Solusi Mengatasi Situs CPNS Online Yang Error Atau Tidak Dapat Di Akses

Sangat banyak teman-teman calon peserta Seleksi CPNS 2018 yang sangat mengeluhkan situs-situs CPNS Online Yang Error Atau Tidak Dapat Di Akses. Jujur saja sayapun tidak tahu pasti apa penyebab pasti situs-situs tersebut error atau Blank? terutama pada link registarsi berikut https://sscnakun.bkn.go.id/registrasi.html Namun saya menduga hal ini terjadi karena beberapa hal sebagai berikut:

1. Jaringan Lemot
Jika jaringan yang kita gunakan untuk mengakses portal sscn.bkn.go.id lambat loading (lalo), bisa dipastikan halaman portal tersebut tidak terbuka dengan sempurna. Jangankan portal SSCN, namun portal atau situs-situs lain pun tidak akan terbuka dengan sempurna jika jaringan yang kita gunakan memiliki kecepatan yang lemah.

2. Server Sibuk (Overload)
Sebagaimana yang kita tahu bahwa penerimaan CPNS tahun 2018 ini terbilang cukup banyak formasi yang dibutuhkan, seperti jabatan sebagai Penjaga Tahanan (Sipir) yang jumlah kebutuhan pegawainya mencapai 14 ribu orang. Dan tidak hanya itu, kualifikasi pendidikan yang dimintapun juga terbilang mudah, yakni lulusan SMA, sehingga hampir semua lulusan-lulusan SMA yang masih mengganggur akan melakukan pendaftaran dalam penerimaan CPNS Tahun 2018 ini. Silahkan cek sendiri persyaratan dan formasi CPNS Kementerian dan Lembaga DISINI sedangkan CPNS Propinsi dan Kabupaten Kota DISINI.

Nah hal inilah yang Saya duga kuat menjadi penyebab utama Errornya tampilan Portal SSCN. Banyak orang yang secara bertubi-tubi mengakses portal https://sscn.bkn.go.id dalam waktu yang bersamaan, sehingga server dari portal tersebut tidak mampu menampung banyaknya pengunjung yang mengakibatkan server sibuk atau overload.

3. Adanya Pembaharuan (Update)
Nah faktor penyebab upload dokumen di SSCN error yang ketiga bisa dikarenakan adanya pembaharuan atau input data yang dilakukan oleh pihak panitia ataupun Admin portal https://sscnakun.bkn.go.id/registrasi.html dan portal CPNS 2017 lainnya. Hal ini juga bisa menjadi penyebab sehingga tampilan portal tersebut tidak terbuka dengan sempurna.

Dengan merujuk kepada tiga kemungkinan yang menjadi penyebab terjadinya error pada website SSCN seperti yang disebutkan di atas. Maka beberapa solusi yang mungkin sedikitnya bisa membantu teman-teman yang saat ini memang sedang mengalami kendala akan hal tersebut. Silahkan simak di bawah ini.
Solusi Mengatasi Upload Dokumen Yang Error di SSCN
1. Jika anda merasa jaringan anda memang lambat, solusinya silahkan gunakan koneksi yang lain yang lebih kencang, dan silahkan juga gunakan komputer/laptop lain, jika diperlukan silahkan langsung ke warnet.

2. Jika anda merasa bahwa anda tidak mempunyai masalah terkait koneksi jaringan internet anda, maka kemungkinan servernya sedang sibuk atau sedang ada pembaharuan (update) portal SSCN. Solusi yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:
  • Tekan di keyboard tombol Logo Windows + R (Bersamaan)
  • Kemudian Ketik CMD seperti contoh penerapan berikut.
  • Masukkan kode : ping sscn.bkn.go.id -t atau ping portal.CPNS.2018.lainnya -t
  • Lalu pencet tombol Enter dan tunggu kira-kira sampai 1 menit
  • Terakhir, silahkan buka kembali portal https://sscnakun.bkn.go.id/registrasi.html.
Cara ini berguna untuk mengecek ping jaringan dan website saja, namun dengan cara ini otomatis komputer akan mendeteksi bahwa situs tersebut adalah situs yang sudah dibookmark, sehingga dengan begitu akan menjadi lebih cepat untuk masuk ke website atau portal yang sedang sibuk tersebut. Ibaratnya komputer kita sudah mengetahui dan menyimpan tampilan website yang kita tuju, dengan begitu kita akan menjadi lebih cepat karena komputer sudah mengenalinya terlebih dahulu. Berikut contoh pengaplikasiannya silahkan lihat disini.

3. Jika permasalahannya memang dikarenakan ramainya pengunjung yang mengakses secara bersamaan, maka jika cara tersebut di nomor 2 tidak mampu mengatasi masalahnya, maka silahkan anda akses atau membuka kembali portal https://sscn.bkn.go.id atau https://sscnakun.bkn.go.id/registrasi.html pada saat lengang, antara jam 1 sampai jam 4 dini hari.

4. Jika ketiga cara diatas juga tidak dapat mengatasi permasalahan tersebut, cara terakhir adalah BERSABAR. Kenapa harus bersabar? Karena memang tidak ada solusi lain selain bersabar, usaha sudah, tapi tetap belum bisa, apa mau dikata? yasudah sabar-sabar aja sampai bisa. Namun dengan catatan anda harus sering-sering mencoba kembali. Jangan sampai hingga batas akhir pendaftaran anda belum berhasil mengupload dokumen dan mencetak nomor. Dan jika pun hal itu terjadi, siapa yang salah? Saya juga tidak tahu, kita tunggu saja bagaimana nantinya solusi yang diberikan oleh pihak Panitia Penerimaan CPNS 2018.

Silahkan baca artikel berikut jika anda ingin lulus dan menjadi seorang PNS. Untuk lokasi test untuk seluruh wilayah Indonesia silahkan cek dilink berikut. Sekali lagi bagi masyarakat ataupun calon PNS yang ingin mendaftar diminta memantau informasi mengenai rekrutmen CPNS ini melalui situs Kementerian PANRB yakni menpan.go.id klik disini dan situs BKN melalui sscn.bkn.go.id klik disini. Sedangkan untuk cara pendaftaran silahkan klik disini. Untuk model soal test CPNS 2018 Klik Disini.

Artikel Terkait