Seperti Apakah Neraka Itu?

Neraka adalah tempat segala macam penderitaan, siksaan dan hukuman yang kekal bagi orang-orang yang tidak beriman. Mengenai hal ini, Al-Qur’an menerangkan:
Sesungguhnya neraka itu tempat yang selalu menanti – tempat kembali bagi orang-orang yang melampaui batas, mereka tinggal di dalamnya berabad-abad lamanya, mereka tidak merasakan kesejukan ataupun mendapat minuman, selain air yang mendidih dan nanah – sebagai pembalasan yang setimpal. (Surat An-Naba’: 21-26)

Kata neraka disebut naar, yang berarti api yang menyala. Secara istilah, neraka berarti tempat balasan berupa siksaan bagi orang yang berbuat dosa dan kesalahan. Neraka merupakan tempat penyiksaan dimana bentuk hukumannya yang paling sangat menyiksa digambarkan sebagai api.

Nama-nama neraka yang digunakan di dalam al-Quran : 
  1. Al-Naar (api) yaitu api yang panas sekali atau api yang dijadikan jin darinya. Adapun ayat-ayat yang menggunakan kata naar ditemukan sebanyak 194 kali
  2. Jahannam, yang memiliki arti sumur yang dalam. Kata jahannam dalam al-Quran disebutkan sebanyak 77 kali.
  3. Al-Jahim (yang membakar), api yang menyala-nyala, tempat yang amat panas dan ditemukan sebanyak 26 kali dalam al-Quran.
  4. Al-Sa’ir (jilatan api), kayu api yang menyala-nyala, disebutkan sebanyak 19 kali dalam al-Quran.
  5. Al-Saqar (api yang menghanguskan), dalam al-Quran disebutkan sebanyak 4 kali.
  6. Al-Hawiyah (jurang), Disebutkan 1 kali dalam al-Quran.
  7. Al-Huthamah (api yang meremukkan).yang merujuk kepada makna neraka disebutkan sebanyak 2 kali dalam al-Quran, 
  8. Lazha berarti menyala-nyala, lidah api, disebutkan sebanyak 2 kali dalam al-Quran. Yaitu dalam Qs. al-Ma’arij (70) : 15 dan al-Lail (92) : 14.
Yang Diceritakan Al-Qur’an Tentang Neraka
Ayat-ayat Al-Qur’an menyebutkan adanya kehidupan di neraka. Namun kehidupan yang dialami adalah segala macam kehinaan, penderitaan dan siksaan lahir dan batin. Dibandingkan dengan kehidupan di dunia, manusia tak dapat membayangkan bagaimana beratnya siksaan di neraka. Orang-orang yang tidak beriman mengalami siksaan berat dari berbagai segi, baik lahir maupun batin. Lagi pula, siksanya tak pernah berhenti ataupun berkurang: 
Sekali-kali tidak! Sungguh neraka itu adalah api yang bergejolak, yang mengelupaskan kulit kepala, yang memanggil orang yang membelakang dan berpaling, serta mengumpulkan harta dan menyimpannya (dengan kikir). (Surat Al-Ma‘arij: 15-18)

TUJUH MACAM NERAKA DAN AZAB-NYA
Sebagian Ulama menerangkan mengenai pintu-pintu neraka sebagaimana Firman Allah :
Tiap-tiap pintu telah ditetapkan untuk golongan yang tertentu bagi mereka (Qs.Al-Hijr:44) 

Golongan yang dimaksud adalah orang-orang kafir,munafiq,dan setan,jarak antara satu pintu dengan pintu yang lainya adalah lima ratus tahun,dan tujuh ratus tahun perjalanan. Dan disetiap pintu, ada azab berlipat ganda.dan disetiap satu azab menyerang satu orang dalam setiap neraka itu ada malaikat yang kasar dan kejam hati mereka (malaikat) lebih keras dari batu.

Pintu pertama : JAHANNAM ,Dinamakan Jahannam karena penghuninya bermuka masam, baik laki-laki maupun perempuan, mereka saling memakan daging-daging mereka sendiri, Jahanam azabnya lebih ringan dari pada yang lainya.
Allah Berfirman "Setiap kali kulit mereka hangus,kami ganti kulit mereka dngn kulit yg lain supaya mereka merasakan azab" (Qs.An-Nisa;56)

Pintu kedua : LAZHA NAZZATAN LISYSYAWA,Tempat ini dihuni oleh orang-orang yg memakan kedua tangan dan kakinya sendiri, mereka adalah orang-orang yang menyimpang dari tauhid dan berpaling dari ajaran yg dibawah Baginda Rasulallah SAW.

Pintu ketiga : SAQAR, Dinamakan demikian karena orang yang ada didalamnya memakan dagingnya sendiri tanpa tulang.

Pintu keempat : AL-HUTHAMAH, Allah Berfirman "Dan tahukah kamu apa Hathamah itu.? yaitu api yg disediakan Allah yg dinyalakan" (Qs.Al-Humazah:5-6), Dinamakan demikian karena penghuninya menghancurkan tulang dan membakar hatinya sendiri,Allah berfirman "yang membakar sampai ke hati" (Qs.Al-Humazah:7)

Pintu kelima : AL-JAHIM,Disebut Al-Jahim karena bara apinya sangat besar,satu bara api lebih besar sari pada dunia.

Pintu keenam : AS-SA'IR,Dinamakan As-Sa'ir karena apinya menyala terus dan tidak pernah padam sejak diciptakan. didalamnya terdapat tiga ratus istana. dalam setiap istana ada tiga ratus rumah, dalam setiap rumah ada tiga ratus bentuk azab dan siksaan, didalamnya terdapat ular, kalajeking, pasung, rantai, dan belenggu. didalamnya juga ada penjara bawah tanah yang mendatangkan kesedihan. tidak ada azab yang lebih berat dari penjara ini. apabila dibukakan pintu penjara ini maka semua penghuni neraka mengalami kesedihan yang luar biasa.

Pintu ketujuh : AL-HAWIYAH, dinamakan Hawiyah karena siapa yang masuk kedalamnya tidak akan keluar selama-lamanya. dalam neraka ini ada sumur yang terus menerus menyala.

Api neraka membakar dari telapak kakinya sampai membakar hatinya, dan melontarkan bunga api sebesar istana, Allah Berfirman "Sesungguhnya neraka itu melontarkan bunga api sebesar dan setinggi istana, seolah-olah ia iringan unta yang kuning" (Qs.Al-Mursalat;32-33). Ia berwarna sangat hitam. Bunga api neraka itu melontarkan kelangit kemudian turun membakar wajah, tangan, dan badan-badan mereka. Mereka menangis sampai kering air matanya. kemudian mereka menangis air mata darah hingga kering. kemudian mereka menangis air mata nanah hingga kering. oleh karena banyaknya, sehingga kapal bisa melewati genangan air mata tersebut akibat darah, dan nanah yang tumpah tersebut.

Allah Berfirman "Tiap-tiap kali nyala api itu akan padam, kami tambah lagi bagi mereka apinya" (Qs.Al-Isra':97)

Artikel Terkait