Cara Merias Kuku Anda Dengan Kutek

Kutek atau pewarna kuku merupakan salah satu bagian perawatan kesehatan dan kecantikan kuku. Selain berguna untuk keindahan, ternyata beberapa jenis pewarna kuku memiliki kandungan senyawa kimia yang bermanfaat untuk menjaga dan mempertahankan kelembaban alami kuku, sehingga kuku menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah. Agar mendapatkan manfaat dan hasil yang optimal dalam pewarnaan kuku, ada baiknya mengetahui beberapa tips dan triks cara menghias kuku dengan kutek agar mendapatkan hasil dan manfaat yang sempurna. Apa saja tips dan triknya?

Berikut ini akan disampaikan beberapa tips dan triks cara menghias kuku dengan kutek agar mendapatkan hasil yang optimal sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:
Bersihkan. Sebelum mengoleskan kutek, bersihkan lebih dulu permukaan kuku dari kotoran ataupun lapisan keratin kuku atau kutikula yang telah mati. Pembersihan permukaan kuku dapat dilakukan dengan menggunakan air hangat. Selain bertujuan mengangkat sel keratin atau kutikula yang telah mati, pembersihan permukaan kuku juga dimaksudkan agar kutek melekat lebih sempurna.

Lapisan pelembab. Oleskan lebih dahulu pelembab kuku dengan tujuan kuku menjadi lebih lembab dan pemulasan kutek bisa makin optimal. Pemulasan pelembab juga dimaksudkan agar kuku tidak mudah patah.

Kapas. Sediakan kapas yang berfungsi untuk pemberi jarak antar kuku. Pemberian jarak pada jari tangan ataupun jari kaki dimaksudkan agar kutek tidak saling menempel pada bagian jari yang lain.

Aplikasi. Setelah mengoleskan pelembab kuku, barulah pengaplikasian kutek atau cat kuku dilakukan. Pulaskan kutek dengan satu kali puasan dan dapat diulangi ketika cat kuku mulai setengah kering. Hindari penggunaan cat kuku yang terlalu kental karena dapat menyebabkan lapisan cat kuku membutuhkan waktu yang lama untuk mengering dan ketebalan lapisan cat tidak merata.

Pelindung. Pulaskan pelindung cat kuku ketika cat kuku atau kutek telah benar-benar kering. Pemulasan pelindung cat kuku bertujuan agar cat kuku tidak mudah tergores ataupun pudar warnanya.

Bahan-Bahan Untuk Menghias Kuku Anda
Nail designs atau seni menghias kuku sepertinya menjadi trend tersendiri pada saat sekarang. Dengan makin beragamnya teknik dan metode menghias kuku ini, berpengaruh pula terhadap berbagai macam dan jenis bahan yang dapat dipilih untuk menghasilkan hiasan kuku yang menarik. Bahan-bahan untuk menghias kuku ini sebenarnya mudah ditemukan di sekitar lingkungan tempat tinggal.

Berikut ini beberapa macam bahan-bahan untuk menghias kuku ala Jepang yang diolah dari berbagai sumber, yaitu:
Konsep. Tentukan konsepnya lebih dahulu. Apabila memilih penggunaan konsep pengecatan langsung pada permukaan kuku, maka bahan yang diperlukan adalah kuas dan cat kuku. Apabila menginginkan hasil yang sedikit berbeda bisa juga digunakan mesin kompresor kecil lengkap dengan peralatan mengecat untuk teknik pengecatan airbrush.

Semi permanen. Apabila menginginkan motif dan cat yang semi permanen, bisa juga mempertimbangkan penggunaan kuku palsu. Lakukan pengecatan pada kuku palsu dengan menggunakan kuas dan cat kuku untuk pengecatan manual atau kompresor kecil dengan alat khusus dan cat kuku apabila menginginkan pengecatan teknik airbrush.

Relief. Apabila menginginkan hiasan kuku yang memiliki kesan kasar atau tiga dimensi, pemilik dapat mempertimbangkan penggunaan batu-batuan atau crystal dengan teknik pewarnaan khusus atau memilih warna batuan/kristal yang senada pada permukaan kuku atau menggunakan kuku palsu. Relief yang dapat dipilih antara lain bentuk bunga, hati atau dedaunan.

Sticker. Kertas tempel juga dapat dijadikan pertimbangan untuk menghias kuku, namun akan lebih baik apabila media yang digunakan adalah kuku palsu sehingga mudah dibongkar-pasang.

Cat penutup. Sediakan juga cat penutup sebagai pelapis atau lapisan terakhir. Cat penutup yang bisa dipilih adalah cat acrilic karena sifatnya yang tidak mudah mengelupas. Untuk lapisan pengecatan penutup sebaiknya dilakukan dengan teknik airbrush agar hasil pengecatan merata dan tidak terlalu tebal.
loading...

Artikel Terkait

Amalan Ibadah Yang Harus Dilakukan Seorang Muslim Selama Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan bagi umat muslim seluruh dunia merupakan bulan penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai amal perbuatan dapat menjad...

MY ARTIKEL