Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS Kemenlu 2017, Cek Namanya Disini!!

Panitia seleksi CPNS Kementerian Luar Negeri tahun 2017 akhirnya telah mengumunkan hasil seleksi administrasi pada hari ini, Rabu 27 September 2017, sebagaimana telah diumumkan sebelumnya pada pengumuman pembukaan lowongan CPNS Kemenlu 2017. 


Tepat pukul 22.30 WIB malam ini, laman resmi pengumuman, https://e-cpns.kemlu.go.id/ , menayangkan nama-nama yang lulus seleksi. Tercatat ada 427 nama yang dinyatakan lulus dan berhak lanjut ke tahap seleksi selanjutnya. Siapa saja nama-nama yang lulus tersebut, silakan klik tautan berikut ini: https://drive.google.com/file/d/0B14f9IHgnu8NcHFIZHU3Z0RETzA/view atau klik disini.

Sejak dibuka pada 11 September dan berakhir pada 22 September, jumlah pelamar CPNS di kementerian ini mencapai 5.106 pelamar untuk formasi Diplomat (PDK) dan Auditor (AUD) sebanyak 75 formasi. Ke-5.106 pelamar tersebut terinci berdasarkan jabatan formasi yakni 4.447 untuk PDK dan 659 AUD. 

Adapun sebaran ke-75 formasi tersebut terdiri dari 7 cumlaude, 2 putra-putri Papua/Papua Barat, 66 umum. Total pelamar yang beruntung lulus seleksi administrasi, selanjutnya akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya yakni Seleksi Kompetensi Dasar atau Tes Kompetensi Dasar (SKD/TKD) dengan menggunakan Computer Assisted Tes (CAT) BKN yang akan dilaksanakan pada 5 - 14 Oktober mendatang. Kemenlu merupakan salah satu dari ke-61 Kementerian/Lembaga (K/L) yang membuka lowongan penerimaan CPNS Tahap II dengan junlah formasi sebanyak 17.928 orang.

Sekilas Tentang Kementerian Luar Negeri
Seluruh kegiatan dalam hubungan antarbangsa dan antarnegara pada hakikatnya adalah hubungan diplomasi yang pada intinya merupakan usaha memelihara hubungan antarnegara. Diplomasi secara formal dilakukan baik oleh korps perwakilan diplomatik maupun oleh korps perwakilan konsuler. Korps perwakilan diplomatik dipimpin oleh seorang Duta Besar sedangkan korps perwakilan konsuler di pimpin oleh seorang Konsul Jenderal. Konsulat pada dasarnya hampir sama dengan kedutaan, namun area kerjanya hanya pada penanganan hubungan konsuler atau hubungan antarmanusia dan hubungan ekonomi, tidak termasuk hubungan politik.

Pembukaan hubungan diplomatik juga merupakan suatu upaya konkrit untuk mempererat hubungan dan kerjasama dengan negara-negara lain yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan ​masyarakat di kedua negara. Untuk tujuan tersebut, Pemerintah Indonesia saat ini telah memiliki sebanyak 132 perwakilan yang terdiri dari 95 Kedutaan Besar, 3 Perutusan Tetap untuk PBB di New York dan Jenewa, serta Perutusan Tetap untuk ASEAN di Jakarta 31 Konsulat Jenderal dan 3 Konsulat Republik Indonesia. Selain itu Indonesia juga telah mengangkat 64 Konsul kehormatan.
loading...

Artikel Terkait

Doa Mohon Perlindungan untuk Anak

Anak merupakan karunia serta hibah dari Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagai penyejuk pandangan mata, kebanggaan orang tua dan sekaligus perhi...

MY ARTIKEL