Cara Mengecek Keaslian Ijasah Secara Online

Adanya kasus pencetakan ijazah palsu menunjukkan bagaimana sebagian dari orang Indonesia suka menggunakan cara-cara yang sangat instan untuk memperoleh gelar tertentu. Tentu yang seperti ini mencederai dunia pendidikan di Indonesia. Ijazah palsu ini sempat marak kabarnya di tahun 2015. Beberapa kali diberitakan adanya razia pencetakan ijazah palsu di beberapa daerah. Salah satunya adalah adanya kasus pencetakan ijazah palsu yang berhasil diusut di Pasar Matraman, Jakarta Timur seperti yang dimuat di metro.sindonews.com.

Ada beberapa kabar bahwa keaslian ijazah bisa dicek asli atau tidaknya secara online di website PDDIKTI. PDDIKTI adalah website database tentang perguruan tinggi yang disediakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). Website ini merupakan database pendidikan tinggi secara terbuka untuk publik.

Untuk menghentikan munculnya ijazah palsu, Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) mengambil langkah serius dengan penomoran verifikasi ijazah secara elektronik. Berikut cara mudah mengecek keabsahan ijazah dengan cepat, tepat, dan akurat secara online.

Berikut pengecekan Keaslian Ijazah Melalui PDDIKTI
Website ini bisa di buka dan di akses melalui situs http://forlap.dikti.go.id atau klik disini. PDDIKTI ini menyajikan sumber data tentang perguruan tinggi, seperti profil perguruan tinggi, profil mahasiswa, profil dosen, penelitian dosen, dan sebagainya.

Untuk mengetahui keaslian Ijazah anda atau karyawan dilingkungan perusahaan atau Instansi pemerintah apakah pernah menempuh pendidikan di perguruan tinggi anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini, untuk pengecekan:
  1. Kunjungi website berikut ini http://forlap.dikti.go.id/mahasiswa atau klik disini perhatikan gambar diatas
  2. Masukan nama perguruan Tinggi di tempat yang disediakan
  3. Masukan Nama atau NIM pada Kata Kunci
  4. Masukan kode pengaman yang tertera pada kolom dibawahnya
  5. Klik Cari Mahasiswa
  6. Klik nama mahasiswa untuk melihat profil mahasiswa bersangkutan
  7. Kalau Ijazah yang Anda cek Asli maka PIN atau nomor ijazah akan terlihat pada poin terakhir
Berikut pengecekan Keaslian Ijazah Melalui SIVIL
1. Klik tautan http://belmawa.ristekdikti.go.id/ijazah/ atau klik disini seperti gambar dibawah ini
2. Cari Perguruan Tinggi tempat Anda kuliah dengan cara tulis Kata Kunci, seperti Universitas, Sekolah Tinggi dan lainnya
3. Tulis nomor Ijazah atau PIN (Penomoran Ijazah Nasional).
4. Lalui pengaman dengan menjawab pertanyaan yang ditampikan.

Jika nomor ijazah Anda telah terdaftar dipangkalan dikti maka akan keluar data diri Anda, jika tidak maka akan keluar informasi ‘Data tidak ditemukan di pangkalan dikti, silahkan menghubungi perguruan tinggi yang bersangkutan‘. Layanan ini tidak menampilkan detail ijazah dengan alasan kerahasiaan.
loading...

Artikel Terkait

Amalan Ibadah Yang Harus Dilakukan Seorang Muslim Selama Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan bagi umat muslim seluruh dunia merupakan bulan penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai amal perbuatan dapat menjad...

MY ARTIKEL