Cara Pendaftaran CPNS Online

Sama seperti pada penerimaan CPNS tahun 2017 sebelumnya, untuk dapat mendaftar CPNS tersebut masyarakat hanya bisa melamar melalui jalur online dari website resmi yang disediakan oleh pemerintah. Pendaftaran tes CPNS berubah dengan menggunakan sistem online ini dinilai jauh lebih praktis daripada sistem konvesional yang manual.

Agar bisa Login ke dalam Website SSCN BKN, anda terlebih dahulu wajib mendaftarkan diri supaya nanti memperoleh Username dan Password yang akan digunakan untuk melakukan Login atau Klik Disini dan Klik Disini bagi yang telah mendaftar, untuk registrasi pendaftaran. Berdasarkan informasi resmi terbaru yang berasal dari Website BKN, pihak BKN sudah mengumumkan mengenai infrastruktur yang akan digunakan sebagai pendaftaran CPNS online yang akan dilaksanakan PENDAFTARAN CPNS 2018 Akan Segera Di Buka Pada Tanggal 19 September 2018 jam 13.00 WIB, di alamat sscn.bkn.go.id atau Klik Disini untuk registrasi pendaftaran baru, dan klik disini jika ingin mendaftar. (SUDAH DAPAT DIAKSES)

Jadi, perlu anda perhatikan selain alamat website resmi yang kami tulis di atas (https://sscn.bkn.go.id/), tidak ada alamat website lain yang digunakan untuk pendaftaran CPNS Online. Agar anda tidak salah alamat silahkan Klik Disini untuk langsung registrasi pendaftaran baru.

Lantas bagaimana cara pendaftaran CPNS secara online tersebut? Berikut saya lampirkan yang dapat anda lakukan untuk pendaftaran CPNS Online 2018 Silahkan login langsung ke situs https://sscn.bkn.go.id atau klik disini Untuk Registrasi langsung mekanisme pendaftaran dapat dilihat gambar skema dibawah ini.

Calon pelamar diharapkan melakukan registrasi online melalui situs https://sscn.bkn.go.id Atau Klik Disini, dengan mengisi form yang telah tersedia menggunakan data kependudukan yang valid, yakni Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP)/ NIK pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor KK seperti terlihat pada gambar dibawah ini ketik kode yang terlihat trus ketik lanjutkan. klik disini Untuk ke form Registrasi dan login jika sudah terdaftar pada gelombang pertama. Adapun Alur Pendaftaran CPNS 2018 seperti pada bagan di bawah ini :
Selanjutnya lengkapi biodata seperti format gambar di bawah ini, Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK)

Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Kemudian Masukan kode captcha yang terlampir. Kode captcha tidak bersifat case sensitive lalu lanjutkan.

Selanjutnya step 1 Pendaftaran mengisi biodata pelamar klik disini untuk login setelah melakukan pengisian kemudian simpan

Pada proses ini, pelamar mengisi dan membandingkan data di KTP dengan data Ijazah. Proses pemberkasan CPNS menggunakan data Ijazah sebagai data pokok kepegawaian yang terdiri dari Nama sesuai ijazah tanpa gelar, Tempat dan Tanggal Lahir. Pastikan bahwa Anda mengisi data tersebut dengan benar kemudian Upload pas foto dengan latar belakang merah dalam format JPG minimal 120 kb maksimal 200 kb
Data lain yang perlu diisi terdiri dari data :
a) E-mail Masukan e-mail aktif dan valid 
b) Password Masukan password yang mudah diingat. Harap catat dan simpan password Anda karena akan digunakan untuk login
c) Pertanyaan Pengaman 1 Pilih pertanyaan pengaman Anda 
d) Jawaban Pengaman Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih 
e) Pertanyaan Pengaman 2 Pilih pertanyaan pengaman Anda 
f) Jawaban Pengaman Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih
g) Captcha Masukan kode captcha yang tampil di layar

Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan lengkap. Data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki atau dirubah. SELANJUTNYA Klik DAFTAR.

Step 2 Pendaftaran Proses Pendaftaran Telah Berhasil akan muncul pemberitahuan bahwa pendaftaran ke portal SSCN 2018 berhasil, klik untuk mencetak Kartu Infromasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil mendaftar ke portal SSCN 2018. Simpan kartu tersebut dengan baik perhatikan gambar dibawah ini

Step 3 Pendaftaran Login ke Portal SSCN dan Isi Biodata Setelah pelamar berhasil daftar, silahkan login ke https://sscn.bkn.go.id dengan klik tombol LOGIN yang tertera di sudut kanan atas dengan Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu akan tampil halaman Form Biodata Peserta seperti gambar di bawah ini :
Step 1 Login Upload foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya, kemudian klik SIMPAN perhatikan gambar dibawah ini.
Step 2 Login pada form berikutnya lengkapi Alamat Domisili, Propinsi, Kabupaten/Kota, Nomor Telepon, Tinggi Badan, Status Perkawinan, Nomor HP dan Agama perhatikan gambar dibawah lalu SIMPAN dan LANJUTKAN
Step 2 Login Pilih Instansi, Formasi dan Jabatan pilih jenis formasi UMUM, Jika anda Lulusan terbaik Pilih Lulusan Terbaik atau Anda Putra dan Putri Papua silahkan pilih Putra dan Putri Papua, kemudian klik CEK jika ingin membatalkan untuk menganti instansi atau formasi lain silahkan Klik Daftar atau klik disini untuk mengganti instansi yang ingin dipilih kemudian klik CEK Kembali.
Terakhir setelah menentukan jenis formasi dan instansi yang diinginkan kemudian tombol CEK diklik serta mengisi data seperti gambar dibawah ini, isi kode, klik kotak untuk ceklist sebagai tanda setuju lalu daftar.
Step 3 Riwayat Pendaftaran CPNS 2017 anda dinyatakan berhasil apabila tahapan yang telah anda lakukan telah terlist pada menu Riwayat Tersebut terkait Instansi dan jenis formasi pilihan anda. Silahkan upload dokumen anda dalam bentuk format JPG dengan kapasitas maximal 200 Kb, dengan jenis dokumen seperti dibawah ini :

Setelah proses upload selesai silahkan cetak nomor ujian anda pada menu riwayat.
Untuk mencetak Kartu Ujian, klik menu RIWAYAT, pada kolom Kartu Peserta klik tombol yang tersedia. Kartu Ujian akan tampil bagi pelamar yang lulus verifikasi sebagai bukti untuk melanjutkan ke tahapan seleksi berikutnya Lihat Gambar Di Atas. Demikian info yang dapat saya berikan semoga bermanfaat dan membantu anda untuk menjadi seorang PNS.

Hati-hati Penipuan CPNS dengan Sejumlah Uang
Siapa sih yang tak ingin menjadi seorang PNS. Banyak orang yang mendambakan bisa menjadi seorang pns karena masa depannya bakalan terjamin. Namun, untuk menjadi pns tidaklah mudah karena banyak pihak yang sering menjadikannya sebagai sebuah bisnis yang menguntungkan. Bagi mereka pegawai yang sudah berkedudukan tinggi, mereka sering menjadikan calon PNS sebagai ladang.

Mereka menjanjikan kepada mereka untuk bisa merekrutnya menjadi pegawai negeri sipil, asalkan mereka mau menyediakan sejumlah uang yang diminta. Padahal pendaftaran yang dilakukan adalah GRATIS atau tanpa biaya. Tentu saja hal semacam itu yang sedang diberantas oleh pemerintah. Salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan membuat situs resmi panselnas.menpan.go.id. 

Ingat!!!!! Pendaftaran Online Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara resmi belum dibuka. Pendaftaran Online CPNS nanti dapat dilakukan melalui Website resmi BKN yang beralamat di https://sscn.bkn.go.id/ Agar anda tidak salah alamat silahkan Klik Disini. Jangan sampai keliru alamat website ya apa lagi sampai ada transaksi transfer melalui ATM. Silahkan Download Buku Panduan Pendaftaran CPNS Online tahun 2018 Di Sini.

Artikel Terkait