukti pendaftaran CPNS 2018 anda dan juga nomor peserta pendaftaran anda. Hal ini menandakan bahwa diri anda sudah berhasil dan terdaftar sebagai pendaftar CPNS Tahun 2018, Adapun Contoh bukti pendaftaran CPNS online di Website https://sscn.bkn.go.id/ atau Klik Disini dapat anda lihat pada gambar Untuk Lebih Jelasnya klik Cara Pendaftaran CPNS Online.


Catatan Penting!!! Mulai proses pendaftaran online sampai dengan tes para pendaftar tidak dipungut biaya dalam bentuk apapun. Baik itu saat melakukan proses verifikasi berkas, ketika pelaksanaan ujian sampai dengan Pengumuman kelulusan. Demikianlah informasi mengenai Cara Pendaftaran Online CPNS 2018 di https://sscn.bkn.go.id/ atau Klik Disini yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait