Tips Menghilangkan Lingkaran Hitam Pada Mata

Lingkaran hitam di mata atau efek mata panda umumnya terjadi jika seseorang kurang tidur atau kelelahan. Namun demikian, hal-hal lain dapat menyebabkan mata panda dan istirahat saja mungkin tidak cukup untuk menghilangkannya. Salah satunya adalah Hiperpigmentasi. Hal ini sering terjadi pada wanita yang mempunyai kulit gelap. Hiperpigmentasi disebabkan oleh banyaknya melanin pada kulit, terutama kulit disekitar mata.

Selain itu pembuluh darah di kulit sekitar mata juga dapat menyebabkan lingkaran hitam. Hal ini disebakan lapisan kulit di sekitar mata semakin menipis seiring usia, tidak seperti jaringan kulit dibagian tubuh lainnya. Sehingga pembuluh darah di daerah itu semakin terlihat jelas. Dan justru hal ini sering terjadi pada wanita dengan jenis kulit terang.

Faktor yang lain adalah sirkulasi darah yang kurang baik. Hal ini dapat terjadi pada semua orang dan tidak tergantung dari jenis kulit. Sirkulasi darah yang tidak baik menyebabkan penumpukan cairan dibawah mata, atau menyebabkan kantong mata sehingga mata terlihat sembab.

Pemakaian krim mata yang teratur sejak usia dewasa muda dapat menghindari terjadinya kantung mata, mata sembab atau lingkaran hitam pada mata. Cara pemakaiannya dengan mengoleskan krim mata tipis-tipis kemudian tepuk tepuk lembut daerah sekitar mata dengan gerakan memutar. Pastikan kulit wajah dalam keadaan bersih sebelum mengoleskan krim mata.

Untuk menyamarkan lingkaran hitam mata dapat gunakan concealer sewarna kulit wajah. Aplikasikan concealer setelah foundation atau alas bedak. Oleskan concealer tipis-tipis dengan cara ditepuk-tepuk halus. Pilihlah concealer yang bertekstur lembut dan ringan.

Ada beberapa bahan alami untuk mengatasinya, yang mudah di dapatkan dan dilakukan di rumah. Beberapa di antaranya akan dibahas di bawah ini.

Cara Pertama Yang Kamu Butuhkan
1 gelas susu dingin

Yang Harus Dilakukan
1. Celupkan kapas ke dalam air susu.
2. Taruh kapas di bagian mata, pastikan seluruh mata tertutup kapas.
3. Diamkan selama 15 menit.
4. Bilas dengan air.

Kapan Saja Dilakukan
Lakukan ini 1 kali sehari selama 2 minggu.

Kenapa Bisa Berhasil
Susu mengandung lactic acid yang sudah terbukti meningkatkan kelancaran, ketebalan dan kekencangan kulit. Dan juga mengurangi garis halus dan kerutan.

Cara Kedua Yang Kamu Butuhkan
2 Sachet Teh Hijau

Yang Harus Dilakukan
1. Celupkan kantung teh ke dalam air dan taruh di dalam lemari es sekitar 15 menit.
2. Ambil kantung teh dari kulkas dan letakkan di atas mata selama 15 menit.
3. Bersihkan wajah dengan air.

Kapan Saja Dilakukan
Lakukan ini setiap hari hingga merasakan perubahannya.

Kenapa Bisa Berhasil
Lingkaran hitam disebabkan karena pelebaran pembuluh darah yang ada di bawah mata. Teh hijau mengurangi pelebaran ini, dengan demikian akan menyembuhkan lingkaran hitam tersebut. Teh juga mengandung tanin yang memiliki sifat astringent yang dapat menyempitkan pembuluh darah dan kapiler di bawah mata. Sehingga dapat membantu mengurangi lingkaran hitam.

Cara Ketiga Yang Kamu Butuhkan
1 buah Timun

Yang Harus Dilakukan
1. Potong timun yang cukup tebal 2 buah
2. Taruh ke dua potong timun ke dalam lemari es selama 30 menit.
3. Ambil timun dari lemari es dan taruh pada mata, pastikan seluruh mata tertutup buah timun.
4. Diamkan selama 10 menit.
5. Bilas mata dengan air dingin

Kapan Saja Dilakukan
Lakukan ini 2 kali sehari selama 1 minggu.

Kenapa Bisa Berhasil
Timun mengandung sejumlah antioksidan (seperti vitexin dan orientin) yang membantu mengobati lingkaran hitam pada bawah mata.

Cara Keempat Yang Kamu Butuhkan
1 sendok teh air tomat
1 sendok teh air lemon

Yang Harus Dilakukan
1. Campurkan air tomat dan lemon pada satu wadah.
2. Oleskan cairan ke area bawah mata.
3. Diamkan selama 10 menit.
4. Bilas dengan air dingin

Kapan Saja Dilakukan
Lakukan ini 2 kali sehari selama 2 -3 minggu.

Kenapa Bisa Berhasil
Tomat mengandung lycopone, yang merupakan phytochemical yang bermanfaat untuk kulit dan juga melindungi kulit dari kerusakan.
loading...

Artikel Terkait

Amalan Ibadah Yang Harus Dilakukan Seorang Muslim Selama Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan bagi umat muslim seluruh dunia merupakan bulan penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai amal perbuatan dapat menjad...

MY ARTIKEL