Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS 2017 Gelombang II

Pemerintah telah resmi membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 Gelombang II pada 11 September 2017. Pendaftaran ini dibuka selama dua minggu dan akan berakhir atau ditutup pada Senin hari ini 25 September 2017, yang melingkupi 60 kementerian dan lembaga (K/L) serta 1 pemerintah daerah (Kalimantan Utara) pada 11 September 2017. Hingga minggu siang ini, tercatat lebih dari 1 juta pelamar telah memasukkan berkas melalui situs sscn.bkn.go.id.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan menjelaskan, total pelamar seluruh instansi sejak 11 September hingga Minggu (24/9/2017) pukul 13.20 WIB mencapai 1.117.943 orang. Pelamar banyak mengejar atau mengincar posisi PNS di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan menjelaskan, sejauh ini pendafatran CPNS 2017 gelombang II masih sesuai jadwal atau tidak ada yang akan diperpanjang. 

Kemudian kendaIa utama, sejauh ini memang ada beberapa masalah yang dihadapi oleh pendaftar ketika memasukkan data dan berkas. "Kalau kami kaji, 90 persen kendala ada di pelamar sendiri. Entah karena tidak cermat baca pengumuman, tidak mengerti sistem online dan lain-lainnya," tambah dia. Sedangkan dari portal pendaftaran sendiri atau dari sscn.bkn.go.id sendiri tidak ada kendala yang berarti. "Dari sisi SSCN, alhamdulillah tidak ada masalah berarti," tutur dia. Namun, Ridwan menyayangkan, informasi dari kementerian dan lembaga yang membuka lowongan CPNS 2017 rata-rata kurang responsif, sehingga pelamar kurang mendapatkan penjelasan secara cepat dan akurat. 

Setelah merilis pengumuman calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan Mahkamah Agung (MA), untuk pengumuman gelombang II seleksi administrasi dapat dipantau melalui tiga portal pemerintah yang bisa dimanfaatkan untuk mengakses informasi mengenai penerimaan CPNS 2017 gelombang II. Tiga situs tersebut adalah: 
  1. www.menpan.go.id atau klik disini
  2. https://sscn.bkn.go.id atau klik disini
  3. https://cpns.menpan.go.id/index.php/home/cpns/2 atau klik disini
  4. serta situs kementerian/lembaga yang bersangkutan atau klik disini
  5. Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS 2017 Silahkan Cek Disini update
Setelah semua proses pendaftaran ditutup, selanjutnya seleksi administasi akan dilakukan pada tanggal 30 September 2017 mendatang. Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Herman Suryatman pada hari Senin 25 September 2017 ini telah mengatakan bahwa Pengumuman CPNS Gelombang 2 seleksi administrasi 30 september 2017. Setelah itu para pelamar ini akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada tanggal 9 hingga 20 Oktober 2017 setelah selesai dengan teknis pelaksanaan instansi masing-masing. Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS 2017 Silahkan Cek Disini update

Apabila nantinya berhasil lolos, maka para pelamar ini akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Selanjutnya Seleksi Kompetensi Bidang (SKD) 9 sampai dengan 20 Oktober 2017. Teknis pelaksanaan ada di instansi masing-masing silahkan cek di kementerian dan lembaga atau klik disini. Selesai SKD lanjut SKB kemudian integrasi hasil SKD dan SKB. Pengumuman CPNS Gelombang 2 kelulusan akhir 20 November 2017”.

Waspadai Penipuan Penerimaan CPNS 2017 Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur meminta masyarakat lebih berhati-hati agar tak tertipu saat mendaftar penerimaan CPNS 2017.

Artikel Terkait