Inilah Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan

Mengatasi Diare
Teh daun jambu dapat membantu untuk menghambat berbagai bakteri penyebab diare. Bagi penderita diare, meminum teh ini kemungkinan akan mengalami tinja yang lebih sedikit, nyeri perut berkurang, tinja tidak encer dan pemulihan yang lebih cepat, menurut Drugs.com. Sebuah studi yang diterbitkan dalam “Revista do Instituto de Medicina Tropical de São Paulo” pada tahun 2008 menemukan bahwa ekstrak jambu biji-daun menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, yang merupakan penyebab umum diare.

Para peneliti juga menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji efektif membunuh jenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi diare. Beberapa studi klinis kecil mendukung manfaat ini dari daun jambu biji, termasuk salah satu yang diterbitkan pada tahun 2000 dalam “Chinese Journal of Integrated Traditional and Western Medicine” di mana subyek yang diberi ekstrak daun jambu biji menjadi pulih lebih cepat dari infeksi diare daripada mereka yang tidak diberi ekstrak, tetapi percobaan yang lebih besar masih diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

Mengontrol Kolesterol
Minum teh daun jambu dapat menyebabkan perubahan yang bermanfaat bagi kadar kolesterol dan trigliserida. Dalam sebuah penelitian, peserta yang minum teh daun jambu biji memiliki total kadar kolesterol yang rendah setelah delapan, menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam “Nutrisi & Metabolisme” pada bulan Februari 2010. Percobaan lain telah menunjukkan manfaat yang sama, dengan studi panjang mulai dari empat minggu sampai 12 minggu dan dosis mulai 0,4-1 kilogram per hari, menurut Drugs.com.

Mengatasi Diabetes
Beberapa flavonoid dan senyawa lain dalam daun jambu biji dapat membantu menjaga gula darah tetap rendah, setelah memakan makanan yang tinggi karbohidrat. Review pada “Nutrition and Metabolism” merangkum temuan laboratorium dari beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa daun jambu biji menghambat beberapa enzim yang berbeda, dengan mengkonversi karbohidrat dalam saluran pencernaan menjadi glukosa, yang berpotensi memperlambat penyerapan ke dalam darah.

Beberapa uji klinis yang dilakukan di Jepang yang mendukung kemungkinan kandungan anti diabetes jambu biji. Laporan ini menunjukkan bahwa minum teh secara teratur membantu glukosa darah menjadi lebih rendah pada subyek dengan diabetes tipe 2, dibandingkan dengan subyek yang sama namun tidak mengkonsumsi teh.

Mempengaruhi Kardiovaskuler
Teh daun jambu biji juga dapat berkhasiat bagi kesehatan jantung dan sistem peredaran darah, menurut penelitian laboratorium dan beberapa penelitian kecil klinis. Senyawa dalam daun jamnu biji dapat membantu mengurangi tekanan darah dan detak jantung, menurut sebuah studi laboratorium yang diterbitkan pada tahun 2005 dalam “Methods and Findings in Experimental and Clinical Pharmacology”. Penelitian ini menemukan bahwa hewan yang telah memakan ekstrak daun jambu biji, telah mengurangi tekanan darah dan denyut jantung.

Artikel Terkait